Senin, 26 April 2021

BULETIN SEVENTEEN : Testimoni Pembelajaran Prakarya - Perkedel Kentang Kornet ( Oleh : Ramadhan Mias Mulia - Kelas VIII.3 SMPN 17 Kendari)

Hari kesembilan puasa, ibuku menyiapkan makan malam. Hal ini disebabkan orang rumah keseringan makan berat setelah berbuka puasa. Sajiannnya menarik perhatian. Aku mengamati bentuk dan aromanya sangat menggugah selera. Tetapi harus bersabar, hingga waktu berbuka tiba.

Ketika selesai berbuka puasa, kami langsung makan malam. Rupanya ibu membuat perkedel kentang kornet. Penyajiannya bersama nasi dan lauk lainnya. Nah dari rasanya itu enak banget, gurih, dan membuatku merasa ingin menyantapnya. Ibu pun menjelaskan tentang bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya. Membutuhkan 500 gram kentang goreng untuk satu kornet berukuran kecil. Agar rasa dan aromanya menggugah selera makan, dibutuhkan pula tiga batang daun bawang yang diris halus dan dua kuning telur. kaldu penyedap. Tambahan lain sesuai selera adalah kaldu sapi, pala bubuk dan garam. Ibuku juga menambahkan dua sendok makan bawang putih goreng dan satu setengah sendok makan bawang goreng.

Membuat perkedel kentang kornet terlebih dahulu menghaluskan kentangnya. Bahan ini harus digoreng terlebih dahulu. Menghaluskannya dalam keadaan panas. Setelah itu, menyiapkan wadah untuk mencapurkan kentang halus, kornet, bumbu halus, kuning telur, lada bubuk, pala, garam, dan daun bawang. Aduk hingga terlihat merata. Sediakan cetakan sesuai yang diinginkan. Buat perkedel pada cetakan tersebut. Balurkan pada adukan telur kemudian goreng hingga terlihat matang. Angkat lalu tiriskan perkedel goreng sebelum disajikan. Begitulah ibuku menjelaskan pembuatannya.

Makanan ini cocok untuk santapan di bulan puasa. Banyak manfaat mengkonsi kentang bagi tubuh kita. Bahan pangan ini dapat berfungsi mempertahankan berat badan menjadi ideal. Rasa kenyang akan diperoleh saat mengkonsumsinya. Bahan makanan kentang  dapat menggantikan nasi. Hal ini menyebabkan seseorang dapat mengontrol  gula darahnya. Melalui bahan bacaan aku mendapatkan informasi bahwa kentang juga dapat menjaga kesehatan kulit. Kentang ini rupanya bukan hanya mengandung karbohidrat saja. Bahan pangan ini merupakan jenis bahan makanan berserat, memiliki protein, antioksidan, vitamin serta mineral.

Saat berpuasa di bulan suci Ramadhan ini,  aku menyarankan untuk terus menjaga daya tahan tubuh. Salah satunya dengan mengkonsumsi kentang melalui pembuatan bahan makanan pengganti nasi. Disamping berat badan tetap terjaga, juga agar dapat  tetap terlihat sehat dan bugar. Sangat penting menjaga makanan yang masuk dalam tubuh, agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...