TEMA |
DIMENSI |
ELEMEN |
SUB ELEMEN |
CAPAIAN |
Gaya Hidup Berkelanjutan Deskripsi: Mengajak murid untuk
memahami pentingnya gaya hidup berkelanjutan dalam era digital. Murid akan belajar bagaimana memanfaatkan gadget secara bijak dan bertanggung jawab, dan bagaimana
menjaga dan melestarikan lingkungan serta menemukan solusi kreatif untuk mengatasi masalah sampah plastik.
Melalui berbagai aktivitas menarik, murid akan diajak untuk menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dalam
kehidupan sehari-hari |
Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia |
Akhlak kepada alam |
Menjaga lingkungan alam sekitar |
Mewujudkan
rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan
alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan
solusi tersebut. |
|
Gotong royong |
Kolaborasi |
Kerja sama |
Menyelaraskan
tindakan sendiri dengan
tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok
di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja
efektif dan mencapai tujuan bersama. |
|
Mandiri |
Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi |
Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan
yang dihadapi |
Membuat
penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat , serta prioritas
pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang
dilakukannya. |
|
Bernalar Kritis |
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan |
Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan |
Mengidentifikasi,
mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta
memprioritaskan beberapa gagasan tertentu. |
Bangun Jiwa Raga Deskripsi: Murid dapat mengembangkan kemampuan untuk
membangun dan mengembangkan kualitas diri yang holistik, mencakup aspek
fisik, mental, dan spiritual melalui Perilaku
Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan
berolahraga. |
Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia |
Akhlak Pribadi |
Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual |
Mengidentifikasi
pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta
berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan ibadah. |
|
Berkebhinekaan Global |
mengenal dan menghargai
budaya |
Mengeksplorasi dan
membandingkan pengetahuan budaya,
kepercayaan, serta praktiknya |
Memahami
dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian
dalam konteks personal dan sosial. |
|
Gotong royong |
Kolaborasi |
Kerja sama |
Menyelaraskan
tindakan sendiri dengan
tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok
di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja
efektif dan mencapai tujuan bersama. |
Kearifan
Lokal Deskripsi: Mengajak murid untuk memahami pentingnya menghargai dan melestarikan budaya dan kearifan lokal. Dan juga murid akan belajar bagaimana eksplorasi budaya dan kearifan lokal
seperti makanan khas lokal, Lagu dan musik daerah, serta
tarian daerah. |
Berkebhinekaan Global |
mengenal dan menghargai
budaya |
Mengeksplorasi dan
membandingkan pengetahuan budaya,
kepercayaan, serta praktiknya |
Memahami
dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian
dalam konteks personal dan sosial. |
|
Gotong royong |
Kolaborasi |
Kerja sama |
Menyelaraskan
tindakan sendiri dengan
tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok
di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja
efektif dan mencapai tujuan bersama. |
|
kreatif |
menghasilkan
karya dan gagasan |
menghasilkan tindakan dan karya original
|
Mengeksplorasi
dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau
tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang
lain |
@smpn17kendari
@suhardin
Tidak ada komentar:
Posting Komentar