Selasa, 05 Oktober 2021

BULETIN SEVENTEEN : ASESSMEN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER BAGI WARGA "SEVENTEEN" DI SMPN 17 KENDARI

 


Asessmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan penilaian yang dilakukan pada setiap jenjang pendidikan (SD, SMP dan SMA atau SMK) baik negeri maupun swasta. Khusus SMPN 17 Kendari dilangsungkan pada Ruang Laboratorium TIK. Kegiatan ini dimulai sejak 4 hingga 5 Oktober 2021. Bagi sekolah menengah pertama, pesertanya merupakan siswa kelas 8. Siapa saja yang mengikutinya? begitulah pertanyaan yang banyak diutarakan oleh orang tua siswa. Hal ini disebabkan, tidak semua siswa diikutkan dalam penilaian nasional ini. Pesertanya ditunjuk langsung oleh pihak melenterian secara acak.

Masih ada kendala dalam pelaksanaanya. Masalah koneksi server yang terjadi saat uji coba terulang kembali dalam kegiatan hari pertama dan kedua. Begitulah yang diungkapkan oleh guru pendamping yang dutemui saat kegiatan berlangsung. Masih ada siswa yang datang terlambat menjadi gambaran lain pelaksanaan perdana ditahun ini. Ada pula siswa yang tidak dapat menyelesaian jawaban akibat terputusnya koneksi server. Terlihat suasana operator yang selalu berusaha membimbing dan memberi pemahaman pada siswa di ruang tes. Beberapa kali selalu memantau koneksi sabungan ke server untuk memastikan berlangsungnya kegiatan tes dengan baik.

Dibalik kendala yang terjadi beberapa siswa merasa senang mengikuti kegiatan ini. Nur Islami mengungkapkan, soalnya tidak susah dan bentuk soalnya telah diberikan gurunya, orang tuanya pun senang dirinya bisa ikut dalam ANBK tahun ini. Muhammad Agung Arasid juga mengungapkan nada yang serupa. Menurutnya hal yang tidak mengenakan ketika mau masuk tidak bisa dalam sistim. Fitri Handayani kelas VIII.7 merasa tidak mengalami kesulitan dalam mengoperasikan komputer. Siswa ini memiliki laptop di rumah untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah. Soal yang mudah dipahami menjadi kesenangan tersendiri dalam menjawabnya. Itulah ungkapannya saat ditemui diluar kelas. Siswa ini telah menyelesaikan kegiatan ANBK di hari kedua.

Guru SMPN 17 Kendari juga mengikuti kegiatan ini. Survei lingkungan belajar menjadi bahan penilaian. Pihak sekolah telah memberikan petunjuk cara pengesiannya. Token dan paspord diberikan untuk memudahkan akses dalam tes. khusus guru diberikan kebebasan pengisian survei melalui handphone pribadi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...