Jumat, 01 Agustus 2014

BULETIN SEVENTEEN : KOTAK FOTOSPEKTRUM AUKSANOMETER (LPIR 2013-Bali)








LAPORAN HASIL PENELITIAN
LOMBA PENELITIAN ILMIAH REMAJA (LPIR) TAHUN 2013
BIDANG IPA DAN LINGKUNGAN



PENGGUNAAN KOTAK  FOTOSPEKTRUM  AUKSANOMETER
UNTUK MENGETAHUI PENGARUH PEMBERIAN WARNA CAHAYA
 YANG BERBEDA TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN
 BATANG KECAMBAH KACANG HIJAU (Phaseolus radiatus L)




Silmasari AS, Suryaningsi dan Muh Syafri, SMPN 17 Kendari, 2013, Penggunaan Kotak Fotospektrum Auksanometer untuk mengukur pengaruh jenis warna cahaya yang berbeda terhadap laju pertumbuhan kecambah kacang hijau (Phaseolus radiatus L). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberadaan tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus L) yang memiliki manfaat penting serta penyebaran yang luas serta keingintahuan adanya fenomena pelangi yang mengisyaratkan kandungan berbagai macam warna pada cahaya matahari, dimana cahaya merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh pemberian warna cahaya yang berbeda terhadap laju pertumbuhan batang kecambah kacang hijau (Phaseolus radiatus L) yang diukur dengan alat kotak fotospektrum auksanomoter ?.

Penelitian ini didukung oleh alat kotak fotospektrum auksanometer yang dibuat sendiri yang berfungsi untuk mengukur pengaruh pemberian warna cahaya yang berbeda terhadap laju pertumbuhan kecambah tanaman kacang hijau (Phaseolus radiatus L). Jenis warna yang digunakan dalam penelitian ini adalah merah, kuning dan biru serta satu warna kontrol (putih) yang memiliki panjang gelombang yang berbeda-beda. Setiap warna digunakan tiga sampel dan dilakukan sebanyak tiga kali percobaan atau ulangan kegiatan. Untuk memberikan hasil yang optimal maka variabel bebas / manipulasi dilakukan dengan pemberian volume dan jenis air penyiraman yang sama, jenis dan jumlah subtrat yang sama serta pengisolasian pengaruh suhu yang ditimbulkan oleh balon lampu dalam alat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...