Jumat, 01 Agustus 2025

IDENTIFIKASI FUNGSI ORGAN PENCERNAAN MANUSIA - KARYA TERBAIK SISWA

 
Tugas ini bertujuan untuk melatih kemampuan literasi siswa dan menanamkan kebiasaan bersikap teliti, memiliki kreativitas serta menulis rapi dan teratur.








Senin, 21 Juli 2025

Tugas IPA - Observasi Lingkungan - Zat Aditif di Lingkungan Kita Sendiri

 LEMBAR KERJA TUGAS OBSERVASI LINGKUNGAN

ZAT ADITIF PADA MAKANAN KEMASAN

Nama : .......................................................Kelas : ...............................

Materi Singkat

Memahami Zat Aditif dalam Makanan Kemasan

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa makanan kemasan favorit Anda bisa bertahan lebih lama, terlihat lebih menarik, atau memiliki rasa yang konsisten? Jawabannya sering kali terletak pada zat aditif. Zat aditif adalah bahan yang ditambahkan ke makanan selama proses produksi, pengolahan, atau penyimpanan untuk tujuan tertentu. Meskipun sering kali memicu kekhawatiran, zat aditif memiliki peran penting dalam industri pangan modern.

Mengapa Zat Aditif Digunakan?

Ada beberapa alasan utama mengapa zat aditif digunakan dalam makanan kemasan:

  • Memperpanjang Masa Simpan: Ini adalah fungsi paling umum dari zat aditif, seperti pengawet. Pengawet membantu mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang dapat menyebabkan pembusukan makanan. Contohnya adalah natrium benzoat pada saus atau kalium sorbat pada produk roti.

  • Meningkatkan Penampilan dan Daya Tarik: Zat aditif seperti pewarna digunakan untuk membuat makanan terlihat lebih menarik dan menggugah selera. Misalnya, pewarna merah pada sosis atau pewarna kuning pada minuman. Selain itu, pemutih bisa digunakan untuk mencerahkan warna makanan tertentu.

  • Mempertahankan Konsistensi dan Tekstur: Pengemulsi dan penstabil membantu menjaga tekstur makanan agar tetap konsisten dan tidak terpisah. Contohnya adalah lesitin dalam cokelat yang mencegah pemisahan minyak dan air.

  • Meningkatkan Rasa dan Aroma: Penyedap rasa (seperti Monosodium Glutamat/MSG) dan penguat rasa digunakan untuk memperkaya atau menonjolkan rasa alami makanan, atau bahkan memberikan rasa baru. Antioksidan juga dapat mencegah ketengikan pada lemak, sehingga menjaga rasa.

  • Mempertahankan Nilai Gizi: Dalam beberapa kasus, zat aditif seperti vitamin dan mineral ditambahkan untuk memperkaya nilai gizi makanan, contohnya adalah fortifikasi pada susu atau sereal.

Jenis-jenis Zat Aditif Umum

Beberapa kategori zat aditif yang sering kita temui meliputi:


    Keamanan Zat Aditif

Penting untuk diingat bahwa penggunaan zat aditif diatur ketat oleh badan pengawas pangan di setiap negara, seperti BPOM di Indonesia. Setiap zat aditif harus melalui serangkaian uji keamanan yang ketat sebelum diizinkan untuk digunakan. Batas maksimum penggunaan juga ditetapkan untuk memastikan bahwa konsumsi dalam jumlah normal tidak membahayakan kesehatan.

Meskipun demikian, beberapa individu mungkin memiliki sensitivitas atau alergi terhadap zat aditif tertentu. Oleh karena itu, membaca label kemasan dan memahami kandungan zat aditif adalah langkah bijak bagi konsumen.

Ini contih kemasannya, kalian cari yang sesuai dirumah masing-masing







Minggu, 20 Juli 2025

PROYEK GAYA HIDUP BERKELANJUTAN - BERBIJAK DENGAN GAWAI - POSTER LINGKUNGAN KELAS 9.2

 


Bijak Bergaul dengan Gawai: Panduan untuk Siswa SMP

Di era digital ini, gawai seperti smartphone atau tablet sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita, tak terkecuali bagi siswa SMP. Dari mencari informasi tugas sekolah, berkomunikasi dengan teman, hingga hiburan, gawai menawarkan segudang kemudahan. Namun, seperti dua sisi mata uang, kemudahan ini juga datang dengan tantangan. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar kita, para siswa SMP, bisa berbijak dengan gawai?

