Jumat, 20 Agustus 2021

LKPD PRAKARYA KELAS VIII - KERAJINAN BAHAN LUNAK (CAMPURAN TEPUNG)

 


Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : …………

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan campuran tepung yang terdapat di sekitar kita.

Hari/tanggal : Sabtu, 21 Agustus 2021 Suhardin & Suratmin - SMPN 17 Kendari - Prakarya

RINGKASAN MATERI

Tulislah pragraf berikut di buku paketmu. Lalu tuliskan kesimpulanmu pada bagian bawah

Kerajinan bahan lunak ada yang dikenal dengan Flour clay. Istilah ini dapat bermakna, sejenis bahan berbentuk tepung untuk dibuatkan adonan. Karakteristik yang diinginkan diupayakan sedemikian rupa agar terlihat kalis dan lunak. Hal ini untuk mempermudah dalam membentuk wujudnya. Bentuk ini dikenal dengan istilah bentuk adonan tepung atau playdought. Pemanfaatan Flour clay biasanya untuk mengisi waktu dalam kegiatan rumah tangga. Waktu luang yang ada bisa menjadikan pembuatan kerajinan ini sebagai rekreasi sambil berkreasi dari rumah sendiri. Hal ini beralasan, sebab bahannya terdapat dirumah kita sendiri. Tentunya bisa bersifat murah dan mudah didapat. Perabot rumah tangga  misalnya sendok atau tempayan kecil bisa jadi alat yang efektif. Ini bisa menjadi peluang industry rumah tangga kecil-kecilan. Peluang bisnis ini bisa menunjang pemenuhan penghasilan tambahan bagi keluarga. Kreasi yang menari bisa terjual dengan harga tinggi. Semua tergantung dari kreatifitas orang yang membuatnya dan sesuai tuntutan tren dan kebutuhan pasar masa kini. Jika kalian tertarik, mari pelajari konsep pembuatannya. (Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud- halaman 29-32 dalam bentuk prafrase).

Kesimpulan apa yang bisa kamu tarik dari wacana tersebut? Tuliskan disini.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Ini menjadi nilai keterampilanmu hari ini


NILAI PENGETAHUAN

1.      Perahtikanlah alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan campuran tepung di bawah ini.

a.       Lengkapilah table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa

Tabel identifikasi alat yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan campuran tepung

No

Nama Alat

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

E

 

 

F

 

 

 

Perhatikanlah bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan campuran tepung di bawah ini

 

b.       Lengkapilah table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa

Tabel identifikasi bahan yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan campuran tepung

No

Nama Bahan

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

D

 

 

E

 

 

F

 

 

 

No

Nama Bahan

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

 

2.      Perhatikanlah Gambar Berikut

Tabel identifikasi  produk kerajinan campuran tepung tersebut

No

Nama kerajinan

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

D

 

 

 

 Perhatikanlah gambar berikut ini.


 

3.      Berdasarkan gambar-gambar jawablah pertanyaan berikut.

 

a.       Mengapa adonan tepung harus kalis?.............................................

b.      Apakah manfaat pewarna makanan?...............................................

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...