Selasa, 09 November 2021

PENGAWETAN OLAHAN PANGAN - LKPD PRAKARYA KELAS VIII

 

Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : …………

 

PENGEMASAN OLAHAN FISIK DAN BIOLOGIS

SEREALIA, UMBI DAN KACANG-KACANGAN

 

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan pengemasan olahan umbi, serealia dan kacang-kacangan secara fisik dan biologis yang terdapat di sekitar kita.

 

Hari/tanggal : ………………………… Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak Covid-19/Belajar dari rumah/2021

 

A.    Pengawetan Fisik

 

Pengawetan olahan pangan secara fisik dilakukan melaui proses alamiah. Kegiatan pengawetan ini biasa dilakukan melalui suhu rendah (pendinginan), Suhu tinggi (pemanasan) dan Pengeringan. Bacalah buku siswa yang kamu miliki lalu identifikasilah perbedaan ketiganya. Isilah table dibawah ini untuk membantumu dalam melakukannya.

 

No

Teknik pengawetan

Caranya

Tujuannya

1

Pendinginan

 

 

2

Pemanasan

 

 

3

Pengeringan

 

 

 

Teknik pengawetan dengan pemanasan terbagi dalam sterilisasi, pasteurisasi dan blanching. Identifikasilah perbedaannya dengan mengisi table berikut

 

No

Teknik pengawetan

Caranya

Tujuannya

Contohnya

1

Sterilisasi

 

Mematikan penyebab penyakit dan toksin pada makanan

 

2

Pasteurisasi

 

 

Produk susu pasteurisasi

3

Blanching

Pemanasan awal yang dilakukan sebelum peawetan selanjutnya dilakukan

 

 

 

B.     Pengawetan Biologis

 

Pengawetan olahan pangan juga dapat dilakukan secara biologis. Proses ini biasa dilakukan dengan peragian/fermentasi dan enzimatis (melibatkan kerja enzim). Bacalah buku siswa yang menyangkut pengawetan melalui pemanfaatan enzim. Isilah titik dibawah ini agar kalimatnya menjadi bermakna.

 

Cara peragian atau fermentasi merupakan proses perubahan zat makanan dari …………….(1) menjadi …………..(2). Zat-zat yang bekerja pada proses ini ialah ………….(3) yang dibuat oleh ………….(4). Lamanya proses fermentasi atau peragian  tergantung dari …………..(5).

 

Enzim adalah suatu katalisator biologis yang dihasilkan …………..(6) dan dapat membantu mempercepat bermacam-macam reaksi………..(7). Enzim yang terdapat dalam makanan dapat berasal dari bahan mentahnya atau mikroorganisme yang terdapat pada makanan tersebut. Enzim dapat menyebabkan perubahan dalam bahan pangan. Perubahan yang terjadi dapat berupa ……., ………. dan ……….. (8) Beberapa enzim yang penting dalam pengolahan daging adalah ………..(9) dari nenas dan papain dari getah buah atau daun ………(10).

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...