Jumat, 01 Agustus 2014

Contoh RPP Budidaya Prakarya Kls VIII/2




Kelompok Aspek Budidaya
Anggota :
Lamadi (SMPN 11 Kendari)
Dian Hichmayany (SMPN 19)
Nurmiati (SMPN 13)
Wandolasi (SMPN 9)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                : SMP 9 Kendari
Mata Pelajaran                      : Prakarya (Teknologi Budidaya)
Kelas/Semester                      : VII/dua
Materi Pokok                         : Budidaya Tanaman Obat
Alokasi Waktu                       : 8 pertemuan (10 JP)

A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
Peserta didik mampu:
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1. Menghargai keberagaman hasil bu-didaya di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan.
1.1.1. Bersyukur kepada Tuhan atas anugerah keberagaman hasil budidaya tanaman obat di daerah setempat.
1.1.2. Menjaga kelestarian keberagaman hasil budidaya tanaman obat di daerah setempat. 
2.
2.1. Menunjukkan rasa ingin tahu dan si-kap santun dalam menggali infor-masi tentang keberagaman produk budidaya daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.1.1. Mendeskripsikan keberagaman produk budidaya tanaman obat daerah setempat melalui paparan kalimat yang santun dan mengan-dung rasa ingin tahu untuk meng-gali lebih jauh.
2.1.2. Mendeskripsikan keunggulan ta-naman obat di daerah setempat dengan rasa bangga akan produk Indonesia.

2.2. Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri dalam merancang dan melaksanakan kegiatan budi-daya.
2.2.1. Merancang kegiatan budidaya tanaman obat dengan penuh perca-ya diri.
2.2.2. Mempresentasikan langkah-lang-kah budidaya tanaman obat secara mandiri berdasarkan rancangan budidaya yang telah disusun.

2.3.Menunjukkan kemauan bertoleransi, disiplin dan bertanggung jawab da-lam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan budidaya.
2.3.1. Menjelaskan penggunaan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya tanaman obat secara teliti dan rapi.
2.3.2. Menunjukkan penggunaan alat dengan benar, penuh kedisiplinan, dan bertanggung jawab agar alat terpelihara dengan baik.

3.3. Memahami konsep dan prosedur budidaya tanaman obat sesuai wilayah setempat.
3.3.1. Menjelaskan konsep budidaya ta-naman obat sesuai dengan kondisi wilayah setempat.
3.3.2. Menjelaskan prosedur budidaya ta-naman dengan langkah-langkah yang sistematis dan benar.

4.3. Mempraktikkan budidaya tanaman obat berdasarkan konsep dan prose-dur yang ada di wilayah setempat.
4.3.1. Memilih tanaman  obat yang ada di wilayah setempat untuk dibudida-yakan.
4.3.2. Melakukan budidaya tanaman obat  yang ada di wilayah setempat sesuai konsep dan prosedur yang benar.
4.3.3. Mempresentasikan hasil praktik budidaya tanaman obat dengan seksama dan penuh tanggung jawab.


C.  Tujuan Pembelajaran  
     Setelah mengikuti serangkai kegiatan pembelajaran budidaya tanaman obat, peserta didik dapat:
1.1.1.1. Mengucapkan syukur kepada Tuhan atas anugerah keberagaman hasil budidaya tanaman obat di daerah setempat yang ditunjukkan dengan kemampuan identifi-kasi jenis tanaman obat berdasarkan ciri-ciri tanaman dan bagian yang diman-faatkan.
1.1.1.2. Berdasarkan contoh-contoh tanaman obat yang telah diidentifikasi sebelumnya, da-pat mendeskripsikan pengertian tanaman obat dengan benar.
1.1.2.1. Merefleksikan hasil pengamatan keberagaman hasil budidaya tanaman obat de-ngan menunjukkan keunggulan produk tanaman obat yang ada di daerah se-tempat.
1.1.2.2. Membuat tanaman obat menjadi produk unggulan sebagai usaha melestarikan tanaman obat tersebut dari kelangkaan.

1. Pertemuan 1
2.1.1.1. Berdasarkan pengamatan, dapat menyatakan pendapat tentang keberagaman pro-duk budidaya tanaman obat daerah setempat dengan kalimat yang santun.
2.1.1.2. Melalui penggalian lebih jauh dari berbagai sumber belajar (majalah, koran, buku, dan internet), dapat menunjukkan keberagaman produk budidaya tanaman obat yang ada di dalam maupun di luar daerah setempat dengan lengkap.
2.1.2.1. Menunjukkan keunggulan tanaman obat di daerah setempat dibandingkan dengan keunggulan tanaman obat di daerah lain sebagai produk Indonesia yang perlu dibanggakan, dengan benar.
2.1.2.2.   Mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang salah satu contoh tanaman obat yang merupakan produk unggulan di daerah setempat dengan penuh percaya diri.

2. Pertemuan 2
2.3.1.1.      Menyebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya tanaman obat secara benar.
2.3.1.2.      Menjelaskan penggunaan alat dan bahan yang digunakan dalam budidaya tanaman obat dengan teliti dan rapi.
2.3.2.1. Mendemonstrasikan penggunaan alat yang digunakan dalam budidaya tanaman obat dengan benar.
2.3.2.2.     Dengan penuh disiplin dan rasa tanggung jawab, dapat menggunakan alat sesuai dengan kegunaannya agar alat terpelihara dengan baik.

