Sabtu, 21 Januari 2017

Seputar Pemilihan OSIS SMP Kartika XX-6 Kendari



TIM JUPITER MENAHKODAI OSIS KACAK

Riuh dalam demokrasi menghiasi jam pengembangan diri pada hari sabtu (21 Januari 2017). Hari ini seluruh kandidat perangkat teras OSIS SMP Kartika XX-6 Kendari bertaruh dalam kegiatan pemilihan pengurus baru Tahun Pembelajaran 2016/2017. Tempat pengumutan suara tersebar disetiap gazebo kelas yang ada. Setiap peserta didik yang dipandu oleh orang tua kelas secara bergiliran menentukan pilihannya.
Pemilihan kali ini diikuti empat tim calon perangkat OSIS yakni
No
Calon OSIS
Partai 1
Partai 2
Partai 3
Partai 4
Bumi
Bintang
Matahari
Jupiter
1
Ketua
Destyana RA
Astrid R
Wd. Feti Liliana
M. Idham H
2
Wa. Ketua
Wd. St. Vadillah
Reyna Oktavian
Wd.Mutiara A
Dian Sasnita
3
Sekertaris
Putri Julita W
Bella Siska R
Zikra Rahma A
Ni Nyoman Elma A
4
Wa. Sekertaris
M. Subhan Ali
Fajar Dwi P
Dimas W
Ruth Martika
5
Bendahara
M. Dermawan
Kesya Safakalla
Apriana
Nurul Aulia A
6
Wa. Bendahara
Adiba D S
Fadila Kairunisa
Saski Reyna
Muh. Alif A L

Pemilihan ini penting bagi keberlangsungan program OSIS serta menjadi kaderisasi kepemimpinan di SMP Kartika Kendari. Hal tersebut diungkapkan oleh Ibu Anthy selaku Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan. Lebih lanjut diungkapkan bahwa pemilu yang dilakukan mekanismenya sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya yakni bersifat khusus (warga sekolah kacak), bebas, langsung dan rahasia. Peserta pemilu adalah seluruh perangkat sekolah mulai dari Kepala Sekolah, Guru, Staf Tata Usaha dan Seluruh Siswa.
Rangkaian hari ini adalah rangkaian akhir setelah pihak panitia pemilihan menyelenggarakan penjaringan bakal calon melalui Dewan Perwakilan Kelas (DPK) pada kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada minggu pertama bulan Januari tahun ini. Kampanye setiap pasangan calon diberikan kesempatan selama seminggu yang berlangsung secara bergantian yang diatur oleh tim kampanye sekolah.
Setelah pemungutan suara dilakukan, Kelompok Pemungutan Suara melakukan penghitungan suara dengan rincian perolehan setiap pasangan calon adalah
No
Nama Partai
Jumlah Suara
1
Bumi
99
2
Bintang
85
3
Matahari
96
4
Jupiter
366

Berdasarkan perolehan suara itu M Idham H dan kawan-kawan yang tergabung dalam Partai Jupiter berhak menakhodai OSIS SMP Kartika XX-6 Kendari setahun kedepan. Dalam apel pengukuhan M. Pausi, S.Pd., M.Pd (Kepala Sekolah) mengungkapkan bangga akan kemampuan anak kartika dalam berdemokrasi. Hal ini menurutnya adalah tradisi turun temurun semenjak tahun delapan puluhan dan tetap terus terpelihara hingga saat ini. Beliau mengharapkan agar kepemimpinan OSIS yang baru tetap merekrut semua partai untuk maju bersama mengembangkan OSIS sehingga lebih maju dan berdaya saing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...