Minggu, 27 September 2020

PENYEBARAN DAN PERKECAMBAHAN TANAMAN ANGIOSPERMAE

 


PENYEBARAN TANAMAN

 

Penyerbukan merupakan awal kegiatan reproduksi tanaman. Bagaiman cara tanaman melakukan migrasi? Tentu tidak seperti halnya hewan yang dapat berpindah tempat kapan saja. Isilah “migrasi” sebenarnya tidak cocok untuk tanaman. Secara sains dikenal dengan penyebaran tumbuhan. Jenis tanaman tertentu bisa saja tumbuh diseberang lautan. Jauh dari tempat awal mula ditemukan.

 Penyevaran itu dilakukan melalui biji. Organ tambahan ini tidak semua dimiliki tanaman. Setelah penyerbukan, tumbuhan Angiospermae akan membentuk biji melalui bakal buah (ovarium). Apakah tujuan tanaman melakukan penyebaran? Alasanya adalah kompetisi. Berlomba membentuk individu baru pada kawasan tertentu. Kemampuan tumbuhan beradaptasi menjadi kunci kelangsungan jenisnya. Setiap jenis tanaman bukan hanya berlomba penyerapan unsur hara dalam tanah. Ketersediaan air dan cahaya matahari yang cukup menjadi penyebab lainnya. Mengapa unsur hara, air dan cahaya berpengaruh terhadap kelangsungan hidupnya? Tentu kalian telah mempelajarinya pada materi sebelumnya.

Setiap tanaman memiliki biji yang bersifat khas. Inilah yang menyebabkan teknik penyebarannya menjadi berbeda. Pengelompokannya berdasarkan perantara peyebarannya. Tumbuhan ini memebutuhkan unsur alam untuk melakukannya, sehingga dikenal beberapa istilah dalam penyebaran biji tanaman.

 

A.    Anemokori

Apakah kalian pernah melihat biji bunga kamboja, kapuk, mahoni atau beberapa jenis alang-alang? Walaupun biji tanaman tersebut memiliki bentuk yang beragam, namun memiliki persamaannya. Umunya biji yang terbawa angina memiliki ukuran yang kecil dan ringan serta bersayap. Struktur tersebut menyebabkan mudah terbawa angin dengan jarak yang jauh dari induknya. Penyebarannya memanfaatkan tiupan angin yang kencang. Istilah sains untuk penyebaran biji tanaman melalui angin disebut anemokori.

 

B.     Hidrokori

Kelapa dan bakau merupakan contoh tanaman Angiospermae yang bersifat hidrokori. Hidro berarti air. Artinya tanaman ini penyebaran bijinya melalui perantaraan air. Biji kedua tanaman ini memiliki rongga maupun lapisan buah yang mudah mengapung diperairan. Sabut kedap air, lapisan endoderm yang berisi cadangan makanan, air buah, tempurung dan rongga udara pada buah kelapa mampu menjaga embrio tetap utuh selama perjalanan. Jenis Propagul rhizophora merupakan bakau yang memiliki buah yang panjang. Buah yang mengadung biji ini memiliki berat yang berbeda pada kedua ujungnya. Bagian yang memiliki biji memiliki akan lebih berat. struktur ini akan dapat melayang di permukaan air. Buah akan tertambat secara alami pada pesisir pantai yang sesuai untuk tumbuh.

 

C.     Zookori

Banyak hewan yang membantu peyebaran tanaman. Sesuai dengan jenis hewannya, zookori dapat dikelompokkan menjadi :

1)      Ornitokori (burung). Ukuran buah yang kecil menjadi alasan burung mengincar pohon beringin, gersen dan benalu. Biji keras yang terbungkus dalam daging buah yang tidak tebal menyebabkan dapat tertelan. Biji dapat tumbuh ditempat yang sangat jauh dari induknya melalui feses burung.

2)      Kiropterokori (kelelawar). Aroma yang khas pada malam hari yang lembab dapat menggugah kelelawar untuk memakan buah papaya atau jambu biji. Daging yang lunak, tebal dan manis menjadi incaran hewan ini saat kelaparan. Biji yang kecil pada bagian dalam daging buah dapat terbawa jauh melalui feses kelelawar maupun sisa makanannya yang jatuh saat terbang.

3)      Entomokori (serangga). Tumbuhan tembakau dan wijen penyebarannya bijinya melalui serangga (entomokori). Bukan hanya nekhtar yang disenangi serangga, buah dengan kandungan gula yang tinggi serta zat vitamin menjadi daya tarik serangga untuk mendatanginya. Salah satunya semut pada tanaman wijen. Hewan kecil ini akan membenamkan bijinya pada celah-celah tanah.

