Jumat, 27 Agustus 2021

LKPD PRAKARYA KELAS VIII - KERAJINAN GIPS, SABUN DAN POLYMER CLAY

 Suhardin-suratmin/pbmdaring/2021/smpn17kendari/Lembar Kerja Peserta didik

Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : ………… 

 KERAJINAN GIPS, SABUN DAN POLYMER CLAY 

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan gips, sabun dan polymer clay yang terdapat di sekitar kita.

Hari/tanggal : Sabtu, …….September 2021 Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak Covid-19/Belajar dari rumah/2021


1.      Cermatilah bacaan berikut

 

Langkah awal pembuatan kerajinan gips adalah mengetahui bentuk karya yang akan dibuat. Sifat bahannya cair saat digunakan namun bisa mengeras setelah beberapa lama. Terdapat dua bentuk umum yakni relief (hanya terlihat satu sisi) dan menyerupai patung. Kesamaan keduanya adalah harus ada cetakannya. Silicon merupakan bahan utama pembuatan cetakan. Ada yang lebih mudah dan gampang pembauat cetakan yakni berbahan plastisin dan tanah liat. Pembuatan cetakan patung memang lebih rumit, ini disebabkan bentunya yang bersifat tiga dimensi. Tekninya memiliki banyak cara, sangat bergantung kreativitas pengrajin. Kerajinan ini bisa menjadi tabahan dekorasi rumah atau bahan koleksi.  

 

Sabun bersifat lunak yang mengandung zat kimia tertentu yang dipakai sebagai bahan pembersih. Sifat permukaannya licin, sedikit mengkilap dan lunak inilah yang menyebabkan dapat dibentuk menjadi sebuah kerajinan. Hasilnya bisa menjadi sebuah karya yang sangat unik. Bahan ini bisa menjadi sarana Latihan untuk mengukir. Bila telah mahir maka menjadi pengalaman untuk mengukir  bahan keras seperti batu maupun kayu. Ada dua Teknik untuk membuat kerajinan ini yakni diukir atau diparut. Ukuran yang kecil ini bahkan bisa dijadikan bubuk untuk sebuah adonan. Hasil parurat dapat pula dicetak saat sabun masih dalam adonan cair. Keadaan cair bisa dipadatkan untuk dibuat kerajinan yang beragam. Kamu bisa membuat aneka bentuk flora maupun fauna.

 

Polymer clay tidak terlalu dikenal oleh orang Indonesia sevara umum. Bahan kerajinan ini sangat popular di Amerika Serikat. Sifatnya seperti adonan kue. Hal ini karena telah dicampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi mirip adonan kue. Inilah yang menyebabkan dapat dengan mudah dibentuk. Bisa dibuat menjadi boneka yang lucu, bunga maupun hiasan lainnya. Bahan ini disenangi tidak mengotori tangan.  Kreativitas anak maupu pengrajin dapat membentuk hiasan yang unik melalui ketrampilan tangan sendiri. Setelah dibentuk cukup didiamkan beberapa saat untuk menjadi keras.

 

(Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud- halaman 44, 46 dan 49 dalam bentuk prafrase).

 

Berdasarkan wacana tersebut uraikan secara singkat perbedaan antara bahan kerajinan lunak gips, sabun dan polymer clay dengan melengkapi table berikut. (salin Kembali table ini lalu lengkapi)

No

Perbedaan

Gips

Sabun

Polymer Clay

1

Sifat bahan

 

 

 

2

Teknik pembuatan

 

 

 

3

Produk yang bisa dibuat

 

 

 


2. Bahan sabun yang mudah didapat, menjadikan alas an pemilihan bahan ini untuk dipelajari secara khusus. Perhatikanlah gambar berikut




Uraikanlah nama dan kegunaan alat dan bahan tersebut dalam pembuatan kerajinan sabun berdasarkan gambar diatas.

Bahan yang digunakan

a……………………………. fungsi ………

b…………………………… fungsi ……….

 

Alat yang digunakan

a……………………………. fungsi ………

b…………………………… fungsi ………

 

3. Perhatikanlah gambar berikut. Buatkanlah skema sederhana langkah utama dalam pembuatan kerajinan sabun tersebut.



       (Sumber Gambar : Suci P dkk, 2017, Buku Siswa Prakarya Kelas VIII Semester 1 Edisi revisi 2017, Jakarta – Kemdikbud. Halaman 40)

       Jawab :................................................................................................................

 

 4.  Kenalilah gambar kerajinan sabun berikut.

           Apakah kegunaan ketiga kerajian tersebut

a.       …………………

b.      …………………

c.       …………………

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...