Berbijak dengan gawai berarti kita mampu mengendalikan penggunaan gawai, bukan sebaliknya. Ini tentang menciptakan keseimbangan antara dunia digital dan kehidupan nyata. Yuk, kita pelajari beberapa langkah penting agar gawai bisa menjadi alat yang mendukung, bukan menghambat.

1. Kenali Waktu dan Prioritasmu

Pernahkah kamu merasa waktu cepat berlalu saat asyik bermain gim atau berselancar di media sosial? Ini sering terjadi! Kunci pertama berbijak dengan gawai adalah mengenali waktu dan prioritas.

  • Tentukan "Waktu Tanpa Gawai": Buat kesepakatan dengan dirimu sendiri atau orang tua. Misalnya, tidak menggunakan gawai saat belajar, saat makan bersama keluarga, atau setidaknya satu jam sebelum tidur. Waktu-waktu ini penting untuk fokus belajar, membangun ikatan keluarga, dan memastikan tidurmu berkualitas.

  • Prioritaskan Tugas Sekolah: Gawai bisa jadi pengalih perhatian nomor satu saat belajar. Letakkan gawai jauh dari jangkauan saat kamu mengerjakan PR atau belajar. Gunakan gawai hanya jika memang diperlukan untuk mencari materi pelajaran.

  • Manfaatkan Fitur Kontrol Waktu: Banyak gawai modern memiliki fitur digital wellbeing atau kontrol waktu penggunaan aplikasi. Manfaatkan fitur ini untuk membatasi durasi penggunaan aplikasi tertentu yang sering membuatmu lupa waktu.

2. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Penggunaan gawai yang berlebihan bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Mata lelah, sakit kepala, kurang tidur, hingga perasaan cemas atau insecure bisa muncul.

  • Atur Jarak Pandang dan Istirahatkan Mata: Jangan terlalu dekat saat melihat layar gawai. Setiap 20 menit, alihkan pandanganmu ke objek yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik (aturan 20-20-20). Ini membantu mengurangi ketegangan mata.

  • Posisi Tubuh yang Benar: Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk saat menggunakan gawai. Posisi yang salah bisa menyebabkan sakit leher dan punggung.

  • Cukup Tidur: Cahaya biru dari layar gawai dapat mengganggu produksi melatonin, hormon tidur. Hindari bermain gawai setidaknya satu jam sebelum tidur agar kualitas tidurmu tetap baik.

  • Batasi Media Sosial: Media sosial bisa menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi menghubungkan, di sisi lain bisa memicu perbandingan sosial dan tekanan. Ingatlah bahwa apa yang ditampilkan di media sosial seringkali adalah "versi terbaik" seseorang. Jangan biarkan itu membuatmu merasa kurang.

3. Bijak dalam Berinteraksi dan Berbagi

Dunia maya adalah ruang besar dengan banyak orang dan informasi. Penting bagi kita untuk bijak dalam berinteraksi dan berbagi.

  • Pikirkan Sebelum Mengunggah: Setiap yang kamu unggah di internet akan terekam dan sulit dihapus. Pikirkan baik-baik sebelum memposting foto, video, atau tulisan. Apakah ini sesuatu yang ingin kamu bagikan kepada semua orang? Apakah ini akan berdampak baik atau buruk?

  • Jaga Informasi Pribadi: Jangan pernah membagikan informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, atau jadwal harian kepada orang yang tidak dikenal di internet.

  • Hormati Privasi Orang Lain: Jangan mengambil atau membagikan foto atau video orang lain tanpa izin mereka.

  • Laporkan Konten Negatif: Jika kamu menemukan konten yang tidak pantas, bullying, atau hal-hal yang membuatmu tidak nyaman, jangan ragu untuk melaporkannya kepada orang tua, guru, atau fitur laporan di aplikasi tersebut.

