Senin, 21 September 2020

PERKEMBANGBIAKAN ASEKSUAL BUATAN TANAMAN ANGIOSPERMAE

 

Perkembangbiakan aseksual tanaman Angiospermae secara buatan, dapat dilakukan melalui:


1.      Cangkok

Pemilihan batang yang sesuai menjadi langkah awal dalam mencangkok. Batang muda dan terlalu kecil bisa menyebabkan kegagalan hasil. Lapisan cambium menjadi patokannya. Minamal memiliki diameter lebih dari 2 cm. Pengupasan kulit menjadi langkah selanjutnya. Agar sayatan baik, gunakanalah pisau atau alat pemotong yang tajam. Kulit dikupas secara melingkar. Upayakan cambium dapat dibersihkan dari batang. Tanah dan sabut menjadi penutup sayatan. Ini akan menjadi media tanam nantinya. Ikatan yang kuat akan menentukan kekokohan penutupan sayatan. Setelah akar tumbuh pada media tanam, dahan siap dipotong dan dipindahkan. Mangga, nangka dan jambu merupakan contoh tanaman yang bisa dicangkok.


2.      Merunduk

Merunduk berarti membenakan sebagain batang tanaman ke tanah. Pililah tangkai yang telah kuat. Panjang dan mudah dilenturkan menjadi syarat pemilihan tangkai. Ujung tangkai jangan sampai tertimbun. Jika tangkai telah berakar, tanaman baru siap dipindahkan.


3.      Mengenten

Banyak cara untuk memotong tanaman agar bisa disambung. Miring, zig-zag ataupun berimpit menjadi pilihannya. Penyambungan cambium menjadi salah satu faktor penting dalam mengenten. Itulah mengapa sering disebut menyambung. Artinya, kambium pada kedua batang tanaman dapat bersatu. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan sifat-sifat unggul dari kedua tanaman tersebut. Penyambungan tidak hanya dilakukan pada tanaman sejenis, akan tetapi dapat pula pada pohon yang berbeda. Misalnya antara terong hijau dan ungu.


4.      Okulasi

Okulasi berarti menempel. Caranya dengan menempalkan mata tunas tanaman lain yang sejenis. Tujuan perkembangbiakan buatan ini untuk mencari sifat-sifat unggul. Misalnya tanaman pertama memiliki perakaran dan batang yang kuat dan tahan terhadap hama. Tanaman kedua memiliki buah besar dan manis. Mata tunas tanaman kedua akan diambil dan ditempelkan pada batang tanaman pertama. Mata tunas yang muncul akan menhasilkan dahan yang memiliki sifat unggul kedua tanaman tersebut.


5.      Stek

Bagiamana cara petani menanam singkong? Batang menjadi sarana perkembangbiakannya. Dipotong meruncing pada bagian bawah lalu ditancapkan pada lahan yang telah diolah sebelumnya. Inilah yang disebut stek. Tanaman lainnya adalah bunga mawar. Pemisahan batang tanaman dari induknya merupakan cara yang efektif untuk perkembangbiakan secara buatan. Namun stek bukan hanya pada batang, tetapi dapat pula dilakukan pada daun. Tanaman cocor bebek dapat menggunakan stek daun untuk membiakannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...