3. Pertemuan 3
3.3.1.1.      Berdasarkan penggalian informasi dari berbagai sumber belajar, dapat menyebut-kan berbagai konsep teknik budidaya tanaman obat, minimal 3 konsep.
3.3.1.2.      Menjelaskan konsep teknik budidaya tanaman obat berdasarkan kesimpulan yang diambil dari konsep-konsep yang diperoleh dari berbagai sumber belajar.
3.3.2.1.      Berdasarkan penggalian informasi dari berbagai sumber belajar, dapat menjelaskan prosedur budidaya tanaman obat dengan benar.
3.3.2.2.      Menuliskan langkah-langkah prosedur budidaya tanaman obat secara sistematis dan benar.

4. Pertemuan 4
2.2.1.1. Berdasarkan penggalian informasi dari berbagai sumber belajar, dapat menjelaskan langkah-langkah kegiatan budidaya tanaman obat dengan benar.
2.2.1.2. Dengan penuh percaya diri dapat menyusun rancangan kegiatan budidaya tanam-an obat secara sistematis.
2.2.2.1. Mempresentasikan langkah-langkah kegiatan budidaya tanaman obat yang telah disusun dengan penuh tanggung jawab
2.2.2.2. Melaporkan secara tertulis tentang rancangan kegiatan budidaya tanaman obat yang telah dipresentasikan.
4.3.1.1      Berdasarkan pengamatan di wilayah setempat, dapat mengidentifikasi minimal 3 tanaman obat yang cocok untuk dibudidayakan.
4.3.1.2      Berdasarkan pertimbangan kesesuaian dengan kondisi dan sumber daya wilayah setempat, dapat memilih tanaman obat yang cocok untuk dibudidayakan.

5. Pertemuan 5
4.3.2.1.    Berdasarkan identifikasi sesuai wilayah setempat, dapat melakukan perencanaan tahapan budidaya tanaman obat dengan benar.
4.3.2.2.    Mempraktikkan budidaya tanaman obat yang ada di wilayah setempat berdasar-kan konsep dan prosedur yang benar.
4.3.3.1. Menyusun laporan hasil praktik budidaya tanaman obat mulai dari perencanaan, persiapan alat dan bahan, dan proses penananam tanaman obat hingga tumbuh dengan baik selama jangka waktu yang ditentukan dengan penuh tanggung jawab.
4.3.3.2. Mempresentasikan laporan hasil praktik melalui unjuk kerja secara berkelompok dengan penuh percaya diri.

D.    Materi Pembelajaran 
1.      Pertemuan 1
1.1.      Pengertian Tanaman Obat
1.2.      Jenis tanaman (deskripsi) obat di wilayah setempat dan lainnya

2. Pertemuan 2
1.3.      Sarana Produksi Budidaya Tanaman Obat

3. Pertemuan 3
1.4.      Teknik Budidaya Tanaman Obat
1.4.1.      Pembibitan
1.4.2.      Pengolahan Tanah
1.4.3.      Penanaman
1.4.4.      Pemeliharaan
1.4.5.      Panen
1.4.6.      Pasca Panen

4. Pertemuan 4
2.1.  Tahapan Budidaya Tanaman Obat
              2.1.1. Perencanaan
              2.1.2. Persiapan Alat dan Bahan
              2.1.3. Proses Penanaman Tanaman Obat


5. Pertemuan 5
      2.2. Praktik Budidaya Tanaman Obat

E.     Metode Pembelajaran
1.    Metode Ilmiah
2.    Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek

F.     Sumber Belajar
1.     Buku siswa:
Paresti, S. Dkk. (2013). Prakarya SMP/MTS Kelas 7. Jakarta: Dikbud, (hal 134 - 158).
2.     Buku referensi
Paresti, S. Dkk. (2013). Buku Guru Prakarya SMP/MTS Kelas 7. Jakarta: Dikbud, (hal 148 - 174).
Hariana, A. (2006). Seri Agrisehat 1-3: Tumbuhan Obat dan Khasiatnya. Jakarta: Penebar Swadaya,
Syukur, Ch. dan Hernani. (2006). Budi Daya Tanaman Obat Komersia. Jakarta: Penebar Swadaya,
3.     Situs internet

Anonim. (2009). Sembilan tanaman obat unggulan hasil uji klinis Badan POM
http://www.beritabumi.or.id diunduh tanggal 19 April 2013

Anonim, 2009, Kandungan kimia sembilan tanaman obat unggulan. http://www.   beritabumi.or.id diunduh tanggal 19 April 2013

4.     Lingkungan sekitar
Tempat Budidaya Tanaman Obat Idmira, Jalan Kaliurang Km. 16.
5.     Narasumber
Pengelola Budidaya Tanaman Obat Idmira.

