LEMBAR KERJA 2 IPA
KELAS VIII
Topik : Kebutuhan Vitamin,
Air dan Meniral
Nama
Siswa : …………………………Kelompok: ……….Hari/tgl:………
Tujuan
:
a. Mengidentifikasi
enam sumber vintamin, air dan meniral bagi manusia
b. Memahami
perbedaan manfaat vitamin, air dan meniral bagi manusia
Materi
Singkat
a. Unsur
pokok makanan manusia terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, air
dan meniral
b. Setiap
zat makanan memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda untuk mendukung
pertumbuhan, perkebangan dan aktivitas tubuh manusia.
c. Buah,
sayur, telur dan daging menjadi beberapa sumber vitamin bagi tubuh manusia
d. Kecuali
Vitamin D. semuanya dapat diproduksi oleh tubuh. Vitamin D diperoleh melalui
paparan sinar matahari pagi. Vitamin ini dapat dibedakan menjadi 2 tipe yakni
a) Vitamin
yang larut di lemak (A,D,E dan K). Akan disimpan dalam tubuh manusia akan
dimabil jika tubuh membutuhkannya. Tersimpan dalam lemak.
b) Vitamin
yang larut dalam air ( C dan B). Tidak tersimpan dalam tubuh karena larut dalam
cairan sehingga harus dikonsumsi manusia setiap hari.
e. Meniral
seperti halnya vitamin tidak menghasilkan energi. Dibutuhkan tubuh dalam jumlah
yang tidak banyak namun sangat penting bagi darah dan otot.
f. Air
menjadi hal yang penting bagi tubuh, 70% dari komponen tubuh adalah air.
Pokok
Pembelajaran
Kegiatan
1
Lengkapilah
table berikut dengan mengisi bagian yang kosong dengan tepat.
Vitamin |
Sumber |
Fungsi |
Disimpan
dalam tubuh? |
A |
Produk
olahan susu, hati, sayuran, buah-buahan |
Memelihara
kesehatan kulit, tulang, gigi, dan rambut- Membantu penglihatan |
|
B2
(ribolafin) |
Produk
olahan susu, sayur-sayuran berwarna hijau, produk yang terbuat dari gandum |
Untuk
membantu pertumbuhan secara normal |
|
B3
(niacin) |
Kacang-kacangan,
produk gandum, daging |
Untuk
membantu pelepasan energi |
|
B12 |
Daging
merah, ikan, ayam dan unggas, produk olahan susu, telur |
Memelihara
sistem saraf- Membantu pembentukan sel darah merah |
|
C |
Buah
jeruk, tomat, kentang, sayuran berwarna hijau |
Membantu
pembentukan jaringan- Melawan infeksi- Memelihara sistem kekebalan tubuh |
|
D |
Ikan,
telur, hati, terdapat di dalam sel kulit manusia yang terpicu oleh paparan
matahari |
Memelihara
kesehatan gigi dan tulang |
|
E |
Minyak
sayur, margarin, produk gandum, sayur sayuran |
Membantu
memelihara sel darah merah |
|
K |
Sayur-sayuran
berwarna hijau, susu, hati. Dibentuk oleh bakteri di dalam usus |
Membantu
pembekuan darah- Membantu pembentukan formasi tulang |
|
Kegiatan 2 : Ayo kita
analisis menu makan siang yang tepat!
Diskusikanlah dengan teman
sebangkumu kira-kira makanan apa yang cocok dikonsumsi oleh seorang remaja
laki-laki sebelum dirinya melakukan aktivitas di bawah ini. Carilah berapa
banyak kalori yang akan dikeluarkan oleh remaja laki-laki ini beserta makan
siang yang menunjangnya untuk melakukan kegiatan di bawah tersebut. Tiap kasus
bisa dengan menu yang berbeda sesuai kebutuhan. Ingat contoh-contoh kalori
makanan yang ada di atas dihitung per 100 gr
1. Berjalan
kaki sejauh 5 km untuk pulang ke rumah.
2. Mengikuti
les tambahan matematika di sekolah.
3. Pertandingan
sepak bola di sore hari.
Tulislah di buku catatanmu dan berikan analisis atas
pilihan makanan yang kalian buat.
Pililah
Jawaban yang tepat dari soal berikut
Perhatikanlah
daftar berikut
No |
Nama bahan makanan |
|
No |
Nama
bahan makanan |
1 |
susu |
|
6 |
tomat |
2 |
Makanan berbahan gandum |
|
7 |
sayur |
3 |
Daging |
|
8 |
kentang |
4 |
hati |
|
9 |
Kacang-kacangan |
5 |
jeruk |
|
10 |
Buah-buahan |
1. Jenis
Berdasarkan table di atas, jenis makanan yang mengandung vitamin A terdapat
pada nomor ….
a. 1
– 4 - 10
b. 2
– 5 - 8
c. 3
– 6 - 9
d. 6
– 7 - 9
2. Berdasarkan
table di atas, kelompok makanan yang berfungsi dalam pembentukan sel darah
merah dan memelihara system syaraf adalah…
a. 1
dan 2I
b. 1
dan 3
c. 5
dan 6
d. 8
dan 9
3. Berdasarkan
table di atas, sumber kalsium – magnesium – zat besi secara berurutan adalah …
a. 1
– 4 - 10
b. 1
– 6 - 8
c. 1
– 3 - 9
d. 1
– 8 - 10
4. Kebutuhan
air seseorang dalam sehari sebanyak …
a. 1
liter
b. 2
liter
c. 3
liter
d. 4
liter
Tidak ada komentar:
Posting Komentar