Senin, 21 September 2020

PERKEMBANGBIAKAN ASEKSUAL ALAMI TUMBUHAN ANGIOSPERMAE

Tumbuhan memiliki kemampuan berkembangbiak dengan cara aseksual. Ada yang bersifat alamiah dan bisa berbentuk buatan. Jika terjadi dari proses akibat kemampuan tanaman yang dipengaruhi oleh kondisi alam, maka disebut aseksual alami. Bantuan manusia menjadi faktor penentu perkembangbiakan tanaman secara buatan. Aseksual atau vegetatif berarti tanpa peleburan sel – sel kelamin jantan dan betina. Tidak kawin menjadi ungkapan lain reproduksi tanaman tersebut.

 Terdapat beberapa cara perkembangbiakan tanaman secara aseksual alami, yakni:

1.      Rhizoma


Kunyit, jahe dan lengkuas merupakan tanaman yang berkembang biak dengan rizoma. Bagian batang tanaman ini terbenan dalam tanah bersama akarnya. Banyak yang menyebutnya sebagai akar, namun cirinya menyerupai batang. Memiliki ruas dan buku. Kalian bisa membedakan antara ruas dan buku? Tunas baru akan muncul pada bagian buku. Inilah yang akan menjadi invidu baru.


2.      Stolon

Coba kalian perhatikan tanaman rumput. Apakah kalian masih menemukannya disekitar rumahmmu? Jika ada tanaman sroberi bisa menjadi obyek pengematanmu. Perhatikanlah batang tanaman tersebut yang tumbuh menjalar dipermukaan tanah. Inilah bagian yang dikenal dengan stolon atau geragih. Apabila tunas pada batang tersebut terpisah dari induknya, akan tumbuh menjadi individu baru.


3.      Umbi lapis


Bawang merah maupun bawang putih menjadi bahan yang terkenal pada bumbu masakan. Apakah kalian tahu, bagaimana kedua tanaman tersebut berkembang biak? Jika bawang dibelah, terlihat lapisan yang banyak sebagai penyusun umbinya. Itulah disebut umbi lapis. Struktur tersebut merupakan bagai helaian daun yang menebal sehingga berdaging dan lunak. Helaian itu akan mengerucut pada bagian bawah sehingga tidak mudah terlepas. Bagian ini disebut cakram. Sebenarnya umbu ini merupakan modifikasi daun dan batang tanaman.


4.      Umbi batang

Kuncup pada kentang menjadi sarana perkembangbiakannya. Kuncup ini biasa disebut mata tunas. Bagian yang terlihat berbeda dengan lekukan dan warna yang agak buram. Umbi kentang ini sebenarnya pembengkakan batang. Berisi cadangan makanan sehingga keberadaannya berfungsi ganda. Pada kondisi alam yang sesuai, mata tunas akan membentuk tunas. Individu baru ini akan memanfaatkan cadangan makanan untuk perkembangan awalnya. Hal yang sama juga terlihat pada tanaman ubi jalar.


5.      Tunas adventif daun

Bagian tepi daun cocor bebek memiliki sel-sel meristem yang senantiasa aktif membelah. Inilah yang menyebabkan daun tanaman ini memiliki tunas. Bagian ini berasal dari kuncup yang memiliki calon organ tanaman. Inilah yang disebut tunas daun adventif.


1 komentar:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    BalasHapus

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...