G. Media Pembelajaran
    1. Media Pembelajaran
        a. Video Budidaya Tanaman Obat
        b. Chart Bagan Teknik dan Tahapan Budidaya Tanaman Obat

    2. Alat dan Bahan           
        a. Alat
a. Cangkul
e. Skop
b. Garpu
f. Polibag
c. Kored
g. Pot
d. Gembor
h. Hand sprayer

       b. Bahan
a. Bibit tanaman obat
e. Pupuk kandang
i. Kompos
m. Pecahan batu bata
b. Pupuk
f.  Polibag
j. Sabut kelapa
n.  Spons
c. Media tanam
g. Pot
k. Gel
o. Vermi kulit
d. Pestisida
h. Arang sekam
l. Pasir
p. Perlit


H. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran      

PERTEMUAN 1
1.     Pendahuluan (10 menit)
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.   Motivasi
Jika kamu senang bercocok tanam berarti sudah dapat menjadi modal besar untuk dapat membudidayakan tanaman obat. Apakah kamu mengetahui bahwa negara kita terma-suk salah satu negara di dunia yang memiliki keberagaman jenis tanaman obat yang luar biasa? Bahkan mungkin tanaman obat yang ada di sekitarmu termasuk jenis tanaman obat yang merupakan produk unggulan di daerahmu. Nah …agar mengetahui semua itu, maka mulailah kamu mempelajari pengertian dan jenis tanaman obat sebagai bekal awal dalam mendalami seluk beluk budidaya tanaman obat.  

c.    Apersepsi
Pernahkah kamu memperhatikan tanaman obat di sekitarmu? Banyaknya jenis tanaman obat yang kamu jumpai? Apakah kamu pernah berpikir untuk membudidayakannya, sehingga jika kamu atau anggota keluargamu sakit dapat memanfaatkannya?

d.   Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang pengertian dan jenis tanaman obat di wilayah setempat dan lainnya pada pertemuan ini.

e.    Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang pengertian dan jenis tanaman obat di wilayah setempat dan lainnya pada pertemuan ini.



2.  Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap pembelajaran
Saintifik
Kegiatan pembelajaran
1.  Stimulation (simullasi/
Pemberian rangsangan)
Mengamati


Menanya

-       Menampilkan berbagai gambar  pada peserta didik tentang berbagai jenis tanaman obat yang ada di Kota Kendari
-       memotivasi peserta didik dengan cara memberikan kesempatan untuk mengungkapkan pendapatnya tentang gambar tanaman obat tersebut

-       guru menggali pengetahuan peserta didik tentang pengertian tanaman obat yang mereka kenal sebagai tanaman obat yang dapat dibudidayakan, dan menyebutkan jenis-jenis tanaman obat unggulan di daerahnya.

2.  Problem statemen (pertanyaan
/identifikasi masalah)

-          Guru meminta peserta didik untuk mencari permasalahan yang dihadapi dalam keberhasilan dan kegagalan produksi baik dari aspek sarana produksi maupun teknik budidayanya.
-          Peserta didik mengidentifikasi keunggulan berbagai jenis tanaman obat dalam kehidupan masyarakat pada wilayah kota Kendari. Dengan melatih tanggung jawab, kemandirian dan bekerjasama

3.  Data collection (pengumpulandata)
Mengumpulkan informasi
-       membaca berbagai sumber belajar (buku, majalah, koran, dan internet) agar dapat mendeskripsikan pengertian dan keberagaman budidaya tanaman obat

-        Peserta didik diminta melakukan observasi tentang tanaman obat yang ada di wilayah setempat agar dapat mengidentifikasi jenis-jenis tanaman obat berdasarkan ciri-ciri tanaman dan bagian yang dimanfaatkan melalui internet atau buku tanaman obat yang tersedia di sekolah untuk  menunjukkan keunggulan produk tanaman obat, dan keberagaman produk budidaya tanaman obat dengan benar.

-        - Merancang kegiatan observasi jenis tanaman obat pada wilayah tempat tinggal peserta didik

4.  Data processing (pengolahan Data)
Mengasosiasi






Mengkomuniksikan           
-       Hasil pengamatan peserta didik dilaporkan dalam bentuk laporan observasi tertulis yang berisi tentang jenis-jenis tanaman obat berdasarkan ciri-ciri tanaman dan bagian yang dimanfaatkan
-       Keunggulan produk tanaman obat, dan keberagaman produk budidaya tanaman obat.

-       Peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang salah satu contoh tanaman obat yang merupakan produk unggulan di daerah setempat dengan penuh percaya diri.


2.     Penutup (10)
a.Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pengertian dan jenis tanaman obat.
Peserta didik diberikan arahan tentang keberagaman budidaya tanaman obat dan keunggulan tanaman obat di wilayah setempat.

b.      Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang pengertian dan jenis tanaman obat.

c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan sarana produksi budidaya tanaman obat
e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

PERTEMUAN 2
1. Pendahuluan (10 menit)
a.      Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.     Motivasi
Seperti kamu ketahui, untuk membudidayakan sesuatu, pasti membutuhkan sarana produksi yang berupa alat dan bahan. Apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk budidaya tanaman obat? Penasarankah kamu untuk mengetahuinya? Jika ya, itu tanda-nya kamu pasti berangan ingin menjadi pengusaha obat herbal, bukan? Atau sudah membayangkan menjadi produsen jamu tradisional, seperti pengusaha jamu-jamu yang sudah terkenal? Kamu pasti tahu, jamu Jago, Jamu Air Mancur, dan lain-lain, itu adalah contoh jamu tradisional yang dikemas dengan cara modern. Nah dengan belajar terlebih dahulu mengenai sarana produksi (alat dan bahan) budidaya tanaman obat, kamu akan memperoleh bekal pertama untuk menuju praktik budidaya.

c.      Apersepsi
Kemarin kamu sudah mempelajari tentang jenis-jenis tanaman obat berdasarkan ciri-ciri tanaman dan bagian yang dimanfaatkan, keunggulan produk tanaman obat, dan keberagaman produk budidaya tanaman obat. Apakah kamu masih tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai apa saja sarana produksi budidaya tanaman obat?

d.     Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang sarana produksi budidaya tanaman obat pada pertemuan ini.

e.      Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang sarana produksi budidaya tanaman obat pada pertemuan ini.


