Senin, 14 Juli 2025

DIMENSI, ELEMEN, SUB ELEMEN P5 SMP NEGERI 17 KENDARI - 2025/2026

 


TEMA

DIMENSI

ELEMEN

SUB ELEMEN

CAPAIAN

Gaya Hidup Berkelanjutan

Deskripsi:

Mengajak murid untuk memahami pentingnya gaya hidup berkelanjutan dalam era digital. Murid akan belajar bagaimana memanfaatkan gadget secara bijak dan bertanggung jawab, dan bagaimana menjaga dan melestarikan lingkungan serta menemukan solusi kreatif untuk mengatasi masalah sampah plastik. Melalui berbagai aktivitas menarik, murid akan diajak untuk menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dalam kehidupan sehari-hari

Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia

Akhlak kepada alam

Menjaga lingkungan alam sekitar

Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut.

 

Gotong royong

Kolaborasi

Kerja sama

Menyelaraskan tindakan             sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

 

Mandiri

Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi

Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat , serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya.

 

Bernalar Kritis

Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Mengidentifikasi dan mengolah informasi dan gagasan

Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu.

Bangun Jiwa Raga

Deskripsi:

Murid dapat mengembangkan kemampuan untuk membangun dan mengembangkan kualitas diri yang holistik, mencakup aspek fisik, mental, dan spiritual melalui Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan berolahraga.

Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahlak mulia

Akhlak Pribadi

Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual

Mengidentifikasi pentingnya menjaga keseimbangan kesehatan jasmani, mental, dan rohani serta berupaya menyeimbangkan aktivitas fisik, sosial dan ibadah.

 

Berkebhinekaan Global

mengenal dan menghargai budaya

Mengeksplorasi dan membandingkan  pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.

 

Gotong royong

Kolaborasi

Kerja sama

Menyelaraskan tindakan             sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

Kearifan Lokal

Deskripsi:

Mengajak murid untuk memahami pentingnya menghargai dan melestarikan budaya dan kearifan lokal. Dan juga murid akan belajar bagaimana eksplorasi budaya dan kearifan lokal seperti makanan khas lokal, Lagu dan musik daerah, serta tarian daerah.

Berkebhinekaan Global

mengenal dan menghargai budaya

Mengeksplorasi dan membandingkan  pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya

Memahami dinamika budaya yang mencakup pemahaman, kepercayaan, dan praktik keseharian dalam konteks personal dan sosial.

 

Gotong royong

Kolaborasi

Kerja sama

Menyelaraskan tindakan             sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama.

 

kreatif

menghasilkan karya dan gagasan

menghasilkan tindakan dan karya original

 

Mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan, serta mengevaluasinya dan mempertimbangkan dampaknya bagi orang lain

@smpn17kendari

@suhardin




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DIMENSI, ELEMEN, SUB ELEMEN P5 SMP NEGERI 17 KENDARI - 2025/2026

  TEMA DIMENSI ELEMEN SUB ELEMEN CAPAIAN Gaya Hidup Berkelanjutan Deskripsi: ...