Rabu, 21 Oktober 2020

Tugas Proyek : MEMASAK DAN MENYAJIKAN OLAHAN IKAN DENGAN CINTA DI KELUARGA

 


Ikan merupakan sumber daya hayati pereiran yang melimpah di Sulawesi Tenggara. Kekayaan alam perairan ini banyak mengandung protein, mineral dan omega 3. Bukan hanya jenis ikan laut namun ikan air payau namun ikan air tawar juga menjadi potensi kekayaan sumber makanan perikanan di Sulawesi Tenggara. Mengolah makanan siap saji dengan bahan ikan telah menjamur sebagai menu sajian restoran dan warung makan. Jika ke Kendari tidak lengkap kalau tidak mencicipi olahan ikan yang meragam jenisnya. 

Secara tradisional olahan ini bukan hanya bahan jadi akan tetapi ada yang bersifat setengah jadi. Tawoloho, parende, katamba, kaholeo, ikan bakar, kapinda merupakan jenis olahan tradisonal yang sudah dikenal luas. Melalui pembelajaran prakarya ini, kalian bisa mengolah dan menyajikan makana berbahan ikan dalam bentuk sajian makan siang atau malam bersama keluarga.


Lembar Kerja Siswa

Nama : …………………………………….Kelas : ……………Hari/Tanggal : …………………

Tujuan : MEMASAK DAN MENYAJIKAN OLAHAN IKAN DENGAN CINTA DI KELUARGA

Sumber Utama Bahan Literasi : (Buku Siswa) Nuswantari DSH dan kawan-kawan, 2018, Prakarya SMP/MTsKelas IX Semester 1, CV. Arya Duta – Depok. (Halaman 136-142)

Uraian kegiatan

  1.  Carilah informasi yang akurat tentang pengolahan makanan siap saji berbahan ikan dan cara penyajiannya. Kalian bisa memperolehnya melalui resep keluarga, membaca buku atau melakukan literasi digital.
  2. Konsultasikan dengan orang tua untuk menentukan jenis resep, waktu pembuatan makanan siap saji berbahan ikan serta menyajikannya sebagai menu makan siang atau malam keluarga di rumah.
  3. Tuangkan kreativitas dan inovasi mengolah dengan menuliskan urutan resep (nama masakan, alat dan bahan serta cara pembuatannya) pada selembar kertas.
  4.  Uraikan pula bagaimana cara penyajiannya untuk menu makan siang atau malammu.
  5.  Memanfaatkan alat, bahan serta olahan yang bersifat tradisional dan ada disekartmu sehingga menjadikan nilaimu akan lebih baik.
  6.  Fotolah saat mengolah (minimal 2 foto), Saat membuat sajian (minimal 2 foto) dan kebersamaanmu dalam santap siang dan malam bersama orang dirumahmu (Minimal 1 foto).
  7. Tugas proyek MEMASAK OLAHAN IKAN DENGAN CINTA DI KELUARGA dilakukan selama 3 hari (Jumat-minggu). Manfaatkan libur keluarga untuk membuat kebahagiaan kecil yang bermakna.
  8.  Beberapa contoh cara penyajian akan diperlihatkan.

            Tagihan tugas proyek yang harus disetor adalah

a.       Tulisan resep dan cara penyajian pada lembaran kertas (tulis tangan dengan nama siswa, tulisan tangan orang tua tentang kebersamaanmu dirumah dan tanda tangan orang tua dibagian bawah)

Foto tulisan dan makanan yang telah disajikan dengan baik dan jelas

b.      Foto cara mengolah (minimal 2 foto) harus terlihat dengan wajah siswa

c.       Foto cara menyajikan (minimal 2 foto) harus terlihat dengan wajah siswa

d.      Foto kebersamaanmu dengan orang tua di rumah ( minimal 1 foto)

e.       SEMUA FOTO DISATUKAN LALU DIKIRIM DI WA GRUP KELAS

 


Format Penilaian Produk

FORMAT PENILAIAN KETERAMPILAN PEMBELAJARA PRAKARYA

MATERI  : MEMASAK DAN MENYAJIKAN OLAHAN IKAN DENGAN CINTA DI KELUARGA

Kelas               : ………….  ..................                                                   

Hari/Tanggal   : ……………………….

Kelompok       : …………. ..................                                                    

Nama Guru     : ………………………

 

No

Nama Siswa

Unjuk kerja

Jml

Nilai

Kerjasama

Disiplin

Resep

Pemyajian

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

Dilakukan melalui pengamatan foto

Kerjasama : Ada bantuan orang tua, melakukan dengan santai, ada tanda tangan dan komentar orang tua

Disiplin: Ketepatan waktu (Lebih cepat,Cepat,Lambat,Terlambat)(Hari 1, Hari ke2, hari ke3, lebih hari)

Resep: Nama olahan, alat yang dipakai, bahan yang digunakan dan cara pembuatannya

Cara Kerja : Hanya menggunakan bahan alam/tidak berbahaya, bersih, tata letak baik, warna menarik

Acuan skala 0-4

Acuan nilai

4 = Semua komponen terpenuhi,  3=satu komponen kurang, 2=dua komponen kurang

1= tiga komponen kurang 0 = tidak ada komponen yang terpenuhi

 

Kendari, ……………………….

Guru matapelajaran

 

 

 

 

…………………………………

NIP ……………………………








55 komentar:

  1. Oke...sofia rahma yanti kls 9.4

    BalasHapus
  2. Muhammad Ibrahim Syahputra Okee
    9.4

    BalasHapus
  3. Abdillah Ikhlasul Wahhab IX - 3, oke.

    BalasHapus
  4. Muhammmad Abin Rakasiwi 9.1 OKE

    BalasHapus
  5. Ade Rio Kenzo 9.2,Oke

    BalasHapus
  6. Evan Hidayat 25 0kt0ber 2020
    Evan Hidayat 9.2 oke

    BalasHapus

BERDIFERENSIASI DI UJUNG TELUK

  Usai paparan materi, baru diri tersadar akan sebuah hal. Sekolah ini pernah menjadi jalan dalam menyusun skripsi dua puluh lima tahun lalu...