2. Kegiatan Inti (60 menit)
TAHAP PEMBELAJARAN
SAINTIFIK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.     Stimulation (simullasi/
Pemberian rangsangan)
Mengamati







Menanya

-       Peserta didik melakukan pengamatan dengan cara membaca tentang sarana produksi (alat dan bahan) budidaya tanaman obat melalui berbagai sumber belajar (buku, majalah, koran, dan internet) agar dapat menjelaskan dengan benar dan melatih tanggung jawab, kemandirian, dan bekerjasama. Yang dilakukan melalui tugas mandiri perorangan sebelum kegiatan belajar di mulai

-       Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali pengetahuan peserta didik tentang sarana produksi (jenis alat dan bahan) budidaya tanaman obat serta penggunannya

2.  Problem statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)

-          Guru meminta peserta didik untuk mencari permasalahan yang dihadapi dalam penggunaan berbagai jenis alat dan bahan yang tepat pada budidaya tanaman obat.
-          Peserta didik mengidentifikasi pengaruh sarana dan teknik budidaya sebagai tantangan dalam produksi tanaman obat.

3.  Data collection (pengumpulan data)
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengidentifikasi sarana produksi (jenis alat dan bahan) budidaya tanaman obat serta penggunaannya yang ada di wilayah sekitar tempat tinggal melalui hasil tugasa awal pembelajaran dan informasi dari berbagai sumber.

4.  Data processing (pengolahan Data)
Mengasosiasi
 




Mengkomuniksikan           
-    Peserta didik mendemonstrasikan penggunaan alat yang digunakan dalam budidaya tanaman obat dengan benar, penuh disiplin dan rasa tanggung jawab, agar alat terpelihara dengan baik


-     Peserta didik dapat menanggapi dan mengomentari demonstrasi penggunaan alat yang dilakukan oleh teman  lain dengan penuh percaya diri.



3.  Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang sarana produksi budidaya tanaman obat.
Peserta didik diberikan arahan tentang penggunaan alat yang benar sesuai dengan kegunaannya dan penggunaan bahan sesuai dengan tujuan budidaya.

b.      Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang sarana produksi budidaya tanaman obat.

c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur lain yang berkaitan dengan teknik budidaya tanaman obat.

e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.


PERTEMUAN 3
1. Pendahuluan (10 menit)
a.  Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.  Motivasi         
Apakah kamu termasuk anak yang suka tantangan? Kalau ya, maka harusnya kamu tertarik untuk mempelajari bab berikut ini, karena berkaitan dengan keberanianmu mencoba berbagai teknik budidaya tanaman obat?

c.  Apersepsi
Kemarin kamu sudah memahami bagaimana menggunakan alat dengan benar dan bahan-bahan apa saja yang digunakan dalam budidaya tanaman obat. Masih inginkah kamu mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana teknik budidaya tanaman obat?

     d.  Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang teknik budidaya tanaman obat pada pertemuan ini.

     e.  Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang teknik budidaya tanaman obat pada pertemuan ini.




2. Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap pembelajaran
Saintifik
Kegiatan pembelajaran
1.     Stimulation (simullasi/
Pemberian rangsangan)
Mengamati







Menanya




-       Peserta didik mengungkapkan pendapat hasil pengamatan dengan cara membaca dan menyimak tentang teknik budidaya tanaman obat di daerah setempat melalui berbagai sumber belajar (buku, majalah, koran, dan internet) agar dapat menjelaskan langkah-langkah teknik budidaya dengan benar dan melatih tanggung jawab, kemandirian, dan bekerjasama melalui hasil tugas awal pembelajaran.

-       Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali pengetahuan peserta didik tentang berbagai konsep dan prosedur budidaya tanaman obat secara sistematis dan benar.
2.  Problem statemen (pertanyaan/
identifikasi masalah)

-          Guru meminta peserta didik untuk mencari permasalahan yang dihadapi dalam melakukan prosesdur budidaya tanaman obat yang tepat
-          Peserta didik mengidentifikasi konsep prosedur budidaya tanaman obat yang dilakukan pada wilayah Kota Kendari.

3.  Data collection (pengumpulan
data)
Mengumpulkan informasi
-       Peserta didik melakukan kegiatan kajian pustaka tentang berbagai konsep dan prosedur yang dapat di lakukan pada wilayah kota kendari minimal untuk 5 jenis tanaman obat endemic. rasa ingin tahu, bersikap santun,  bangga/cinta tanah air  dan mensyukuri anugrah Tuhan.

4.  Data processing (pengolahan Data)
Mengasosiasi






Mengkomuniksikan      


Mencipta    
-       Peserta didik dapat menuliskan langkah-langkah teknik atau prosedur budidaya tanaman obat dalam bentuk bagan yang meliputi pembibitan, pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan, panen, dan pasca panen secara sistematis dan benar bersama kelompoknya

-       Peserta didik dapat mendiskusikan bagan teknik atau prosedur budidaya tanaman obat yang dibuatnya dengan kelompok lain

-       Peserta didik membuat bagan prosedur budidaya tanaman obat dengan model yang dikreasi sendiri dalam kelompoknya yang dituangkan dalam bentuk chart.

