Jumat, 15 Agustus 2014

Media IPA : Kotak Spektrum Genetika Papan Catur Berlubang-2011



Suhardin, S.Pd., 2011, Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah Pemanfaatan Kotak Spektrum Genetika Papan Catur Berlubang melalui Model Direct Instruction pada Siswa Kelas IX.5 SMPN 17 Kendari
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan alat laboratorium IPA yang tidak sebanding dengan rasio siswa dan jumlah rombel serta tingkat kesulitan pembelajaran materi untuk pewarisan sifat cukup tinggi.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah pemanfaatan kotak spektrum genetika papan catur berlubang melalui pembelajaran model direct instruction dapat meningkatkan efektifitas penggunaannya dalam pembelajaran bagi siswa dan guru serta pencapaian peningkatan hasil belajar siswa kelas IX.5 SMPN 17 Kendari ? “. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas penggunaan media kotak spektrum genetika papan catur berlubang bagi peningkatan kegiatan siswa dan guru dalam  pembelajaran IPA melalui model direct instruction pada kelas IX.5 SMPN 17 Kendari  sebagai upaya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa. .
 Pemanfaatan media ini untuk pemahaman konsep dalam penerapan pewarisan sifat pada mahluk hidup  telah dapat meningkatkan kemampuan efektifitas pembelajaran yang dilakukan guru serta meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas IX.5 SMPN 17 Kendari yang terlihat pada pencapaian kinerja guru dan aktifitas siswa berdasarkan hasil obesrvasi rekan kolaborasi yang terus mengalami peningkatan pada setiap pertemuan sehingga menunjang pencapaian hasil belajar siswa yang diinginkan. Pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan rata-rata klasikal sebesar 74,64 dan persentase ketuntasan adalah 78,57% yang dicapai pada siklus 2 pertemuan pertama telah melampaui indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni ketercapaian rata-rata klasikal 70 dengan persentase ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 75 %.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...