Minggu, 07 November 2021

TUGAS PROYEK PRAKARYA KELAS VIII - Olahan Kacang-kacangan

 



Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : …………

 

PRAKTEK MEMBUAT MAKANAN BERBAHAN KACANG

“Menu Buatan Sendiri di Keluarga Untuk Program Sarapan Bersama”

 

Tujuan : Merancang dan membuat produk makanan berbahan Kacang-kacangan dari lingkungan sekitar

 

Tanaman kacang-kacangan biasa juga disebut polong-polongan. Biji kacang banyak mengandung protein, karbohidrat, lemak maupun meniral yang dibutuhkan tubuh. Sebagain jenis kacang, kandungan lemak dan proteinnya memiliki komposisi yang lebih banyak. Zat besi kalium dan fosfor maupun beberapa vitamin adalah sebagian zat yang terkandung dalam biji kacang.

Bahan makanan ini rendah karbohidrat dan mengandung lemak jenuh. Oleh karena itu banyak pilihan olahan makanan terbuat dari bahan ini. Tempe dan tahu menjadi makanan yang familiar bagi masyarakat Indonesia. Kedelai menjadi bahan utama pembuatannya. Tenteng, peye, bubur kacang ijo, gado-gado, pecal dan sate daging kacang dalah contoh lainnya. Kerifan local pengolahan kacang di Indonesia sangat banyak. Hal ini disebabkan ragam tanaman polong-polongan begitu melimpah. Setiap daerah memiliki ciri khas cara pengolahannya.   

 

1.      Pililah jenis kacang berikut yang banyak terdapat di sekitar rumahmu.

a.       Kacang hijau

b.      Kacang tanah

c.       Kedelai

d.      Pete

e.       Kacang panjang

f.        Kacang mete

2.      Buatlah menu makanan untuk sarapan pagi dari bahan tersebut. Berbincang dan berdiskusi dengan orang dirumah untuk menentukannya. Sesuaikan dengan alat dan bahan yang tersedia. Menu menjadi makanan kesukaan masing-masing.

3.      Jangan lupa membuat catatan kecil tentang menu tersebut.

a.       Tuliskan nama yang unik untuk hasil buatanmu.

b.      Bahan dan alat yang digunakan harus jelas ditulis setelah judul. Ingat takaran maupun jumlah harus jelas ya!

c.       Uraikan secara sengkat dengan tulisan yang baik dan benar tentang cara membuatnya. Buat dalam bentuk pragraf untuk cerita bebas. Dapat pula membuat urutan poin perpoin. Gunakan tanda garis mendatar atau nomor jika dianggap penting.

d.      Mintalah orang tua (ayah atau Ibu) saudara atau orang yang tinggal serumah untuk memberi tandatangan pada kertas menu. Sampaikan pula agar dapat menuliskan sesuatu tentang kegiatan yang telah kamu lakukan. Jangan lupa menuliskan nama yang jelas.

4.      Pelajari melalui literasi digital tentang cara menyajikan makanan tersebut. Lihat beberapa contoh yang sesuai untuk menatanya ditempat makan yang sesuai. Siapkan pula segelas air (teh, susu, jus atau mineral biasa) sebagai pelengkap sarapan pagimu.

5.      Foto cara penyajiannya lalu kirim di WA kelas. Gunakan keahlianmu dalam fotografer kuliner. Buat menjadi menari dan sudut pandang yang baik.

6.      Bawalah hasil masakanmu, menu serta air (teh, susu, jus atau mineral biasa) sebagai pelengkap sarapan pagimu ke sekolah.

7.      Pada saat jam pembelajaran prakarya akan diadakan display, penilaian dan santap bersama

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...