           



3.  Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang teknik budidaya tanaman obat.
Peserta didik diberikan arahan tentang prosedur dan langkah-langkah budidaya tanaman obat agar dapat menjadi bekal pada saat praktik budidaya nantinya.

b.      Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang teknik budidaya tanam-an obat.

c.      Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.     Tindak Lanjut
Peserta didik diminta membaca di rumah dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar yang dapat digunakan, seperti buku, majalah, koran, maupun menelusuri dari internet, terutama yang berkaitan dengan kondisi tanah (kesuburan, suhu, kelembaban, dan pH tanah) dari berbagai jenis tanaman yang kemungkinan cocok dibudidayakan di wilayah setempat.

e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.


PERTEMUAN 4
1. Pendahuluan (10 menit)
a.  Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.  Motivasi
Meskipun kamu sudah memahami teknik budidaya tanaman obat, tetapi masih ada yang harus kamu ketahui dan kuasai lebih jauh tentang teknik tersebut, yaitu tahapan atau langkah-langkah budidaya tanaman obat. Pada pertemuan inilah kamu akan mempelajarinya. Jangan lupa, selalu mengaitkan langkah-langkah budidaya ini dengan materi sebelumnya, agar kamu menguasai konsep budidaya tanaman obat secara baik dan lengkap.

c.  Apersepsi
Jika teknik budidaya tanaman obat telah kamu kuasai dengan baik? Nah … tentu kamu sekarang ingin mengetahui lebih terperinci bagaimana tahapan atau langkah-langkah budidaya tanaman obat tersebut, sehingga mempermudah kamu dalam mempraktikkannya, bukan?

d.  Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang tahapan budidaya tanaman obat pada pertemuan ini.

e.  Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang tahapan budidaya jenis tanaman obat pada pertemuan ini.

2. Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap pembelajaran
Saintifik
Kegiatan pembelajaran
1.     Stimulation (simullasi/
Pemberian rangsangan)
Mengamati






Menanya





-       Peserta didik melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak tentang teknik budidaya tanaman obat di daerah setempat melalui berbagai sumber belajar (buku, majalah, koran, dan internet) agar dapat menjelaskan tahapan atau langkah-langkah budidaya tanaman obat dengan benar dan melatih tanggung jawab, kemandirian, dan bekerjasama.

-       Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali pengetahuan peserta didik tentang langkah-langkah dari 3 jenis tanaman obat yang dipilih serta cocok dibudidayakan dengan pertimbangan kondisi dan sumber daya wilayah Kota Kendari
2.  Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

-          Guru meminta peserta didik untuk mencari permasalahan yang dihadapi dalam menentukan langkah-langkah budidaya tanaman obat yang dapat di lakukan dalam wilayah Kota Kendari

3.  Data collection (pengumpulan
data)
Mengumpulkan informasi
-            Peserta didik melakukan kegitan study pustaka melalui buku siswa tentang langkah-langkah budidaya tanaman obat yang ada  di wilayah kota Kendari untuk dapat memilih tanaman obat yang cocok untuk dibudidayakan berdasarkan pertimbangan kesesuaian dengan kondisi dan sumber daya wilayah setempat, yang meliputi kesuburan tanah, suhu, kelembaban, dan pH tanah agar tanaman obat yang dibudidayakan benar-benar dapat tumbuh dengan baik, sehingga terbangun rasa ingin tahu yang tinggi,  bangga/ cinta tanah air dan mensyukuri anugrah Tuhan.
.
4.  Data processing (pengolahan Data)
Mengasosiasi






Mengkomuniksikan      




Mencipta    
-       Peserta didik dapat merancang perencanaan praktik budidaya tanaman obat, diawali dengan mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, termasuk mempersiapkan lahan untuk praktik, misal di halaman depan atau belakang rumah bersama teman satu kelompok dengan penuh tanggung jawab.

-        Peserta didik dapat mempresentasikan secara matang perencanaan budidaya tanaman obat yang telah disusunnya kepada teman-teman satu kelompok dan melakukan pembagian kerja untuk persiapan praktik yang akan dilakukan

-        Peserta didik mampu membuat rancangan kegiatan budidaya tanaman obat yang dipilih bersama kelompoknya disertai data tentang syarat-syarat kondisi tanah yang sesuai dengan jenis tanaman obat tersebut yang diperoleh dari kaji pustaka.


           
3.  Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang tahapan budidaya tanaman obat.
Peserta didik diberikan arahan tentang rancangan kegiatan budidaya tanaman obat dan pemilihan tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai dengan kondisi tanah (kesuburan, suhu, kelembaban, dan pH) dan sumber daya wilayah setempat.

b.    Evaluasi
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang tahapan budidaya tanaman obat.

c.     Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.     Tindak Lanjut
Peserta didik diminta membaca di rumah dan menggali informasi dari berbagai sumber belajar yang dapat digunakan, seperti buku, majalah, koran, maupun menelu-suri dari internet tentang teknologi budidaya tanaman obat. Guru juga memberitahu alat dan bahan yang harus dipersiapkan untuk praktik budidaya tanaman obat di pertemuan berikutnya.

