Suhardin,
S.Pd., 2011, Judul Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) adalah Pemanfaatan
Kotak Spektrum Genetika Papan Catur Berlubang melalui Model Direct Instruction
pada Siswa Kelas IX.5 SMPN 17 Kendari.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
keterbatasan alat laboratorium IPA yang tidak sebanding dengan rasio siswa dan
jumlah rombel serta tingkat kesulitan pembelajaran materi untuk pewarisan sifat
cukup tinggi.
Permasalahan
dalam penelitian ini adalah “Apakah pemanfaatan kotak spektrum genetika papan
catur berlubang melalui pembelajaran model direct instruction dapat
meningkatkan efektifitas penggunaannya dalam pembelajaran bagi siswa dan guru
serta pencapaian peningkatan hasil belajar siswa kelas IX.5 SMPN 17 Kendari ?
“. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas penggunaan media
kotak spektrum genetika papan catur berlubang bagi peningkatan kegiatan siswa
dan guru dalam pembelajaran IPA melalui
model direct instruction pada kelas IX.5 SMPN 17 Kendari sebagai upaya peningkatan pencapaian hasil
belajar siswa. .
Pemanfaatan media ini untuk pemahaman konsep dalam penerapan pewarisan sifat
pada mahluk hidup telah dapat
meningkatkan kemampuan efektifitas pembelajaran yang dilakukan guru serta
meningkatkan aktifitas belajar siswa kelas IX.5 SMPN 17 Kendari yang terlihat
pada pencapaian kinerja guru dan aktifitas siswa berdasarkan hasil obesrvasi
rekan kolaborasi yang terus mengalami peningkatan pada setiap pertemuan
sehingga menunjang pencapaian hasil belajar siswa yang diinginkan. Pencapaian
hasil belajar siswa dalam pembelajaran dengan rata-rata klasikal sebesar 74,64
dan persentase ketuntasan adalah 78,57% yang dicapai pada siklus 2 pertemuan
pertama telah melampaui indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni
ketercapaian rata-rata klasikal 70 dengan persentase ketuntasan hasil belajar
klasikal sebesar 75 %.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar