Jumat, 27 Agustus 2021

LKPD PRAKARYA KELAS VIII - KERAJINAN GIPS, SABUN DAN POLYMER CLAY

 Suhardin-suratmin/pbmdaring/2021/smpn17kendari/Lembar Kerja Peserta didik

Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : ………… 

 KERAJINAN GIPS, SABUN DAN POLYMER CLAY 

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan gips, sabun dan polymer clay yang terdapat di sekitar kita.

Hari/tanggal : Sabtu, …….September 2021 Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak Covid-19/Belajar dari rumah/2021


1.      Cermatilah bacaan berikut

 

Langkah awal pembuatan kerajinan gips adalah mengetahui bentuk karya yang akan dibuat. Sifat bahannya cair saat digunakan namun bisa mengeras setelah beberapa lama. Terdapat dua bentuk umum yakni relief (hanya terlihat satu sisi) dan menyerupai patung. Kesamaan keduanya adalah harus ada cetakannya. Silicon merupakan bahan utama pembuatan cetakan. Ada yang lebih mudah dan gampang pembauat cetakan yakni berbahan plastisin dan tanah liat. Pembuatan cetakan patung memang lebih rumit, ini disebabkan bentunya yang bersifat tiga dimensi. Tekninya memiliki banyak cara, sangat bergantung kreativitas pengrajin. Kerajinan ini bisa menjadi tabahan dekorasi rumah atau bahan koleksi.  

 

Sabun bersifat lunak yang mengandung zat kimia tertentu yang dipakai sebagai bahan pembersih. Sifat permukaannya licin, sedikit mengkilap dan lunak inilah yang menyebabkan dapat dibentuk menjadi sebuah kerajinan. Hasilnya bisa menjadi sebuah karya yang sangat unik. Bahan ini bisa menjadi sarana Latihan untuk mengukir. Bila telah mahir maka menjadi pengalaman untuk mengukir  bahan keras seperti batu maupun kayu. Ada dua Teknik untuk membuat kerajinan ini yakni diukir atau diparut. Ukuran yang kecil ini bahkan bisa dijadikan bubuk untuk sebuah adonan. Hasil parurat dapat pula dicetak saat sabun masih dalam adonan cair. Keadaan cair bisa dipadatkan untuk dibuat kerajinan yang beragam. Kamu bisa membuat aneka bentuk flora maupun fauna.

 

Polymer clay tidak terlalu dikenal oleh orang Indonesia sevara umum. Bahan kerajinan ini sangat popular di Amerika Serikat. Sifatnya seperti adonan kue. Hal ini karena telah dicampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi mirip adonan kue. Inilah yang menyebabkan dapat dengan mudah dibentuk. Bisa dibuat menjadi boneka yang lucu, bunga maupun hiasan lainnya. Bahan ini disenangi tidak mengotori tangan.  Kreativitas anak maupu pengrajin dapat membentuk hiasan yang unik melalui ketrampilan tangan sendiri. Setelah dibentuk cukup didiamkan beberapa saat untuk menjadi keras.

 

(Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud- halaman 44, 46 dan 49 dalam bentuk prafrase).

 

Berdasarkan wacana tersebut uraikan secara singkat perbedaan antara bahan kerajinan lunak gips, sabun dan polymer clay dengan melengkapi table berikut. (salin Kembali table ini lalu lengkapi)

No

Perbedaan

Gips

Sabun

Polymer Clay

1

Sifat bahan

 

 

 

2

Teknik pembuatan

 

 

 

3

Produk yang bisa dibuat

 

 

 


2. Bahan sabun yang mudah didapat, menjadikan alas an pemilihan bahan ini untuk dipelajari secara khusus. Perhatikanlah gambar berikut




Uraikanlah nama dan kegunaan alat dan bahan tersebut dalam pembuatan kerajinan sabun berdasarkan gambar diatas.

Bahan yang digunakan

a……………………………. fungsi ………

b…………………………… fungsi ……….

 

Alat yang digunakan

a……………………………. fungsi ………

b…………………………… fungsi ………

 

3. Perhatikanlah gambar berikut. Buatkanlah skema sederhana langkah utama dalam pembuatan kerajinan sabun tersebut.



       (Sumber Gambar : Suci P dkk, 2017, Buku Siswa Prakarya Kelas VIII Semester 1 Edisi revisi 2017, Jakarta – Kemdikbud. Halaman 40)

       Jawab :................................................................................................................

 

 4.  Kenalilah gambar kerajinan sabun berikut.

           Apakah kegunaan ketiga kerajian tersebut

a.       …………………

b.      …………………

c.       …………………

 


Rabu, 25 Agustus 2021

LKPD IPA KELAS VIII SEMESTER 1 - HUKUM NEWTON PEMBELAJARAN DARING

 Suratmin dan Suhardin - SMPN 17 Kendari - Pembelajaran Daring 2021

Pengantar pembelajaran: Kalian baru saja mengikuti vaksin Covid-19, jadi materinya agak ringan. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan hindari stress. Salam Sehat.

Jangan KAGET nonton videonya ya. ada banyak kejutan didalamnya.

Nama : ………………………Kelas : ………………. No. HP orangtua : ……………….

Pembelajaran : Jumat, 27 Agustus 2021

 

Tujuan Pembelajaran : Mengidentifikasi perbedaan hukum Newton I, II dan III dalam kehidupan sehari-hari


 Materi Singkat

 

Membedakan 3 jenis Hukum Newton secara secerhana dengan mementukan sifat atau kerja bendanya.

Hukum Newton 1 : Benda senantiasa berusaha untuk tetap diam ditempat (Inersia)

Hukum Newton II : Benda berpindah dengan kecepatan tertententu (a) dengan dorongan gaya F yang dipengaruhi oleh masa benda (m)

Hukum Newton III adalah kerja dua benda yang saling bertumbukan sehingga ada yang bersifat aksi dan ada yang bereaksi.

 

NILAI KETERAMPILAN

 

Nontonlah videi berikut:  kilik di sini https://youtu.be/n2nb9z15Pn8

Tulsikanlah kesimpulanmu pada kolom komentar youtube tersebut. Jangan Lupa menuliskan nama dan kelas dengan jelas. Ini akan menjadi nilai keterampilanmu pada pembelajaran kali ini.

 

 

NILAI PENGETAHUAN

Salinlah table di bawah ini. Klasifikasikan peristiwa berikut dalam Hukum Newton I,II atau III dengan cara menceklis (V) kolom yang tersedia dengan tepat. Cemartlah dalam mengisi ceklist agar nilai memuaskan.

 

No

Peristiwa

Termasuk dalam Hukum Newton …. (Ceklist salah satuV)

I

II

III

1

Dua ekor kijang yang saling beradu kekuatan. Keduanya terpental akibat saling mendorong satu sama lainnya

 

 

 

2

Seeskor Harimau jantan mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental jauh

 

 

 

3

Seekor ikan yang berenang kedepan akibat menggerakkan siripnya kebelakang.

 

 

 

4

Seorang joki kuda yang mengendarai kuda dengan kencang pada arena pacuan. Akan tetapi dia tidak berhasil masuk finis karena kudanya tiba-tiba berhenti mendadak. Diapun terpental kedepan, akibatnya dia terluka parah.

 

 

 

 

 

Salin Kembali contoh soal ini dibuku pelajaranmu.

Massa balok = 6 kg, F1 = 3 Newton, F2 = 5 Newton.

Berapakah besar dan arah percepatan balok?