e.     Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

PERTEMUAN 5
1. Pendahuluan (10 menit)
a.  Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.  Motivasi
Nah … pertemuan kali ini kamu akan praktik secara nyata mulai dari perencanaan, persiapan alat dan bahan, dan proses penanaman tanaman obat, hingga tumbuh dengan baik selama jangka waktu yang ditentukan. Apakah kamu sudah tidak sabar untuk mempraktikkannya?

c.  Apersepsi
Kemarin kamu sudah menyusun rencana budidaya tanaman obat yang sudah kamu pi-lih jenis tanamannya bersama kelompokmu. Berarti kamu sudah memiliki bekal yang cukup untuk memulai praktik budidaya tanaman obat. Coba dibaca kembali langkah-langkah budidaya tanaman obat sebelum memulai praktik, agar tidak gagal dalam mempraktikkannya.

d.  Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang praktik budidaya tanaman obat pada pertemuan ini.
e.   Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang praktik budidaya tanaman obat pada pertemuan ini

3.    Kegiatan Inti (60 menit)
Tahap pembelajaran
Saintifik
Kegiatan pembelajaran
1.    Stimulation (simullasi/
Pemberian rangsangan)
Mengamati






Menanya
-       Peserta didik melakukan pengamatanjenis tanaman obat yang dipilih melalui hasil penghimpunan data dan video setiap anggota kelompok untuk menetapkan pilihan jenis tanaman obat yang akan dibudidayakan sesuai dengan kondisi dan sumber daya wilayah setempat dengan mengusahakan jenis tanaman obat yang berbeda dengan kelompok lainnya

-       Melalui tanya jawab dengan peserta didik guru menggali argumentasi dan alasan pemilihan tanaman obat untuk dibudidayakan dalam praktik.

2.  Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)

-      Mengidentifikasi masalaah yang dihadapi terhadap pemilihan jenis tanaman, sarana dan prasaranan produksi serta langkah-langkah yang harus di tempuh dalam pembudidayaan tanaman obat yang dipilih
3.  Data collection (pengumpulan
data)
Mengumpulkan informasi
-       Peserta didik melakukan kegiatan pengumpulan data untuk menjawab permasalahan yang dihadapi dalam budidaya jenis tanaman obat yang dipilih.



3.  Penutup (10 menit)
a.    Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang hasil praktik budidaya tanaman obat.
b.      Evaluasi
Melakukan penilaian terhadap hasil praktik maupun presentasi peserta didik.

c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas mendiskusikan kekurangan yang terjadi dari hasil praktik budidaya tanaman obat yang telah dilakukan bersama kelompoknya.

e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

PERTEMUAN 6 - 7

1.                                                                            Pendahuluan (10 menit)
a.    Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik
b.   Motivasi
Guru menyampaikan agar memperhatikan tahapan budidaya tanaman obat, pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan dengan menggunakan sarana produksi dan peralatan budidaya yang telah dipersiapkan dengan menunjukkan sikap kerjasama dan toleran
Apersepsi
Jelaskan 3 keunggulan produk tanam-an obat yang ada di wilaya kota kendari
c.    Tujuan Pembelajaran
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tentang praktik budidaya tanaman obat pada pertemuan ini
d.   Cakupan Pembelajaran
Guru menjelaskan cakupan pembelajaran tentang pengertian dan jenis tanaman sayuran di  wilayah setempat dan lainnya pada pertemuan ini.


4.     Kegiatan Inti (60 menit)

4.  Data processing (pengolahan Data)
Mengasosiasi





-       Peserta didik mempraktikkan tahapan budidaya tanaman obat, pengolahan tanah, penanaman, pemeliharaan dengan menggunakan sarana produksi dan peralatan budidaya yang telah dipersiapkan dengan menunjukkan sikap kerjasama dan toleran.

3.    Penutup (10)
Penutup (10 menit)
a.      Simpulan
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang hasil praktik budidaya tanaman obat.
b.      Evaluasi
Melakukan penilaian terhadap hasil praktik maupun presentasi peserta didik.

c.       Refleksi
Meminta umpan balik pada peserta didik tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan, dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.

d.      Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas mendiskusikan kekurangan yang terjadi dari hasil praktik budidaya tanaman obat yang telah dilakukan bersama kelompoknya.

e.       Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

PERTEMUAN  8
a.Pendahuluan 
    Salam, doa, dan pengecekan kehadiran peserta didik.
b.motivasi
    Guru mempersiapkan peserta didik secara fisik dan mental untuk   mempresentasikan hasil praktik penanaman tanaman obat yang telah dibuat dalam bentuk laporan tertulis
c.Apersepsi
   Berdasarkan hasil pratek  guru bertanya kepada peserta didik tentang langkah-  langkah yang di tempuh dalam pembudidayaan tanaman obat yang dipilih
    


Mengkomuniksikan           
-       Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil praktik penanaman tanaman obat yang telah dibuat dalam bentuk laporan tertulis dengan penuh percaya diri dan tanggung jawab.


Penutup
Kesimpulan

Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang hasil praktik budidaya tanaman obat.
Evaluasi
Peserta didik diberikan komentar dan pembahasan atas ketidakberhasilan dari kelompok-kelompok yang gagal dalam membudidayakan tanaman obat.
Tindak Lanjut
Peserta didik diberi tugas mendiskusikan kekurangan yang terjadi dari hasil praktik budidaya tanaman obat yang telah dilakukan bersama kelompoknya.

