Pembelajaran mendalam (deep learning) menjadi konsep yang dipilih saat ini untuk strategi pembelajaran dengan mengacu pada pendekatan yang berfokus pada keterlibatan siswa secara aktif, bermakna, menyenangkan serta mendorong anak didik dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis, analitik untuk memecahkan masalah yang ada dalam diri maupun lingkungannya. Anak didik diarahkan mendalami konsep secara mendalam namu bukan menghafal informasi. Berikut cara yang ditempuh dalam mewujudkan pendekatan tersebut.
No |
Jenis
Kegiatan |
Deskripsi
singkat pelajaran |
Linkungan
Pengaruh |
Dimensi
Profil |
Prinsip
Pembelajaran |
Pengalaman
Belajar |
Kerangka
Pembelajaran Dominan |
1 |
Identifikasi Peran Organ dan enzim pencernaan
makanan bagi tubuh manusia |
Berdiskusi untuk membuat peta konsep
atau mengisi tabel hasil kegiatan literasi dan nonton video pembelajaran |
Komunitas kelas |
Kolaborasi Komunikasi |
Bermakna |
Memahami |
Lingkungan Pembelajaran
Pemanfaatan digital |
2 |
Mengidentifikasi peran vitamin dan
meniral dalam melengkapi proyek kecil “Sajian menu makananku di rumah” |
Pengisian tabel dan rancangan kegiatan
observasi diri |
Komunitas kelas dan lingkungan keluarga |
Penalaran kritis kemandirian |
Bermakna |
Memahami dan mengaplikasi |
Lingkungan Pembelajaran
Kemitraan pembelajaran |
3 |
Refeksi hasil proyek observasi menu makanan di rumah
Merancang identifikasi menu makanan
untuk tiga aktivitas yang berbeda |
Diskusi dan Tanya jawab kegiatan pembelajaran |
Komunitas kelas |
Komunikasi Kolaborasi |
Bermakna |
Memahami |
Lingkungan Pembelajaran |
4 |
Mengidentikasi ragam zat aditif dalam
makanan untuk kegiatan proyek obesrvasi kandungannya dalam bahan makanan
kemasan di lingkungan rumah |
Pengisian table, diskusi dan tanya jawab
serta penjelasan lembar proyek observasi |
Komunitas kelas dan masyarakat
lingkungan sekitar rumah |
Penalaran kritis Kewargaan |
Bermakna |
Memahami dan Mengaplikasi |
Lingkungan pembelajaran
Pemanfaatan digital
Kemitraan pembelajaran |
5 |
Menghitung kebutuhan kalori tubuhmu
untuk rancangan menu manakanmu sendiri |
Lembar kerja proyek “Kenali Menu Makananmu” |
Komunitas kelas dan lingkungan sekolah |
Kemandirian
Kreativitas |
Berkesadaran |
Mengaplikasi |
Praktik Pedagogik |
6 |
Membuat dan menyajikan menu makanan
kesukaanmu dalam tajuk “Kenali Menu Makananmu” |
Makan bersama, presetasi dan refeksi kegiatan proyek “Kenali
Menu Makanmu” |
Komunitas kelas, Lingkungan keluarga
dan Maysyarakat sekitar rumah (Pasar / warung) |
Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan
YME
Kesehatan |
Mengembirakan |
Mengaplikasi |
Praktik Pedagogik
Kemitraan pembelajaran
Pemanfaatan digital |
Langkah proyek pembelajaran sain - IPA untuk sistem pencernaan manusia
Identifikasi menu makanmu di rumah. Pembelajaran diawali dengan identifikasi jenis vitamin dan mineral dalam makanan manusia . Link kegiatanya adalah Vitamin dan Meniral dalam Makanan Manusia Selanjutnya siswa menuliskan refleksi berupa uraian jenis atau komponen makanan sehari-harinya dirumah. Kegiatan pembelajaran di pertemuan kedua, siswa diminta menuliskan pengalamannya dalam menu makanan yang pernah ada. Sumber pembelajaran berasal dari rumah sendiri. Produknya dapat berupa cerita atau tabel jenis makanan maupun peta konsep. Penilaiannya dilakukan dengan penilaian produk pembelajaran proses identifikasi dan refleksinya.
Keempat.
Mengidentifikasi zat aditif dalam menu makanan. Bukan hanya berdiskusi dalam kelompok untuk memahami beragam zat aditif pada makanan namun kegiatan observasi dilakukan di lingkungan rumah sendiri.Kegatan ini tergabung dalam pertemua ketiga. Melibatkan masyarakat maupun keluarga.
Hitung kebutuhan kalorimu! Menakar kalori ideal yang dipengaruhi oleh aktivitas tubuh. Tugas ini diajaekan pada pertemuan keempat. Tujuannya agar siswa mampu meningkatkan kemampuan numerasi dalam menghitung jumlah kalori dari aktivitas yang berbeda. Link kegiatan pembelajaran : Ayo Kita Analisa Komponen Menu Makananmu!
Marancang makanan sehat untuk tubuhmu! Inilah proyek besarnya. Siswa akan menyusun kebutuhan kalori tubuhnya dengan menyiapkan menu makan siang yang ideal untuk dirinya. Produk makanan dan analisa berbentuk poster menjadi bahan penilaian pada kegiatan pembelajaran ini.
Kegiatan makan bersama teman dan guru di sekolah. Pada pertemuan keempat juga, kegatan ini direalisasikan. Acara makan bersama dalam kelas ceria menutup rangkaian kegiatan pembelajaran saat itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar