Rabu, 15 September 2021

BULETIN SEVENTEEN - Kendala sosialisasi ANBK SMPN 17 Kendari Tahun 2021

 


Ruang Komputer pagi itu terisi hampir penuh. Seragam putih biru mulai terlihat didepan computer. Hari ini, siswa sampel mengikuti sosialisasi tahap kedua kegiatan asesmen nasional. Ujian berbasis computer ini berlangsung dalam tiga sesi.

Pelaksanaan selama dua hari (13-14/9) dipandu langsung oleh operator sekolah. Penggunaan computer, cara login, pengenalan bentuk soal, pengecekan kemampuan sarana dan jaringan serta menilai kemampuan pelaksanaan dilapangan menjadi tujuannya.

Siswa yang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan pilihan. Kemdikbudristek melakukan pilihan acak setiap sekolah di Indonesia. Hal merupakan persiapan pelaksanaan yang sebenarnya di bulan mendatang. Sebagaimana ketentuan yang dikeluarkan, hasilnya tidak akan mempengaruhi kelulusan siswa.

Sesuai keterangan operator dan pembimbing, masih terdapat beberapa kendala. Jaringan yang masih belum stabil sepenuhnya menjadi gambaran awalnya. Ada siswa yang belum paham penggunaan mouse serta pengetikan di computer merupakan cerita yang lainnya. Hambatan login, hilangnya nama siswa dari daftar, siswa yang tidak bisa hadir serta banyaknya pertanyaan siswa menjadi suasana yang mewarnai uji coba final tersebut.

Hambatan ini bisa menjadi catatan pembenahan. Hal ini penting sebab pengaruhnya akan berdampak pada kinerja sekolah. Hasil pencapaiannya menjadi catatan bagi sekolah untuk berbenah. Begitulah harapan pihak sekolah yang terungkap saat kegiatan yang berakhir siang itu. Pihak sekolah tidak berdiam diri. Pengenalan komputer dan materi literasi serta numerasi diakukan. Beberapa orang guru dilibatkan untuk memberikan sosialisasi mandiri internal. Walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, jadwal diatur agar pembelajaran di kelas tidak terganggu.

Buletin Seventeen - Pusdatin Sambangi SMPN 17 Kendari Melalui Membantik 2021

 


Merajut teknologi dalam pembelajaran memiliki banyak cara. Salah satunya dengan embuatan konten untuk pembelajaran. Sapa lalu mengenal lebih dekat. Begitulah ungkapan yang cocok untuk sosialisasi pembatik 2021. Makna judulnya berarti mengenalkan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sapaan Pusat Data Tekologi dan Informasi Kemdikbudristek menyambangi SMPN 17 Kendari sebagai salah satu dari 34 kota di Indenesia

Peserta kegiatan ini bukan hanya berasal dari bumi seventeen. Guru dari kabupaten lainpun hadir untuk berlatih singkat. Tercatat 22 orang guru dari berbagai jenjang dikdas berada di ruang pelatihan sejak pagi. Kegiatan sehari ini (15/9) dilaksanakan di Laboratorium Bahasa. Pemateri handal dihadirkan untuk mengenal lebih dekat lomba pembatik 2021. Ada kelebihan guru untuk berpartisipasi, konten pembelajaran dan rana mendidik menjadi keunggulan. Walaupun berkategori umum, guru memiliki kelebihan jika membuat medianya. Begitulah yang diungkapkan pihak Pusdatin saat membuka materi dipagi hari.


Kegiatan yang dibuka resmi oleh H. Jumrin Side selaku kepala sekolah menjadi asyik bagi peserta. Fokus pemaparan dan tanya jawab menjadi daya tarik ketika Master Herwin Hamid membawakan materi. Motivasi dan trik serta cara membuat motion grapic dan LabMaya dipaparkan dengan metode yang unik. Berbagai contoh dan solusi diberikan pada peserta. Sudah begitu banyak pelatihan yang kita ikuti, sayang jika tidak ditindaklanjuti untuk menghasilkan karya. Ini kesempatan yang baik untuk “memantaskan” karya sekaligus mendapat peluang untuk dinilai oleh para pakar. Sayang sekali, jika dilewatkan begitu saja. Ungkap pemenang berbagai lomba ditingkat nasional itu.

 



Materi lain yang dikenalkan adalah game edukasi dan Edugame. Keempat aspek ini menjadi cabang lomba dalam tahun ini. Ada uji coba kecil saat pelatihan. Tujuannya untuk melatih peserta dapat membuatnya. Diakhir sesi dipandu cara mendaftar dan unggah karya. Duta Rumah Belajar Sulawesi Tenggara, menuntun peserta tahap demi tahap. Ibu Duta, Irma Lismayani mengungkapan bahwa langkah yang ditempuh begitu mudah. Sebelum penutupan kegiatan digelar quis bagi peserta. 





Minggu, 12 September 2021

LKPD PRAKARYA KELAS VIII/1 SMPN 17 KENDARI - PENGEMASAN BAHAN KERAJINAN LUNAK

 

Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : …………

 

PENGEMASAN KERAJINAN BERBAHAN LUNAK

Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak Covid-19/Belajar dari rumah/2021 

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan getah nyalu, lilin dan fiberglass yang terdapat di sekitar kita.