Penutup
Berdoa dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran



G.     Penilaian
1.       Sikap spiritual
a.       Teknik                         : Tes dan nontes
b.      Bentuk Instrumen  : Lembar observasi
c.       Instrumen                 : Instrumen untuk guruLampiran 1
                                        Instrumenuntuk peserta didikLampiran 2
d.      Kisi-kisi

Indikator
Butir Penilaian
1.      Cinta tanah air
2.      Rasa syukur
3.      Menjaga lingkungan hidup
1
2 – 3
4 – 5

1.       Sikap sosial
a.       Teknik                         : observasi
b.      Bentuk nstrumen: lembar observasi
c.       Instrumen                : Instrumen untuk guru Lampiran 1
                                         Instrumen observasi peserta didik Lampiran 3

d.      Kisi-kisi

Indikator
Butir Penilaian
1.   Jujur
2.   Kerjasama
3.   Toleransi
1
2 – 3
4 - 5



2.      Pengetahuan
e.       Teknik Penilaian                         :  Tes tertulis
f.        Bentuk instrument          :  Tes uraian
g.      Instrumen                                                :  Terlampir (Lampiran 4)
h.      Kisi-kisi
Indikator
Butir Penilaian
1.      Mendeskripsikan
2.      Menjelaskan
3.      Menjelaskan
4.      Menganalisis
1
2
3
4 – 5


4. Keterampilan
a.Teknik                      : observasi
b.Bentuk instrument: lembar observasi
c. Instrumen               : Terlampir (instrumen 5)
d. Kisi-kisi
Aspek Keterampilan
Butir Penilaian
1.      Ide/gagasan
2.      Kreatifitas
3.      Keseuaian prosedur kerja
4.      Uji karya
5.      Estetika
6.      Bentuk pelaporan
7.      Presentasi
8.      Sikap
Soal uji kinerja


                                                                                                     Kendari 16 Juli 2014  Mengetahui                                                                                  
Kepala SMP                                                                     Guru Mata  Pelajaran                                   


_______                                             
NIP. ...                                                                                                Wa Ndolasi

Lampiran 1.



CONTOH RUBRIK PENILAIAN SPIRITUAL

No
N a m a
Peserta Didik
Menyadari adanya keberagaman hasil budidaya tanaman obat
Menyadari adanya kegunaan tanaman obat bagi kesehatan
Bersyukur atas kebe-saran Tuhan dengan adanya keberagaman hasil budidaya tanaman obat
Bersyukur atas kebe-saran Tuhan dengan adanya keunggulan hasil budidaya tanaman obat di wilayah setempat
Total Skor
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1


















2


















3







































Keterangan Nilai
Selalu              = 4                   Skor minimal               = 4                   0 – 4                = kurang
Sering              = 3                   Skor maksimal = 16                 5 – 8                = cukup          
Jarang              = 2                                                                               9 – 12              = baik
Tidak Pernah   = 1                                                                               13 – 16            = sangat baik










CONTOH RUBRIK PENILAIAN SOSIAL

No.
Nama Siswa
Skor Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
  Nilai Akhir (NA) atau   Skor Rerata
Sosial
Percaya Diri
Tanggung Jawab
Teliti
Santun
Kerjasama
Toleransi
1









2









3









4









5









dst












Rentang Skor = 1 – 5, skor minimal = 6, skor maksimal = 30
Skor      0  -  6  = Sangat Kurang
             7  - 12 = Kurang
13 – 18 = Cukup
            19 – 24 = Baik
            25 – 30 = Sangat Baik

Lampiran 2. 
CONTOH RUBRIK TES PENGETAHUAN

PERTEMUAN 1

No
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

1.



2.

3.


4.



5.



6.




7.



Peserta didik dapat:
mengidentifikasi minimal 5 jenis tanaman obat berdasarkan ciri-ciri tanaman dan bagian yang dimanfaatkan.
mendeskripsikan pengertian ta-naman obat.
menunjukkan minimal 3 keung-gulan produk tanaman obat yang ada di daerah setempat.
Menjelaskan cara-cara budidaya tanaman obat yang dapat mem-buat tanaman obat menjadi produk unggulan.
menunjukkan keberagaman produk budidaya tanaman obat yang ada di dalam maupun di luar daerah setempat.
menunjukkan keunggulan ta-naman obat di daerah setempat dibandingkan dengan keung-gulan tanaman obat di daerah lain.
mempresentasikan salah satu contoh tanaman obat yang merupakan produk unggulan di daerah setempat secara berke-lompok.

Tes tertulis


Tes tertulis
Tes tertulis

Tes tertulis


Tes tertulis


Tes tertulis



Tes unjuk kerja


Tes uraian


Tes uraian
Tes uraian

Tes uraian


Tes uraian


Tes uraian



Lembar observasi





Sebutkan 5 jenis tanaman obat berda-sarkan ciri-ciri tanaman dan bagian yang dimanfaatkan!

Deskripsikan pengertian tanaman obat!
Jelaskan 3 keunggulan produk tanam-an obat yang ada di daerah setempat.!

Jelaskan cara-cara budidaya tanaman obat yang dapat membuat tanaman obat menjadi produk unggulan!

Tunjukkan keberagaman produk bu-didaya tanaman obat yang ada di dalam maupun di luar daerah setempatmu!
Tunjukkan keunggulan tanaman obat di daerahmu dibandingkan dengan keunggulan tanaman obat di daerah lain!

