Jumat, 05 Januari 2024

MATERI 7 : STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA - GEMPA BUMI

Ringkasan materi ini diambil dari buku siswa kelas VIII Kurikulum Merdeka. Sumber Bahan Bacaan ini adalah OkkyFajar Tri Maryana, dkk. 2021 Ilmu  Pengetahuan Alam Kelas VIII, Pusat Perbukuan Kemdikbudristek - Jakarta.

Gempa bumi adalah bencana yang dapat membawa kerusakan besar, baik pada bangunan, jalan, jembatan, alam, bahkan hingga merenggut nyawa manusia. Sesungguhnya dalam satu tahun terjadi 10.000-30.000 gempa bumi akibat pergerakan lempeng, baik secara konvergen, divergen, dan transform. Gempa bumi terjadi karena adanya gerakan lempeng bumi atau disebut juga gempa tektonik. Sebenarnya selain gempa vulkanik, terdapat beberapa jenis gempa yang terjadi dipermukaan bumi. Ragam gempa itu adalah :

a. Gempa vulkanik

b. Gempa Tumbukan

C. Gempa Runtuhan

d. Gempa Buatan

Akibat terjadinya gempa akan maka permukaan bumi akan bergetar dan tidak stabil untuk sementara waktu. Hal tersebut tergantung dari pusat dan kedalaman gempa yang dikenal dengan episentrum dan hiposentrum. Untuk memahami kekuatan gempa pada permukaan bumi perhatikanlah tabel berikut :


Gempa bumi melepaskan energi dalam bentuk getaran, yang disebut sebagai gelombang seismikGelombang yang merambat di dalam lempeng bumi berupa gelombang Primer (P) atau Sekunder (S). Perhatikanlah perbedaannya pada Gambar 6.16 di bawah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...