Sabtu, 23 Oktober 2021

LATIHAN SOAL - Pewarisan Sifat pada Manusia

 


LATIHAN SOAL PEWARISAN SIFAT

 Teknik menentukan prediksi keturunan pada pewarisan sifat mahluk hidup sangat unik. Cara yang sama namun hasilnya bisa berbeda. Keturunan pada tumbuhan sesuai hukum mendel mengenal dominan dan resesif yang merupakan implementasi Hukum Mendel. Hal yang sedikit berbeda pada pewarisan sifat manusia. Ada yang  membedakan sesuai dengan dominan dan resesifnya. Contohnya pada penentuan rambut atau warna kulit. Hal unik diperoleh saat penentuan silsilah kelainan sifatnya. Wanita pembawa atau carier sangat mempengaruhi hasil penghitungan keturunannya. Ada yang normal tanpa gejala, carier atau pembawa dan ada pula yang mengalami kelainan genetic. Hal tersebut terjadi pada penderita hemofilia, buta warna atau cuping telinga.

 

Nah! Untuk memahami lebih jauh ikuti video pembelajaran berikut. Klik link di bawah ini untuk menontonnya.

https://www.youtube.com/watch?v=uHa6mhMkYpo&t=75s

https://www.youtube.com/watch?v=QUMq_r2upLA

 

Untuk memperkaya pengetahuanmu tentang pewarisan sifat, bacalah buku siswamu. Selanjutnya, ayo Latihan soal! Selamat Belajar.

Untuk memperkaya pengetahuanmu tentang pewarisan sifat, bacalah buku siswamu. Selanjutnya, ayo Latihan soal! Selamat Belajar.

 

1.    Tanaman bunga mawar kembang merah heterozigot (Bb) disilangkan dengan tanaman bunga mawar kembang putih (bb). Lakukanlah pengitungan perbandingan rasio fenotip keturunannya. Berapa persen turunan tanaman bunga mawar yang kembangnya berwarna merah dominan?

2.    Jika kacang ercis bulat heterozigot (Aa) dilsilangkan dengan sesamanya menghasilkan empat kerununan yang berbeda. Bila salah satu tutunanya disilangkan lagi maka diperoleh perbandingan fenotipnya semua (100%) berbiji bulat , maka induknya adalah …

a.    AA  x  Aa

b.    Aa  x  Aa

c.    Aa  x  aa

d.    aa  x  aa

3.    Ceklis pada kolom yang memiliki pernyataan yang tepat tentang persilangan dihybrid pada filial kedua. Bagaimana jika tanaman kacang biji bulat hijau (BBKK) disilangkan dengan tanaman kacang biji kisut kuning (bbkk)

 

Kolom pasangan gametnya berjumlah 16

 

Perbandingan genotipnya 1 : 2 : 1

 

Sifat yang dibandingkan hanya satu setiap induk

 

Rasio fenotipnya 9:3:3:1

 

Memakai konsep hukum newton I tentang segregasi

 

Penerapan hukum mendel II pada penentuan turunanya

 

Membandingkan dua sifat beda

 

4.    Seorang lelaki bukan buta warna menikah dengan perempuan buta warna. Berapah prediksi persentase anak yang berjenis kelamin perempuan yang mengalami buta warna?

5.    Benar atau salah pernyataan berikut.

Jika hasil keturunan terdapat 50% bercuping terpisah, 25% karier dan 25% bercuping lengket berarti orang tuanya adalah ayah bercuping telinga terpisah dan ibu bercuping telinga lengket carier.

6.    Mengapa jenis rambut dan warna kulit merupakan sifat yang bisa diturunkan pada konsep pewarisan sifat manusia?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...