Pilih salah satu tanaman obat yang merupakan produk unggulan di daerahmu. Diskusikan dengan teman kelompokmu tentang keunggulan tanaman tersebut. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas!























PERTEMUAN 2

No
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

1.


2.



3.

Peserta didik dapat:
menyebutkan alat dan bahan yang digunakan dalam budi-daya tanaman obat.
menggunakan alat yang diguna-kan dalam budidaya tanaman obat dengan benar.

Mendemonstrasikan pengguna-an alat yang digunakan dalam budidaya tanaman obat.

Tes tertulis

Tes tertulis


Tes unjuk kerja

Tes uraian

Tes uraian


Lembar observasi

Sebutkan alat dan bahan yang digu-nakan dalam budidaya tanaman obat!

Pilih salah satu alat yang digunakan dalam budidaya tanaman obat. Jelas-kan bagaimana cara menggunakan alat tersebut secara benar!
Pilih salah satu alat budidaya tanam-an obat yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Demonstrasikan di depan kelas bagaimana cara menggunakan alat tersebut dengan benar!


PERTEMUAN 3

No
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

1.




2.


3.
Peserta didik dapat:
menjelaskan konsep budidaya tanaman obat berdasarkan kesimpulan yang diambil dari konsep-konsep yang diperoleh dari berbagai sumber belajar.
Menuliskan langkah-langkah prosedur budidaya tanaman obat secara sistematis.
melakukan perencanaan tahap-an budidaya tanaman obat.


Tes tertulis



Tes tertulis

Tes tertulis


Tes uraian



Tes uraian

Tes uraian

Jelaskan konsep budidaya tanaman obat yang kamu peroleh dari sumber belajar yang telah kamu pelajari!


Tuliskan langkah-langkah prosedur budidaya tanaman obat secara siste-matis!
Ambil salah satu contoh tanaman obat. Buatlah perencanaan sederhana tahap tahap budidaya tanaman obat tersebut!
























PERTEMUAN 4

No
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

1.



2.




3.



4.





Peserta didik dapat:
mengidentifikasi minimal 3 tanaman obat yang cocok untuk dibudidayakan.

memilih tanaman obat yang cocok untuk dibudidayakan berdasarkan kesesuaian de-ngan kondisi dan sumber daya wilayah setempat.
melakukan perencanaan tahap-an budidaya tanaman obat.


Melakukan praktik budidaya tanaman obat yang dipilih ber-dasarkan pertimbangan kesesu-aian dengan kondisi dan sum-ber daya wilayah setempat

Tes tertulis


Tes tertulis



Tes tertulis


Tes unjuk kerja


Tes uraian


Tes uraian



Tes uraian


Lembar observasi


Amati tanaman obat yang ada di sekitarmu. Sebutkan 3 tanaman obat yang cocok dibudidayakan di wilayah tempat tinggalmu!
Jelaskan tanaman obat yang cocok untuk dibudidayakan di tempatmu dengan mempertimbangkan kondisi dan sumber daya wilayah tempat tinggalmu!
Ambil salah satu contoh tanaman obat. Buatlah perencanaan sederhana tahap tahap budidaya tanaman obat tersebut!
Lakukan praktik budidaya tanaman obat dengan cara memilih satu tanaman obat yang ada di wilayah tempat tinggalmu! Lakukan dengan langkah-langkah yang sesuai dengan prosedur yang benar dan sistematis!

PERTEMUAN 5

No
Indikator
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

1.






Peserta didik dapat:
Mempresentasikan hasil prak-tik budidaya tanaman obat mulai dari perencanaan, persi-apan alat dan bahan, dan pro-ses penananam tanaman obat hingga tumbuh dengan baik.


Tes unjuk kerja


Lembar observasi


Buatlah laporan hasil praktik mulai dari perencanaan, persiapan alat dan bahan, dan proses penananam tanam-an obat hingga tumbuh dengan baik dan kemudian presentasikan di de-pan kelas dengan teman sekelom-pokmu!





















Lampiran 3. Rubrik Penilaian Keterampilan

LEMBAR PENILAIAN KETERAMPILAN

Nama Sekolah             :
Mata Pelajaran            :
Nama dan Nomor       :
Kelompok                   :

No.
Aspek Penilaian
Skor
Catatan
A
Observasi/Mengamati


1.
Relevansi


2.
Kelengkapan


3.
Pembahasaan


B
Diskusi


4
Keterampilan mengkomunikasikan


5
Keterampilan mendengarkan


6
Keterampilan berargumentasi


7
Keterampilan berkontribusi


C
Presentasi


8
Keterampilan menjelaskan


9
Keterampilan memvisualisasikan


10
Keterampilan merespon


D
Mencipta (Produk)


11
Proses


12
Hasil



Jumlah Skor



Rentang Skor              = 1 - 5              Skor 0  – 12     = Sangat Kurang
Skor minimal               = 12                          13 – 24   = Kurang
Skor maksimal = 60                          25 – 36   = Cukup
                                                                     37 – 48   = Baik
                                                                     49 – 60   = Sangat Baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAMPAH RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

  Rumah tangga memproduksi sampah setiap hari. Hal ini sesuai dengan aktivitas penghuninya. Sebagia besar berupa bahan organik, Misalnya sis...