Minggu, 13 September 2020

STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN PADA DAUN TANAMAN DIKOTIL



Organ daun tanaman memiliki struktur yang unik. Tersusun atas beberapa jaringan dengan fungsi yang khusus. Tanaman monokotil dan dikotil memiliki karakteristik susunan jaringan yang berbeda. Jaringan yang terdapat pada daun adalah:

 

1.      Jaringan kutikula

 

Jaringan ini merupakan lapisan teratas daun. Beberapa jenis tanaman biasanya memiliki lapisan lilin ataupun bulu halus. Coba kalian perhatikan daun keladi dan Lantana camara. Apakah lapisan daun bagian atasnya berbeda? Bagian ini berfungsi sebagai pelindung. Lapisan ini dapat mencegah tanaman sehingga tidak kehilangan air yang berlebihan saat cuaca panas. Peranan jaringan ini pada tumbuhan darat sangat penting dalam menghindari kekeringan, menjaga penguapan yang berlebihan serta mencegah pengaruh buruk yang berasal dari lingkungan biologis (jamur).

 

2.      Jaringan epidermis atas

 

Jaringan ini berperan sebagai pelindung sel-sel di bawahnya. Struktur yang rapat memungkinkan untuk menunjang kerja sel di bawah dengan baik. Mengatur sirkulasi cahaya untuk fotosintesis.

 

3.      Jaringan pagar / palisade

 

Sesuai dengan namanya, bentuk selnya menyerupai batang/pagar. Tersusun vertikal yang sangat rapat. Banyaknya kandungan klorofil menyebabkan jaringan ini sangat berperan penting dalam proses fotoseintesis.

 

4.      Jaringan bunga karang / spons

 

Susunannya bagai bongkahan yang tidak teratur serta memiliki rongga yang banyak menjadi alasan pemberian namanya. Jaringan ini memang menyerupai struktur spons. Rongga ini berperan dalam penyimpanan atau penampungan udara dalam daun tanaman sebelum digunakan maupun dikeluarkan. Jaringan ini juga memiliki klorofil sehingga dapat berperan sebagai sarana fotosintesis. Kandungannya sangat sedikit bila dibandingkan dengan jaringan spons.

 

5.      Jaringan pengangkut

 

Bagian ini berada diantara sel-sel jaringan bunga karang. Seperti halnya pada batang, bagian ini terbagi atas dua bagian yakni :

a.       Jaringan Xilem yang berperan mengangkut air dan garam-garam meniral.

b.      Jaringan Floem yang berperan mengangkut hasil fotosintesis.

 

6.      Jaringan epidermis bawah

 

Pelindung daun dari arah bagian bawah menjadi fungsi utama dari jaringan ini. Uniknya pada tanaman darat, jaringan ini memiliki oleh stomata. Namun tanaman air, biasanya stomata atau mulut daun berada pada bagian atas (epidermis atas). Contoh tanaman air misalnya, teratai. Mulut daun memiliki sel tetangga dan penutup. Kerjanya sangat berhubungan dengan evaporasi air dari dalam tumbuhan. Sistim membuka dan menutup menjadi cara tanaman untuk mengatur penguapan air secara berkala.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...