Kamis, 07 Agustus 2025

Latihan Soal Sistem Pencernaan pada Manusia - Materi Kelas VIII SMP

 

Berdasarkan tabel makanan diatas, jawablah pertanyaan berikut
a. Jika seorang anak membutuhkan 2700 kalori, makanan apa saja yang bisa ada pada menunya agar kebutuhan kalorinya bisa terpenuhi. Upayakan menu kamu susun ada karbohidrat, protein, lemak, buah dan susu.
b. Jika anak SD yang sarapan pagi membutuhkan 1600 kalori untuk berolahraga pagi hari, menu makanan apa saja yang bisa disajikan untuk memenuhinya.

c. Ahmad membawa bekal di sekolah berupa 2 paket makanan kemasan dengan komposisi setiap hamburger terdiri dari 100 gr rori gandum, 300 gr daging ayam tanpa lemak, 200 gr keju, 100 gr brokoli dan 200 gt telur. Berdasarkan tabel tersebut, kandungan kalori untuk 2 paket makanan itu (ingat tabel diatas per 100gr - jika 200gr maka dikali 2 untuk mendapatkan kalorinya utuhnya) adalah …

d. berapa total kalori lemak yang ada pada menu tersebut?
e. Berapa jenis karbohidrat yang terdapat dalam daftar tersebut?
f. Coba uraikan jenis protein nabati dan hewai dalam dafrta makanan diatas!
g. manakah kandungan kalori yang paling kecil dan paling banyak untuk lemak dan protein?

Perhatikanlah gambar berikut

Apakah arti dari istilah berikut yang ada pada komposisi makanan kemasan diatas?

A. Saturated Fat 2g sebanyak 10%

B. Sodium 115 mr sebanyak 5%

C. Dietary fiber leas than 1g sebanyak 2%

D. Includes 11g addes sugars sebanyak 22%

Jelaskan zat aditif yanga ada dalam daftar komposisi makanan di atas!

A. Saturated Fat 2g sebanyak 10%

B. Sodium 115 mr sebanyak 5%

C. Dietary fiber leas than 1g sebanyak 2%

Includes 11g addes sugars sebanyak 22%


Perhatikanlah gambar berikut

Coba jelaskan makna titik panah ke lima dari bawah!

Perhatikanlah grafik hasil eksperimen tiingkat pencernaan protein pada telur dan waktu yang dibutuhkan. Berdasarkan tabel tersebut berapakah besarnya  persentase putih telur yang dicerna selama 8 jam dan 20 jam di dalam lambung ?

Apa kesimpulanmu dari tabel diatas?


Latihan Soal Literasi

Berdasarkan buku bacaanmu, Urutankan organ pencernaan yang tepat dari mulut hingga anus.

Apakah perbedaan proses pencernaan makanan secara kimiawi dan fisis serta organ mana terjadinya?

Pakah fungsi jinjot dan filus pada usus halus manusia?

Pakah fungsi enzim beriut!

a. lipase

b. pepsin 

c. tripsin

d. amilase

Apakah perbedaan fungsi antara pankreas, usus halus dan empedu?

Mengapa feses manusia berbau busuk dan tidak banyak mengandung air?

Apakah saja jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan protein?

Tuliskan bahan yang menjadai bahan pemanis dan pewarna alami!

Bagaimana cara menjaga kesehatan mata dan usus melalui menu makanan kita?

Menirak yang petnting bagi seorang lahragawan adalah.......

Jumat, 01 Agustus 2025

DEEP LEARNING PADA SISTEM PENCERNAAN MANUSIA - KENALI MENU MAKANAMU!

Pembelajaran mendalam (deep learning) menjadi konsep yang dipilih saat ini untuk strategi pembelajaran dengan mengacu pada pendekatan yang berfokus pada keterlibatan siswa secara aktif, bermakna, menyenangkan serta mendorong anak didik dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis, analitik untuk memecahkan masalah yang ada dalam diri maupun lingkungannya. Anak didik diarahkan mendalami konsep secara mendalam namu bukan menghafal informasi. Berikut cara yang ditempuh dalam mewujudkan pendekatan tersebut.

