Rabu, 15 September 2021

BULETIN SEVENTEEN - Kendala sosialisasi ANBK SMPN 17 Kendari Tahun 2021

 


Ruang Komputer pagi itu terisi hampir penuh. Seragam putih biru mulai terlihat didepan computer. Hari ini, siswa sampel mengikuti sosialisasi tahap kedua kegiatan asesmen nasional. Ujian berbasis computer ini berlangsung dalam tiga sesi.

Pelaksanaan selama dua hari (13-14/9) dipandu langsung oleh operator sekolah. Penggunaan computer, cara login, pengenalan bentuk soal, pengecekan kemampuan sarana dan jaringan serta menilai kemampuan pelaksanaan dilapangan menjadi tujuannya.

Siswa yang mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) merupakan pilihan. Kemdikbudristek melakukan pilihan acak setiap sekolah di Indonesia. Hal merupakan persiapan pelaksanaan yang sebenarnya di bulan mendatang. Sebagaimana ketentuan yang dikeluarkan, hasilnya tidak akan mempengaruhi kelulusan siswa.

Sesuai keterangan operator dan pembimbing, masih terdapat beberapa kendala. Jaringan yang masih belum stabil sepenuhnya menjadi gambaran awalnya. Ada siswa yang belum paham penggunaan mouse serta pengetikan di computer merupakan cerita yang lainnya. Hambatan login, hilangnya nama siswa dari daftar, siswa yang tidak bisa hadir serta banyaknya pertanyaan siswa menjadi suasana yang mewarnai uji coba final tersebut.

Hambatan ini bisa menjadi catatan pembenahan. Hal ini penting sebab pengaruhnya akan berdampak pada kinerja sekolah. Hasil pencapaiannya menjadi catatan bagi sekolah untuk berbenah. Begitulah harapan pihak sekolah yang terungkap saat kegiatan yang berakhir siang itu. Pihak sekolah tidak berdiam diri. Pengenalan komputer dan materi literasi serta numerasi diakukan. Beberapa orang guru dilibatkan untuk memberikan sosialisasi mandiri internal. Walaupun dalam situasi pandemi Covid-19, jadwal diatur agar pembelajaran di kelas tidak terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...