4)      Mamokori (mamalia). Kopi luwak sangat terkenal cita rasanya. Tahukah kalian bahwa biji kopi itu melalui proses pencernaan luwak? Feses yang mengandung biji kopi telah mengalami proses dalam tubuh hewan ini. Luwak merupakan jenis mamalia. Mobilisasi luwak dapat membawa biji lebih jauh dari tempat induknya secara alamiah. Proses penyebaran ini disebut mamokori.

 

D.    Antropokori

Manusia dapat membantu penyebaran biji tanaman, baik sengaja maupun tidak sengaja. Seorang pendaki gunung merasa kaget ketika mengamati celana panjang wol dan sepatunya penuh dengan biji rumput liar. Daya rekatnya sangat kuat karena memiliki bulu kecil yang tajam. Inilah cara tanaman untuk melakukan perluasan wilayah pengaruhnya. Terdapat beberapa tanaman budidaya yang ditanam secara sengaja oleh manusia melalui bijinya. Hal ini dilakukan dengan sengaja untuk pemenuhan kebutuhan hidupanya.

 

PERKECAMBAHAN

 

Bagaimanakah cara membuat sayur toge? Proses itu, sebenarnya merupakan perkecambahan. Biji tanaman kacang hijau yang direndaman akan pecah akibat tenakan air yang meresap ke dalam biji. Biji yang keras sebelum perendamanan dikatakan fase dormansi. Kedaan tersebut merupakan peristiwa biji tanaman yang mengalami fase istirahat. Secara alamiah, fase dormansi mengalami perbedaan waktu setiap tanaman. Biji kemiri yang keras akan membutuhkan waktu lama untuk pelapukannya sehingga dapat tumbuh menjadi kecambah. Pergantian musim (panas dan hujan) yang panjang dibutuhkan untuk proses pelapukan sehingga mengakhiri fase tersebut. Berbeda dengan kacang hijau, hanya butuh semalam perendaman.

 

Lembar Kerja Sswa

 Nama   .........................................kelas ............................Hari/Tanggal ....................................

 Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan (Penyebaran-Perkecambahan Angiospermae)

Tujuan :           Mengidentifikasi jenis penyebaran tanaman Angiospermae dan proses perkecambahan

 

1.     1. Identifikasilah hasil pengamatanmu sebelumnya dengan melakukan studi pustaka tentang penyebaran tanaman angiospermae berikut.  

No

Nama Tanaman

Bagian yang berhubungan dengan penyerbukan bunga

Pembantu penyerbukan

Istilahnya

1

 

 

 

 

 

 

 

Anemokori

2

Kelapa atau bakau

Hidupnya di dekat air

Dapat mengapung di permukaan air

Memiliki rongga udara pada buah

Air

Hidrokori

3

 

 

 

 

 

 

 

 

Zookori

4

 

 

 

 

 

 

 

Antropokori

 

2.      2. Hewan apakah yang menjadi perantara tumbuhan angiospermae dari kelompok

a.       Entomokori = ……………………………………..contoh tumbuhannya …………

b.      Keripterokori = ……………………………………contoh tumbuhannya ………..

c.       Ornitokori = ………………………………………contoh tumbuhannya …………

3.     3.  Apakah perbedaan antara perkecambahan dan dormansi ? ……………………………........

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………........................................

4.      4. Mengapa tumbuhan mengalami dormansi? …………………………………………......................

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..contoh biji tumbuhan yang mengalami dormansi yang lama ………………….............................


SOAL 

 

1.      Manakah pernyataan yang tepat tentang perkecambahan dan penyebaran di bawah ini …

 

Penyebaran

Perkecambahan

a

jatuhnya serbuk sari di kepala putik setelah terjadi penyerbukan

terbentuknya endosperma dan zigot setelah peleburan sel sperma dan ovum

b

terbentuknya endosperma dan zigot setelah peleburan sel sperma dan ovum

jatuhnya serbuk sari di kepala putik setelah terjadi penyerbukan

c

berakhirnya masa dormansi pada biji untuk memasuki pertumbuhan

berpindahnya species tanaman yang jauh dari indukya

d

berpindahnya species tanaman yang jauh dari indukya

berakhirnya masa dormansi pada biji untuk memasuki pertumbuhan

 