No

Jenis Kegiatan

Deskripsi singkat pelajaran

Linkungan Pengaruh

Dimensi Profil

Prinsip Pembelajaran

Pengalaman Belajar

Kerangka Pembelajaran Dominan

1

Identifikasi Peran Organ dan enzim pencernaan  makanan bagi tubuh manusia

Berdiskusi untuk membuat peta konsep atau mengisi tabel hasil kegiatan literasi dan  nonton video pembelajaran

Komunitas kelas

Kolaborasi

Komunikasi

Bermakna

Memahami

Lingkungan Pembelajaran

 

Pemanfaatan digital

2

Mengidentifikasi peran vitamin dan meniral dalam melengkapi proyek kecil “Sajian menu makananku di rumah”

Pengisian tabel dan rancangan kegiatan observasi diri

Komunitas kelas dan lingkungan keluarga

Penalaran kritis

kemandirian

Bermakna

Memahami dan mengaplikasi

Lingkungan Pembelajaran

 

Kemitraan pembelajaran

3

Refeksi  hasil proyek observasi menu makanan di rumah

 

Merancang identifikasi menu makanan untuk tiga aktivitas yang berbeda

Diskusi dan Tanya jawab  kegiatan pembelajaran

Komunitas kelas

Komunikasi

Kolaborasi

Bermakna

Memahami

Lingkungan Pembelajaran

4

Mengidentikasi ragam zat aditif dalam makanan untuk kegiatan proyek obesrvasi kandungannya dalam bahan makanan kemasan di lingkungan rumah

Pengisian table, diskusi dan tanya jawab serta penjelasan lembar proyek observasi

Komunitas kelas dan masyarakat lingkungan sekitar rumah

Penalaran kritis

Kewargaan

Bermakna

Memahami dan Mengaplikasi

Lingkungan pembelajaran

 

Pemanfaatan digital

 

Kemitraan pembelajaran

5

Menghitung kebutuhan kalori tubuhmu untuk rancangan menu manakanmu sendiri

Lembar kerja proyek  “Kenali Menu Makananmu”

Komunitas kelas dan lingkungan sekolah

Kemandirian

 

Kreativitas

Berkesadaran

Mengaplikasi

Praktik Pedagogik

6

Membuat dan menyajikan menu makanan kesukaanmu dalam tajuk “Kenali Menu Makananmu”

Makan bersama,

presetasi dan refeksi kegiatan proyek “Kenali Menu Makanmu”

Komunitas kelas, Lingkungan keluarga dan Maysyarakat sekitar rumah (Pasar / warung)

Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME

 

Kesehatan

Mengembirakan

Mengaplikasi

Praktik Pedagogik

 

Kemitraan pembelajaran

 

Pemanfaatan digital

Langkah proyek pembelajaran sain - IPA untuk sistem pencernaan manusia 

Pertama
Memahami peran organ pencernaan dalam menyuplai kebutuhan tubuh manusia. Kegiatan ini dilakukan pada pertemuan pertama dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang peran organ pencernaan makanan dengan baik. Pembelajaran dilakukan dengan model Problem Basic Learning (PBL) menggunakan kegiatan diskusi dan tanya jawab. Pengadaan lembar kerja berfokus pada kemampuan anak membaca dan menulis dengan baik. Media yang digunakan adalah video pembelajaran buatan guru, buku pegangan siswa, carta/torso serta infokus jika diperlukan Alat evaluasi yang digunakan berbentuk pilihan gamda untuk penilaian formatif.