Penyelesaian / Pembahasan
Diketahui :
Massa balok (m) = 6 kg
F1 = 3 Newton
F2 = 5 Newton
Ditanya : besar dan arah percepatan balok (a)
Jawab :

Resultan gaya yang ada pada balok adalah : ∑F = F1-F2 = 3-5 = -2N =resultannya = 2N ke kiri

a= ∑F/m

a= 2/6 = 0,3 m/s ke arah F2



BULETIN SEVENTEEN - SAPAAN GURU SAAT DARING (Ketentuan dan Jadwal Kegiatan Guru)

 

Hallo, Salam sehat buat kita semua.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan sekolah, anak-anak kelas IX.1, IX.2, IX.3, VIII.1, VIII.3 dan VIII.4 SMPN 17 Kendari akan Bersama Pak Suhardin dalam pembelajaran IPA dan Prakarya. Harapannya, kalian bisa disiplin mengikuti pembelajaran sesuai jadwal yang diberikan. Ini memang berat karena jadwal pembelajaran sangat padat. Banyaknya kelas dengan jenjang dan mata pelajaran yang berbeda membuat bapak guru sangat terbatas memiliki waktu luang untuk berkonsulltasi tentang pembelajaran. Jadi, gunakan waktu pembelajaran sesuai jadwal untuk berinteraksi. Lakukan konsultasi melalui media group on line kelas masing-masing. Sebenarnya, Pak Guru sudah mengusulkan jadwal ini untuk disederhanakan namun pihak sekolah tidak meresponnya. Mari belajar dengan penuh semangat.

 

Jadwal Dan Analisis Jam Pembelajaran Daring Semester Ganjil T.P 2021/2022

 

NAMA GURU           : SUHARDIN, S.Pd

NIP                             : 19730731 199903 1 006

JABATAN                  : GURU MADYA

PANGKAT/GOL       : PEMBINA TK I / IV.b

 

NO

HARI

WAKTU

KODE

KELAS

BEBAN PBM

TOTAL JP

1.

Senin

08.00 – 14.00

Piket Guru

WFO

Melaksanakan Kegiatan Piket Sekolah.

Penyederhanaan RPP, Penyiapan LKPD, Pembuatan Media On line, Publikasi bahan ajar pada blog dan youtube buatan guru dan penyiapan interaksi siswa pada media pembelajaran on line Group kelas

2 JP

2.

Selasa

08.00 – 09.40

 

 

09.41 – 14.00

E.1

IX.1, IX.2 dan  IX.3 (IPA)

Melaksanakan Pembelajaran IPA

Mengkooordinasikan kegiatan pengumpulan hasil kerja siswa

15 JP

3.

Rabu

08.00 – 14.00

Mandiri

IX.1, IX.2 dan  IX.3 (IPA)

 

VIII.1 (IPA)

 

VIII.3 dan VIII.4 (Prakarya)

Penyederhanaan RPP, Penyiapan LKPD, Pembuatan Media On line, Publikasi bahan ajar pada blog dan youtube buatan guru dan penyiapan interaksi siswa pada media pembelajaran on line Group kelas

24 JP

 

Kamis

08.00 – 14.00

Mandiri

IX.1, IX.2 dan  IX.3 (IPA)

 

VIII.1 (IPA)

 

VIII.3 dan VIII.4 (Prakarya)

Pemeriksaan dan penilaian hasil kegiatan pembelajaran siswa dan penyampaian kepada peserta didik (Refleksi pembelajaran umum)

24 JP

 

Jumat

08.00 – 09.40

 

 

09.41 – 14.00

E.1

VIII.1 (IPA)

Melaksanakan Pembelajaran IPA

Mengkooordinasikan kegiatan pengumpulan hasil kerja siswa

5 JP

 

Sabtu

08.00 – 09.40

 

 

09.41 – 14.00

J.3

VIII.3 dan VIII.4 (Prakarya)

Melaksanakan Pembelajaran Prakarya

Mengkooordinasikan kegiatan pengumpulan hasil kerja siswa

6 JP

 

Lampiran Jadwal PBM https://suhardin73.blogspot.com/2021/08/buletin-seventeen-jadwal-pembelajaran.html

Dibuat sesuai jadwal pembelajaran SMPN 17 Kendari yang dikeluarkan pada 9 Juli 2021 via WA Group SMPN 17 Kendari pukul 09.21 WITA

 

BERIKUT BAPAK AKAN SAMPAIKAN PROSEDUR PEMBELAJARAN DARING YANG DILAKUKAN

1. komunikasi (bertanya, konsultasi dan penyetoran lkpd hanya dilakukan melalui grup belajar) jadi tidak diperkenankan menjapri. hal ini berhubungan dengan kemampuan hp dalam menyimpan data.