2.      2. Jenis tanaman ini bercirikan Hidupnya didekat air, buah dapat mengapung di permukaan air serta memiliki rongga udara pada buah. Tanaman ini, proses penyebarannya bersifat …

a.       Antropokori

b.      Zookori

c.       Hidrokori

d.      Anemokori

3.      3. Tanaman yang cara penyebarannya bersifat antropokori adalah ….

a.       Dandelion dan Rumput Teki

b.      Padi dan Jagung

c.       Kelapa dan Bakau

d.      Pepaya dan Tembakau

4.      Salah satu faktor yang mempengaruhi lamanya waktu dormansi tanaman untuk berkecambah adalah…

a.       Tekstur dan ketebalan kulit biji

b.      Banyaknya daging buah dan ketingan pohon

c.       Banyaknya buah dan ukuran biji

d.      Berat buah dan tingkat kematangannya

5.      Biji kacang hijau yang direndam dengan air tidak mengalami petumbuhan kecambah karena…

a.       Biji mengalami pembusukan

b.      Biji mengalami keracunan alami

c.       Bijinya tidak dapat terbelah

d.      Bijinya mengami imbibisi

 

 

 

41 komentar:

  1. Rupanya pennyebaran tanaman dilakukan dengan berbagai cara. perantaranya sangat beregantung pada kondisi buah dan biji yang dimiliki tanaman. Setiap tanaman mempunyai ciri khas biji/buah yang berbeda. Memanfaatkan unsur alam untuk menyebarkan populasinya. Anemokori pada kamboja melalui angin, Hidrokori pada kelapa dan bakau melalui air dan tanaman gersen, beringin, jambu, pepaya melalui hewan sehingga disebut Zookori. (Amin Suratmin, 9.5)

    BalasHapus
  2. Setelah saya menyimak materi tentang penyebaran dan pekercembahan saya dapat menyelesaikan soal"di atas yang telah bapak kasih,,Saya dapat tau tentang cara penyebaran dan perkecambahan,,,Ayu Puspita Sari IX.6

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum...SITTI NUR AISYA 9.6
    Kesimpulan saya adalah.saya dpat mengetahui tentang penyebaran tanaman,bagian yang berhubungan dengan penyerbukan,pembantu penyerbukan,serta istilanya.setiap tanaman memiliki ciri khas.saya dapat mengetahui pengertian perkecambahan dan dormasi....perkecambahan adalah tahap awal perkembangan suatu tumbuhan khususnya tumbuhan berbiji sedangkan Dormasi adalah suatu keadaan berhenti tumbuhan yang di alami organisme hidup atau bagiannya sebagai tanggapan atas sesuatu keadaan yang tidak mendukung pertumbuhan normanl...Saya ucapkan terimakasih karena pembelajaran ini saya dapat mengetahui tentang penyebaran tanaman.

    BalasHapus
  4. Nama : Didi Alimudin
    Kelas : 9.1

    Setelah saya membaca materi tersebut saya mengetahui tentang penyerbukan Tanaman baik yang dibantu oleh Angin Contohnya seperti Bunga Kamboja, bantuan oleh hewan contohnya kelelawar yang memakan buah pepaya dimana buah yang dimakannya mengandung biji,dan biji tersebut terbawa jauh melalui feses kelelawar maupun sisa makanannya yang jatuh saat terbang ataupun manusia dimana penyerbukan Tersebut bisa dilakukan dengan segaja atau dengan tidak sengaja,
    dan sementara proses perkecambahan melalui bantuan air yang dimana masing2 tanaman yang melalui proses kecambahn membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Terima kasih

    BalasHapus
  5. Nama:sasta linda yani
    Kelas:9.2
    Dalam pembelajaran ini saya bisa mengetahui bahwa penyebaran biji terdiri atas anemokori,hidrokori,zookori,dan antropokori.
    Dan juga kita bisa membedakan apa itu dormansi dan perkecambangan

    BalasHapus
  6. Nama: junandar
    Kelas:9.1
    Kesimpulan saya adalah Setiap jenis tanaman bukan hanya berlomba penyerapan unsur hara dalam tanah,Ketersediaan air dan cahaya matahari yang cukup menjadi penyebab lainnya.contohnya untuk proses fotosintesis

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum. Wr.wb.
    Nama:muh malik
    Kls:9.1
    Dalam pembelajaran ini saya bisa mengetahui bahwa penyebaran biji terdiri atas anemokori,hidrokori,zookori,dan antropokori