  • Bersikap Sopan (Netiket): Sama seperti di dunia nyata, di dunia maya pun kita harus bersikap sopan dan menghargai orang lain. Hindari berkata kasar, menyebarkan hoax, atau melakukan bullying siber.

4. Manfaatkan Gawai untuk Hal Positif

Gawai bukan hanya untuk hiburan. Ada banyak sekali manfaat positif yang bisa kita dapatkan jika menggunakannya dengan benar.

  • Sumber Belajar Tanpa Batas: Cari materi pelajaran yang sulit, tonton video edukasi, ikuti kursus online, atau baca e-book. Internet adalah perpustakaan raksasa yang bisa kamu akses kapan saja.

  • Kembangkan Bakat dan Minat: Suka menulis? Ikut komunitas menulis online. Tertarik desain? Belajar dari tutorial di YouTube. Gawai bisa menjadi sarana untuk mengasah skill dan bakatmu.

  • Berkomunikasi Secara Efektif: Gunakan gawai untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman, terutama jika mereka jauh.

Penutup

Sebagai siswa SMP, kamu berada di fase penting dalam perkembangan diri. Gawai adalah alat yang hebat, namun bijak atau tidaknya penggunaannya ada di tanganmu. Ingatlah, gawai adalah alat bantu, bukan pengganti kehidupan nyata. Nikmati momen-momen di luar layar, jalin hubungan yang erat dengan orang di sekitarmu, dan gunakan gawai untuk mendukung impian serta cita-citamu. Dengan begitu, kamu akan menjadi siswa SMP yang bijak bergaul dengan gawai!


Pembagian Kelompok Kegiatan Proyek

 

No

Nama Siswa

Topik

1

Herlina

Sampah Non Organik

2

Alin Methano

Kebun Sekolah

3

De Abe Yunkhotimah

Sampah Organik

4

Fatir

Taman Sekolah

5

Putri Pujia Ningsih

Menanam Pohon

6

Wd. Sitty Nur Asiyah R.

Efek Rumah Kaca

7

Harlian

Sampah Non Organik

8

Revan

Pemanasan Global

9

Selvia Ningsih,

Pemanasan Global 

10

Ahmad Fajar

Taman Sekolah

11

Asira Dian Riayanti

Kebun Sekolah

12

Muh. Irfan Aditya

Pupuk

13

Sri Amelia Wulandari

Efek Rumah Kaca

14

Zaskia Reski Septia N

Sampah Organik

15

Caril Daffin Cirillo

Apotik Hidup

16

Inayah Zuhair

Daur Ulang Sampah

17

Muhammad Haidar Nur R

Komposter

19

Fadilah Khairunnis

Sampah Non Organik

20

Andi Resky Pratama

Kebun Sekolah

21

Muh Randi

Pupuk

22

Nur Azizah Nisa,

Menanam Pohon

23

M.Rizky P

Komposter

24

Azzayrah Khairunnisa

Apotik Hidup

25

Kresya Mutiara . P. Nala

Komposter

26

Naila

Menanam Pohon

27

Selvi Anastasya

Efek Rumah Kaca

28

Al Fatir

Taman Sekolah

29

Dwi Satriawiguna

Sampah Organik

30

Muh Abid Januar Risky

Poster: Pupuk

31

Ahmad Rifai

Taman Sekolah

32

Muhammad Randi

Pupuk

 







Sabtu, 19 Juli 2025

Apa Kata Mereka - The Voice of Science Class

 