2. penyetoran lkpd dimulai sejak pembelajaran dibuka hingga jam 7 malam.

3. setiap lembar lkpd harus mencantumkan nama, kelas dan no hp orang tua. ini untuk menghindari pencurian lembar jawaban.

4. foto yang dikirim harus jelas dan terbaca. carilah tempat terang untuk mengambil gambar dan hindari memotret pada malam hari.

5. lkpd jangan terpotong, miring, terbalik atau buram saat diaploud.

6. siswa yang menyetor lebih awal akan mendapatkan nilai terbaik jika jawaban dianggap baik. maka secepatnya mengirim jika telah selesai. semakin lama akan makin mengurangi nilainya.

7. bagi siswa yang berhalangan hadir atau terdapat gangguan internet agar menginformasikan saat diawal pembelajaran.

8.  ubalah foto profil dan nama yang sesuai dengan benar. lihat foto profil pak guru di wa. agar bapak mengenal kalian lebih dekat.

9.   jika ada tabel tulis lalu isi. jika memungkinkan gambar yang penting juga dibuat atau difoto secrenshot di hp.

10. bila ada hal yang tidak dipahami silahkan ditanyakan selama jam pembelajaran berlangsung (sesuai jadwal) melalui wa grup


Sebagai guru baru kalian, bapak akan mengajukan biodata keguruan, agar kita saling mengenal.

 

SUHARDIN, S.Pd.

Mandonga, 31 Juli 1973

NIP 19730731 199903 1 00Guru SMPN 17 KENDARI Pembina Tk I / IV.b

Masa Kerja 22 Tahun 7 Bulan

 

Penghargaan Negara

1.  Penerima  Tanda  Kehormatan Negara SATYALANCANA  PENDIDIKAN  dari

Presiden  RI, Kategori Guru Berprestasi Tahun 2019 - Jakarta

2.  Excellent Teacher and Principals of MOEC Republik Indonesia for

Training Program in China (China University Mining and Technology-Jiangsu) Tahun 2019 Jiangsu, China.

 

Prestasi Nasional

Juara 2 Lomba Keberhasilan Guru SMP tingkat nasional Bidang MIPA Tahu2011-Jakarta


Pemenang Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Kategori Guru pada Simposium GTK kemdikbud –2015-Jakarta


Pemenang Naskah Favorit Lomba Nulis Pengalaman Guru tahu2015 Yogyakarta

Naskah Terbaik (Top Ten) Menulis Pengalaman Guru tahun 2015 KomunitaGuru Menulis Indonesia-Yogyakarta

Top Ten (Peserta) Festival Video Edukasi 2016 Tingkat Nasional KategorGuru-Surabaya.

Peserta Terpilih Teacher Supercamp  - KPK (Guru menulis anti  KorupsiBidang Komik Tahun 2016-Bali.

Penulis Naskah 10 Terbaik Penyusunan Karya Tulis Guru Tahun 201P4TK IPA Bandung.-Jawa Barat.

Juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkat nasional BidanSORAK Tahun 2018-Bali.


Peringkat I Pemenang Sayembara Video Pendek Pembelajaran Terbaik Kategori guru SMP Tingkat Nasional (2020) Jakarta.


 Finalis Lomba Kreasi dan Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkanasional bidang MIPA, 2014 Bogor.

Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkat nasional bidanMIPA, 2016 Jakarta.

Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkat nasional bidanMIPA 2017-Bali.


