Jumat, 05 Januari 2024

MATERI 11 : STRUKTUR BUMI DAN PERKEMBANGANNYA - GUNUNG BERAPI

Ringkasan materi ini diambil dari buku siswa kelas VIII Kurikulum Merdeka. Sumber Bahan Bacaan ini adalah OkkyFajar Tri Maryana, dkk. 2021 Ilmu  Pengetahuan Alam Kelas VIII, Pusat Perbukuan Kemdikbudristek - Jakarta.

Indonesia termasuk dalam wilayah cincin gunung api Pasifik. Artinya Wilayah Indonesia banyak memiliki gunung berapi. Perhatikanlah peta cicin api di Indonesia berikut.

Indonesia memiliki sekitar 500 gunung berapi yang 127 di antaranya berstatus aktif (Sumber: https://www.esdm.g o.id/id/media-center/ arsip-berita/miliki-127-gunung-api-aktif-jadikan- indonesia-laboratorium-gunung-api-dunia).

Marilah amati ilustrasi bagian-bagian gunung api berikut. Dapatkah kamu mengenali bagian-nagiannya?


Kebanyakan gunung berapi terletak pada batas lempeng tektonik karena terbentuk dari pergerakan lempeng secara konvergen.. Inilah ragam gunung api yang ada di Indonesia.

tsunami besar juga pernah terjadi di Indonesia pada bulan Agustus tahun 1883 di Pulau Krakatau yang terletak di antara Pulau Jawa dan Sumatera. Tsunami ini terjadi karena letusan gunung berapi yang bernama Krakatau.  Manfaat Memiliki Banyak Gunung Berapi :

  1. Banyak sumber mineral dalam bentuk batuan bijih logam yang terletak pada batas lempeng
  2. Sumber energi berupa minyak bumi yang berasal dari fosil yang mengalami dekomposisi dalam jangka waktu berjuta-juta tahun
  3.  Terdapat gas bumi atau yang disebut sebagai energi geotermal.
  4. Membentuk tanah yang paling subur di bumi ini.
  5. Menyuguhkan keindahan alam sebagai salah satu daya tarik pariwisata suatu daerah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...