    Serta saya mengetahui apa perbedaan kecambah dan apa itu dormansi

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum
    Nama : Lisa Nur Rahmah
    Kelas: 9.6
    Kesimpulannya: saya dapat memahami tentang penyebaran dan perkecambahan tanaman agiospermae , pengertian dormansi islah istilah penyebaran biji tanaman seperti anemokori , hidrokori , zookori, dan antropokori



    BalasHapus
  9. Nama : Dheo Aldy Saputra
    Kelas : 9.2
    Dari Pembelajaran ini saya mempelajari penyebaran dan perkecamnahan pada Tumbuhan. Saya juga mengetahui apa perbedaan penyebaran dan perkecambahan. Saya juga memahami dan mengenal beberapa Istilah Penyebaran, yaitu Anemokori, Hidrokori, Zookori, dan antropokori serta tumbuhan tumbuhannya. Saya juga mengetahui pembagian dari Proses penyebaran Zookri, yang terbagi menjadi 4 jenis. Dari pembelajaran ini saya juga mengetahui apa itu perkecambahan dan saya juga memahami apa itu dormansi, apa penyebab dormansi, dan faktor faktor dari Dormansi. Serta mengapa apa penyabab dari perbedaan waktu dormansi setiap Tumbuhan.
    Sekian Dari kesimpulan saya. Terima kasih

    BalasHapus
  10. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Nama: Muhammad Abin Rakasiwi
    Kelas: 9.1

    Setelah saya membaca dan mempelajari materi tentang penyebaran tanaman dan perkecambahan.
    Saya dapat mengambil kesimpulan bahwa "Migrasi" sebenarnya tidak cocok untuk tanaman. Secara sains di kenal dengan penyebaran tumbuhan.
    Dan saya pula dapat mengetahui cara penyebaran biji dan istilah untuk masing - masing perantara. Di antaranya adalah Anemokori, Hidrokori, Zookori, dan Antropokori. Serta proses - proses penyebaran tanamnya, dan bagian - bagian yang berhubungan dengan penyerbukan.
    Juga dapat membedakan antara Dormansi dan Perkecambahan. Dimana Dormansi adalah peristiwa pada saat biji mengalami masa istirahat. Berakhirnya masa dormansi biji adalah ketika biji mulai tumbuh menjadi tumbuhan baru yang di sebut dengan tahapan perkecambahan.
    Sekian dan terima kasih
    Wasallamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    BalasHapus
  11. Asalamualaikum
    Nama:Ade Rio Kenzo
    Kelas:9.2
    Dari pembelajaran hari ini saya mengetahui bahwa penyebaran itu dilakukan melalui biji,saya juga mengetahui istilah penyebaran yaitu anemokori,hidrokori,zookori,dan antropokori serta jenis jenis tumbuhannya dan saya dapat memahami tentang perbedaan perkecambahan dan dormansi.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum..
    Nama : Wa Ode Siti Amellia
    Kelas : 9.6
    Kesimpulan saya : Saya dapat memahami dan mengetahui tentang Anemokori,Hidrokori,Zookori,Antropokori. Mulai dari Nama tanamanya, bagian yg berhubungan dengan penyerbukan bunganya, bahkan pembantu penyerbukannya. Dengan adanya materi yg bapak berikan saya lebih mudah mengerjakan LKS dan Tes. Terima kasih Pak.

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum..
    Nama : firman Alifatullah
    Kelas : 9.6
    Jadi dari materi dan tugas di atas saya dapat mengetahui tentang Anemokori,Hidrokori,Zookori,Antropokori. Mulai dari Nama tanamanya, bagian yg berhubungan dengan penyerbukan bunganya, bahkan pembantu penyerbukannya. Dengan adanya materi yg bapak berikan saya lebih mudah mengerjakan LKS dan Tes.

    BalasHapus
  14. Assalamualikum
    Nama:Tasya novitasari
    Kelas:92
    Jadi dari pembelajaran hari ini saya dapat mengetahui bahawa penyebaran biji dapat saya ketahui istilah penyebaran anemokori,hidrokori,zookori,dan antopokori.

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum wr. Wb.
    Nama : Alung Ramadhan
    Kelas : 9²
    Dari pembelajaran hari ini saya mengetahui bahwa penyebaran itu dilakukan melalui biji, saya juga mengetahui apa perbedaan penyebaran dan perkembangan. Dari pembelajaran ini saya juga mengetahui apa yang di maksud perkecambahan , saya juga dapat mengetahui istilah dari penyebaran anemokori , hidrokori , zookori , dan antopokori
    Sekian kesimpulan dari saya

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum wr.wb.
    Nama: HASTINA
    Kelas:9.1
    Dari materi diatas sya dapat mengetahui beberapa pengetahuan tentang penyebaran tanaman angiospermae, berbedaan perkecambahan dan dormansi,alasan kenapa terjadinya dormansi dan contoh biji tumbuhan yg mengalami dormansi lama.