Sampel Produk Pembelajaran : Zat Aditif dilingkunganku





Kedua
Memahami peran enzim dan kelenjar dalam proses pencernaan makanan. Kegiatan ini juga dilaksanakan pada pertemuan pertama dengan prosedur pembelajaran yang sama dengan pola berjenjang. Tugas observasi dilakukan dengan mengisi jenis makanan yang dikonsumsi saat sarapan, makan siang dan malam. Link kegiatannya adalah Survei identifikasi Makananmu Sendiri




Ketiga
Identifikasi menu makanmu di rumah. Pembelajaran diawali dengan identifikasi jenis vitamin dan mineral dalam makanan manusia . Link kegiatanya adalah Vitamin dan Meniral dalam Makanan Manusia  Selanjutnya siswa menuliskan refleksi berupa uraian jenis atau komponen makanan sehari-harinya dirumah. Kegiatan pembelajaran di pertemuan kedua, siswa diminta menuliskan pengalamannya dalam menu makanan yang pernah ada. Sumber pembelajaran berasal dari rumah sendiri. Produknya dapat berupa cerita atau tabel jenis makanan maupun peta konsep. Penilaiannya dilakukan dengan penilaian produk pembelajaran proses identifikasi dan refleksinya. 



Keempat.
Menelaah kandungan makanan yang ideal bagi tubuh. Siswa berdiskusi menelompokkan serta mengidentifikasi kandungan makanan yang ideal bagi tubuh untuk tumbuh sehat. Pertemuan ketiga, siswa dituntut dalam memilih makanan kesukaan untuk menu empat sehat lima sempurna. Arah pembelajaran dibantu dengan lembar kerja dan buku pegangan siswa. Analisa melalui pengmatan gambar menu dan tabel identifikasi menjadi tolak ukur ketercapaian tujuan pembelajaran. 

Kelima
Mengidentifikasi zat aditif dalam menu makanan. Bukan hanya berdiskusi dalam kelompok untuk memahami beragam zat aditif pada makanan namun kegiatan observasi dilakukan di lingkungan rumah sendiri.Kegatan ini tergabung dalam pertemua ketiga. Melibatkan masyarakat maupun keluarga.
Sumber : Lembar Kerja - LKPD Zat Aditif dilingkungan rumah




Keenam
Hitung kebutuhan kalorimu! Menakar kalori ideal yang dipengaruhi oleh aktivitas tubuh. Tugas ini diajaekan pada pertemuan keempat. Tujuannya agar siswa mampu meningkatkan kemampuan numerasi dalam menghitung jumlah kalori dari aktivitas yang berbeda. Link kegiatan pembelajaran : Ayo Kita Analisa Komponen Menu Makananmu!





Ketujuh
Marancang makanan sehat untuk tubuhmu! Inilah proyek besarnya. Siswa akan menyusun kebutuhan kalori tubuhnya dengan menyiapkan menu makan siang yang ideal untuk dirinya. Produk makanan dan analisa berbentuk poster menjadi bahan penilaian pada kegiatan pembelajaran ini. 
Kegiatan makan bersama teman dan guru di sekolah. Pada pertemuan keempat juga, kegatan ini direalisasikan. Acara makan bersama dalam kelas ceria menutup rangkaian kegiatan pembelajaran saat itu.
Produk pembelajaran 1 : Poster Menu Makanan Siswa
Produk pembelajaran 2 : Video Sajian Menu Makanan



Kedelapan
Kegiatan evalusi dan refleksi. Ada format penilaian pengetahuan secara menyeluruh digunakan untuk melihat ketercapaian siswa secara utuh dalam pembelajaran. Refleksi dan upaya tindak lanjut dilakukan agar ketercapaian pembelajaran dapat maksimal.







POSTER SARAPAN PAGI BUATANKU DAN ORANG TERCINTA - KARYA KELAS 8.1

 

















Rasya - Empat Hal Unik Dalam Praktek Genetika Dengan Menggunakan Tutup Botol Tetra Warna (Cerita Refleksi Terbaik)

Aku duduk bersama kelompokku yang hebat di kelas 9.3 SMP Negeri 17 Kendari. Kami semua siap untuk membuktikan hukum Mendel tentang pewarisan...