Selasa, 17 Agustus 2021

BULETIN SEVENTEEN : SMPN 17 KENDARI GELAR UPACARA HUT RI KE-76

 

Semenjak subuh gerimis mulai menguyur sekitar Kelurahan Kadia. Mentari pun tidak tampak hingga menjelang pagi. Guyuran hujan lebat sesekali terjadi. Inilah penyebab lapangan upacara tidak pernah mengering. Namun bukan sebuah halangan bagi Warga SMPN 17 Kendari. Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun ini tetap dilaksanakan. Renovasi gedung berlantai juga manjadi tantangan lainnya. Sarana belajar ini memang tepat berada di depan lapangan upacara.

Upacara ini memang sangat penting dibanding peringatan hari nasional lainnya. Ini moment kemerdekaan. Tepat pagi hari 17 Agustus 2021, pesertanya telah bersiap di selasar gedung kantor. Perwakilan siswa, guru dan staf berbaur dalam barisan ketika Kepala sekolah telah berdiri di podium upacara. Pelaksananya memang unik. Pegawai perempuan ditunjuk untuk bertanggung jawab dalam peristiwa penting ini.

Pengibaran bendera berlangsung hikmat walaupun gerimis mulai mewarnai suasana tersebut. Pembacaan proklamasi dan lagu-lagu nasional yang beragam menjadi pembeda dari upacara lainnya. Keunikan lainnya, peserta upacara harus bermasker serta mengatur jarak. Ini disebabkan pndemi Covid-19 belum juga mereda. Siswa yang hadir pun sedikit. Mereka hanya perwakilan kelas dengan jumlah yang terbatas. Pembelajaran dari rumah menjadi alasannya agar tidak berkerumun dilingkungan sekolah.

Walaupun dilaksanakan dalam kondisi pendemi namun tidak menyurutkan semangat kemeriahannya. Pemotongan tumpeng, makan bersama serta beberapa atraksi kegiatan terbatas dilakukan setelah upacara. Wajah yang ceria mengisyaratkan kerinduan untuk melaksanakan tatap muka. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa orang guru maupun siswa walapun dengan nada yang berbeda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAMPAH RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

  Rumah tangga memproduksi sampah setiap hari. Hal ini sesuai dengan aktivitas penghuninya. Sebagia besar berupa bahan organik, Misalnya sis...