    Sekian dan terima kasih 🙏🙂.

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum wr. Wb.
    Nama:NOVI WULAN SARI
    Kelas:9.1
    Dari pembelajaran hari ini, alhamdulillah sy dapat mengetahui tentang penyebaran
    Tanaman adapun penyebarannya menjadi berbeda.pengelompokannya berdasarkan perantaran penyebarannya. Tumbuhan ini memiliki unsur alam untuk melakukannya, sehingga dikenal beberapa istilah dalam penyebaran biji tanaman brikut:
    -anemokori
    -hidrokori
    -zookori
    -antropokori
    Sy jgk dapat mengetahui perbedaan perkecembahan dan dormansi

    Sekian dan trima kasih🙏🙂

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum warahmatullahi
    Nama: Muhammad Fahqi Ramadhan A
    Kelas: 9.6
    Dari materi diatas sya dapat mengetahui beberapa pengetahuan tentang penyebaran tanaman angiospermae, berbedaan perkecambahan dan dormansi,alasan kenapa terjadinya dormansi dan contoh biji tumbuhan yg mengalami dormansi lama.

    Saya dapat mengetahui perbedaan perkecembahan dan dormansi

    Sekian yang saya dapat mengetahui nya terima kasih :)

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum wr.wb.
    Nama: Bintang Kamila Putri
    Kelas: IX-1
    Kesimpulan sy dari materi di atas adalah:
    Sy dapat memahami mengenai penyebaran dan penyerbukan pada tanaman angiospermae, perbedaan penyebaran dan berkecambah, dan mengetahui beberapa istilah dalam penyebaran biji tanaman diantaranya:
    -anemokori,-hidrokori,-zookori,dan -antropokori
    yang disertai dengan contoh tanamannya. Dan saya dapat mengetahui perbedaan antara perkecambahan dan dormansi.dan saya dapat mengetahui pengertian serta penjelasan dormansi.
    Sekian dan terimakasih 🙂
    Assalamualaikum wr. Wb.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr.wb.
    Nama: Bintang Kamila Putri
    Kelas: IX-1
    Kesimpulan sy dari materi di atas adalah:
    Sy dapat memahami mengenai penyebaran dan penyerbukan pada tanaman angiospermae, perbedaan penyebaran dan berkecambah, dan mengetahui beberapa istilah dalam penyebaran biji tanaman diantaranya:
    -anemokori,-hidrokori,-zookori,dan -antropokori
    yang disertai dengan contoh tanamannya. Dan saya dapat mengetahui perbedaan antara perkecambahan dan dormansi.dan saya dapat mengetahui pengertian serta penjelasan dormansi.
    Sekian dan terimakasih 🙂
    Assalamualaikum wr. Wb.

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum wr.wb

    Dari pembelajaran hari ini saya dapat memahami penyebaran dan perkecambangan tumbuhan agiospermar. Perkecambangan atau germinasi merupakan tahap awal perkembangan suatu tumbuhan khususnya tubuhan berbiji (kacang hijau). Penyebaran biji adalah pergerakan biji atau benih tumbuhan dari tumbuhan induknya adapun istilah-istilah penyebaran biji. Proses penyerbukan dengan bantuan angin (ANEMOKORI), proses penyerbukan dengan bantuan air (HIDROKORI), proses penyerbukan dengan bantuan hewan (ZOOKORI) dibedakan menjadi:1. Entomokori dengan bantuan serangga 2.Ornitokori dengan bantuan burung 3.kiropterokori dengan bantuan kelelawar 4.Mamakori dengan bantuan mamalia.dengan bantuan manusia antropokori.(Mutia maulana 9.2) terima kasih assalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum pak.
    Nama :Liza Salzabila Akhwa
    kelas:9.6
    Saya dapat mengetahui tentang penyebaran dan perkecembahan angiospermae seperti istilah penyebaran anemokori, hidrokori, zookori, dan antropokori. Saya juga dapat memahami dan mengetahui tentang perbedaan perkecembahan dan dormansi.

    BalasHapus
  23. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66
    -perang baccarat (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...