  1. Pak suhardin sangat baik. pak suhardin sangat lah asikk, belajarnya tidak terlalu membuat kita tegang , dan cara mengajarnya selalu rileks (Kia Lutu)
  2. Asira dian riayanti - Pengalaman saya belajar bersama pak suhardin sangat menyenangkan.
  3. Belajar bersama pak suhardin sangatlah menyenangkan karena orangnya yang asik dan seru. (Herlina)
  4. FADILAH KHAIRUNNISA. - Belajar bersama Pak Suhardin sungguh berkesan; beliau menjelaskan materi dengan sabar dan detail.  Metode pengajarannya yang interaktif membuat pemahaman saya terhadap materi semakin dalam.  Pengalaman belajar bersama beliau akan selalu saya kenang sebagai pembelajaran yang berharga
  5. Muh Irfan Aditya - Pengalaman saya belajar bersama pak suhardin sangat seru
  6. Nur Azizah rahman- Pengalaman ku belajar bersama pak suhardin biasa saja.
  7. Pak Suhardin sangat baik (Dwi)..
  8. Pak suhardin sngat seru yang membuat pembelajaran menyenangkan. Pak suhardin sangat baik. (Abe Yunkhotimah).
  9. Muh Abit Januar Rizky- Pengalaman saya belajar bersama pak suhardin sangat baik.
  10. Ahmad Rifai - pengalaman saya belajar bersama pak suhardin sangat menyenangkan dan menarik mengajar nya selalu rileks
  11. Saya sangat senang karena pa guru menjelaskan tentang suatu materi dengan jelas. Cara belajar Pak Suhardin membuat saya tidak tertekan selama proses pembelajaran. Pak Suhardin sangat asik.(Revan)
  12. Inayah Zuhair - Dapat meningkatkan pemahaman tentang pembelajaran IPA, walaupun awalnya terasa sulit tapi karena mendapatkan guru yang baik saya bisa pelan-pelan memahami materi yang diberikan.
  13. Pak Suhardin sangan baik dan asik (Ahmad Fajar).
  14. Pak suhardin sangat baik dan asik. (Rexki)
  15. Selain mengajar, pak suhardin  juga selalu memberikan nasihat tentang kehidupan kepada kami semua. Ia mengajarkan kami untuk jujur, disiplin, dan tidak mudah menyerah. Dari beliau, aku belajar bahwa usaha tidak akan mengkhianati hasil.(Azzayrah K.R)
  16. Pak suhardin asik baik * *seru kalo mengajar (Iyan).
  17. Pak suhardin sangan baik dan asik (Rizky purnama).
  18. Pak guru saya suka kalau kita mengajar di IX. 2/9.2, pak guru asik, terus suka cerita-cerita. Cuma mines nya, pelajaran nya yang bikin stres, tapi seru pak. - WD. SITTY NUR AISYAH RASIDDIN
  19. Namaku :CARIL DAFFIN CIRILLO - Pengalamanku ku belajar dengan pak suhardin sangat seru dan suka bikin ketawa orang dan paguru imut dan lucu.
  20. Pengalaman ku belajar bersama pak Suhardin,pak Suhardin sangat baik. Pak Suhardin sangat ceria ,dan menyenangkan.(Selvia Ningsih).
  21. Pengalaman saya saat belajar bersama suhardin yaitu - Pak Suhardin Baik, AsikDan Saat Belajar tidak bikin tegang (Sri Amelia Yulandari).
  22. Pak suhardin sangat lah asik. pak suhardin sangat baik. (Putri pujia Ningsih).
  23. (Naila) Saya merasa senang saat pak guru mengajar di kelas kami. Pak guru mengajar kamu dengan baik dan sabar. Saat pak guru mengajar kami pasti ada lawaknya dan itu sangat seru dan asikk.
  24. (Alin Methano) Belajar bersama Pak Surhadin sangat menyenangkan karna Pak Surhadin orang nya asik dan seru. cara mengajar Pak Suhardin juga santai, tidak membuat tegang.
  25. Pak suhardin... Terima kasih sudah mengajari ku  tanpa mu aku tak jadi apa apa.... Pak sudardin sangat baik.... Dan asikk... Dan lawak (Al fathir)
  26. Muhammad Randi - Pengalaman saya bersama pak suhardin:- Pak suhardin Sangat baik dan asik dalam pembelajaran IPA.
  27. Pak Suhardin seru, 
  28. Pak Suhardin selalu bercanda yang membuat kita tertawa, dan tidak merasa bosan saat Pak Guru mengajar. Tetapi susah untuk memahami pelajaran IPA (Kresya Mutiara Prasca Nala)

Rasya - Empat Hal Unik Dalam Praktek Genetika Dengan Menggunakan Tutup Botol Tetra Warna (Cerita Refleksi Terbaik)

Aku duduk bersama kelompokku yang hebat di kelas 9.3 SMP Negeri 17 Kendari. Kami semua siap untuk membuktikan hukum Mendel tentang pewarisan...