Kamis, 25 April 2024

SAMPAH RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

 


Rumah tangga memproduksi sampah setiap hari. Hal ini sesuai dengan aktivitas penghuninya. Sebagia besar berupa bahan organik, Misalnya sisa makanan, kulit buah, sayur, daun, ranting dan bahan pembungkus. Namun yang paling sering mendapatkan sosrotan adalah sampah plastic. Limbah an organic lain berupa pupuk atau bahan kimia, karet, baterei, kaleng maupun bahan pembungkus non organic.

 

Bagaimana cara agar sampah rumah tangga dapat dikelola dengan baik? Tentunya yang terpenting adalah menyiapkan tempat sampah yang terpisah dalam rumah. Hal ini harus pula diikuti dengan pembiasaan positif untuk disiplin dalam memilah sampah saat disimpan di tempat sampah. Tentu akan memudahkan untuk melakukan konsep reuse – reduce – recycle dengan baik.

 

Mengurangi penggunaan kantung plastic dapat dilakukan dengan memanfaatkan kantung kain. Bahan yang tahan serta dapat dicuci akan memberikan dampak pemanfaatan plastic yang minim. Kegiatan reduce ini dapat dilakukan pula dalam hal lainnya misalnya membawa tempat makan atau minum saat ke sekolah atau memanfaatkan wadah secara berulang dirumah. Memanfaatkan barang plastic secara berulang memang mambantu bumi dalam pencemaran sampah atau limbah jenis ini.

 

Pemanfaatan botol munum untuk menyimpan alat tulis menjadikan sampah tidak terbuang percuma. Memanfaatkan cangkir bekas untuk wadah tanam, kaleng untuk hiasan rumah, drum untuk tempat sampah dan vas bunga dari kaleng makanan. Hal-hal tersebut merupakan contoh kegiatan reuse dilingkungan rumah tangga.

 

Terdapat beberapa jenis sampah yang dapat diolah kembali. Walaupun wujudnya tidak lagi sama namun membawa manfaat besar dalam kehidupan manusia. Daun kering dari pohon yang tumbuh disekitar rumah dapat diubah menjadi kompos. Bahan pupuk organic ini dapat digunakan untuk kesuburan atau nutrisi bagi bunga maupun sayuran dipekarangan. Limbah tempurung kelapa juga bisa diolah menjadi briket arang untuk bakan bakar kebutuhan rumah tangga.

 

Terdapat tiga hal penting dalam konsep pengolahan sampah. Reuse adalah memanfaatkan kembali sampah yang masih bisa difungsikan lagi. Reduce merupakan kegiatan pengurangan sampah dari kegiatan manusia sehari-hari. Recycle adalah pengolahan sampah kembali sehingga dapat digunakan lagi.

 

Kini telah banyak produk daur ulang sampah. Beberapa mainan anak, asesoris rumah tangga, kelengkapan pakaian, perhiasan dan kelengkapan busana maupun kerajinan daur ulang lainnya adalah contoh yang mudah ditemukan.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SAMPAH RUMAH TANGGA DAN UPAYA PENANGGULANGANNYA

  Rumah tangga memproduksi sampah setiap hari. Hal ini sesuai dengan aktivitas penghuninya. Sebagia besar berupa bahan organik, Misalnya sis...