Hari/tanggal : ............................................................................


1.      Cermatilah bacaan berikut

Setiap produk yang siap dipasarkan, tentunya kita perlu memikirkan kemasan untuk produk tersebut. Adanya kemasan dapat membuat produk kerajinan tahan lama dan terlihat lebih menarik, terlebih lagi jika yang dibuat bentuknya kecil dan rentan, seperti aksesoris. Kamu perlu mengetahui aneka kemasan yang dapat digunakan untuk memperindah karya kerajinan dari bahan lunak alam dan buatan. Misalnya, karya dibungkus kotak kardus, bahan tile yang transparan, atau plastik mika. Bagaimana dengan kemasan yang kamu lakukan pada bab terdahulu? Apakah ada yang menemukan bahan dan penampilan yang unik? Teruslah mencari informasi dari sumber bacaan dan seringlah melihat pameran karya. (Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud- halaman 52 dalam bentuk prafrase).

 

Kesimpulan apa yang bisa kamu tarik dari wacana tersebut? Tuliskan disini.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 

2.      Perhatikanlah gambar prosedur pembuatan kerajian sabun berikut berikut






3.      Berdasarkan garmbar tersebut, Buatkanlah rencana pembuatan kerajinanmu dengan mengisi prosedur kegaiatan berikut

1.      Apa yang kamu lakukan sebagai tahap persiapan/perencanaan pembuatannya?

-          Tema kerajinannya / idemu sendiri : ……………………………………………

-          Waktu pelaksanaan : ……………………………………………………………

-          Pembiayaan : ……………………………………………………………………

2.      Uraikan rencana pelaksanaan pembuatan yang akan kamu lakukan.

-          Menyiapkan alat/bahan yang dipakai : …………………………………………………….

-          Langlah-langkah pembuatan yanga akan dilakukan / uraikan rencana caramu membuatnya : ………………………………………………….

3.      Bagaimana cara kamu menilai karya itu? ………………………………………………………………

4.      Kamu akan manfaatkan untuk apa karya kerajinanmu?............................................................

 

Buatlah sebuah kerajinan berbahan linak yang kamu inginkan. Ikutilah prosedur pembuatannya seperti diatas. Kumpulkan pekerjaanmu di sekolah sebagai nilai keterampilanmu.

Rabu, 08 September 2021

LKPD - KONSEP PESAWAT SEDERHANA (IPA KELAS VIII SMP)

 suhardin - suratmin / daring smpn17kendari/2021


Nama   ..............................................kelas ........ No Hp Orang Tua : .....................

Hari/Tanggal : Senin dan Selasa (6-7 September 2021)

 

Judul                Pesawat Sederhana (Kantrol, roda berporos dan bidang miring)

Tujuan :          Perbedaan konsep katrol, roda berporos dan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari serta aplikasinya untuk menghitung keuntungan mekaniknya.

 1. Identifikasilah pernyataan berikut. Apakah termasuk konspe katrol, roda berporos dan bidang miring? (Berikan tanda ceklist atau v pada kolom yang tepat.

No

Peristiwa pada kehidupan

Katrol

Roda Berporos

Bidang miring

1

Sebuah roda di atas sebuah as roda  (penggerak roda) tujuannya mendukung pergerakan dan mengubah arah dari kabel atau sabuk yang dipasang.

 

 

 

2

Permukaan bidang datar yang memiliki suatu sudut, akan tetapi tidak tegak lurus terhadap permukaan horizontal. 

 

 

 

3

Besar keuntungan mekaniknya adalah perbandingan gaya beban (Fb) gaya kuasanya (Fk).

 

 

 

4

Keuntungan mekaniknya bergantung dari jumlah roda yang tetap dan bebas

 

 

 

5.

Roda gigi pada sepeda motor

 

 

 

6.

Roda berputar terhubung dengan sebuah poros sehingga dapat berputar bersama-sama untuk memperbesar kecepatan dan gaya.

 

 

 

7.

Mobil derek yang menarik mobil mogok

 

 

 

8.

Papan seluncur untuk menurunkan barang dari truk

 

 

 

9.

Keuntungan mekanis dapat dilihat dari perbandingan jari-jari antar kedua roda. Roda kuasa (R) dibandingkan dengan roda beban (r).

 

 

 

10.

Keuntungan mekaniknya bergantung pada perbandingan gaya beban dan kuasa atau perbandingan antara panjang dan tinggi papan seluncur.

 

 

 

2. Amatilah gambar berikut dan lengkapilah table di bawahnya. Kalian bisa menonton videonya di link ini. 


No

Jenis Tuas / Pengungkit

Nomor dalam gambar

1

Jenis Pertama

 

2

Jenis Kedua

 

3

Jenis Ketiga

 

3. Buatkanlah kesimpulan pembelajaran hari ini..........................................................


Kreasi Pembelajaran dari Botol Bekas