Prestasi Pembinaan Siswa Level Nasional

1. Pembimbing/Pembina  Karya  Tulis  Siswa

2.  Medali  emas  Bidang  IPA  dan Lingkungan LPIR Tingkat Nasional 2010 - Yogyakarta

3.  Finalis Bidang IPS dan Kemanusiaan LPIR Tingkat Nasional 2011

Semarang

4.  Medali  emas  Bidang  IPA  dan Lingkungan LPIR Tingkat Nasional 2013 –

Bali

5.  Finalis Bidang IPS dan Kemanusiaan LPIR Tingkat Nasional 2014

Banjarmasin

6.  Finalis Lomba Jurnalistik Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2014-Yogyakarta

7.  Juara Harapan Lomba Jurnalistik Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2015- Semarang

 

Gerakan Literasi Nasional

1.  Pemilik 2 jenis HAKi (Hak Kekayaan Intelektual) Kemenkumham RI - 2019

2.  Penggagas Buletin Seventeen SMPN 17 Kendari - 2014

3.  Penggagas Buletin Kartika Biru SMP Kartika XX-6 Kendari -2015

4.  Penggagas Komunitas Menulis Seventeen (lima buku antologi hingga tahun

2020)

5.  Penulis dan menerbitkan buku tunggal ber-ISBN

 Aurora Kasih di Lahontohe (Fiksi-2017) 978-602-429-037-5, Pena Indis

 Eksperimen Sains Murali (Non Fiksi 2018) 978-602-468-277-4 CV Pustaka

Mediaguru

 Kaghati - Kecamuk Ghariza Hati Ibu (Fiksi 2018) 978-602-5692-16-1 CV.

Inthisar Publishing

 Berguru di Dunia Terbalik (Non Fiksi 2019) 978-602-409-587-3, CV Intishar

Publishing

 Keringat di Pelupuk Mata (Non Fiksi 2020) CV Kanaka Media

 Beberapa buku antologi : Cerita Tentang Pengelolaan Kelas 2, Kapur dan Papan

2, Ketika Pohon Pinus Menggugurkan Daunnya, Prakarya Expamnes Kreatif, Prakarya Expamnes Inovatif, Prakarya di Bumi Rindang, Sepenggal Kisah di Seventeen, Berguru pada Alam)

 Penulis Karya Tulis pada Jurnal Nasional (Al-Tabib, Unesa dan Didaktika)

 

Kegiatan Nasional Bidang Pembelajaran

-   Menjadi nara sumber / Pemakalah kegiatan literasi, kurikulum, seminar maupun simposium pada level Provinsi maupun nasional

 Instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan guru pembelajar IPA Tahun 2017.

 Instruktur Nasional Guru Matapelajaran Prakrarya Tahun 2015-2017.

 Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Provinsi Sultra 2015

 

Kegiatan pengembangan sekolah Tingkat Nasional

 Ketua Tim Sekolah Adiwiyata Tahun 2011 (Sekolah Adiwiyata Pertama di

Sulra Tingkat SMP)

 Ketua Sekolah Pionir Pengembangan Mutu Sekolah tahun 2017

 Pengurus Sekolah (SNN, Sekolah Sehat, Sekolah Lingkungan dan Sekolah

Ramah Anak)

Jabatan dalam Lingkup Sekolah

 Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana SMUN 1 Tikep (1999-

2000)

 Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Tikep (2000-2002)

 Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 17 Kendari (2005-2015)

 Kepala Laboratorium SMPN 17 Kendari (2018-2020)

Pengembangan Masyarakat

 Pengurus Dewan Pendidikan Kota Kendari (2012-2013)

 Pengurus Forum Ilmiah Guru Kota Kendari (2010-2013)

 Ketua MGMP Prakarya Kota Kendari (2015-2017)

-   Sekertaris Kerukunan Keluarga Masigi-Laghontohe di Kendari (hingga sekarang)


Kreasi Pembelajaran dari Botol Bekas