Sabtu, 28 Agustus 2021

LATIHAN SOAL - SISTEM PENCERNAAN MAKANAN

 

Suhardin/suratmin - SMPN 17 Kendari 

Latihan Soal

1.      Jika seseorang mengalami gejala kegagalan pertumbuhan, kelainan kulit, gangguan system reproduksi dan menurunya kekebalan tubuh maka dia sebenarnya kekurangan asupan mineral berupa …

a.       Kalsium

b.      Magnesium

c.       Iodium

d.      seng

2.      Apabila seseorang mengalami kelebihan asupan karbohidrat maka bisa menyebabkan …

a.       Obesitas dan diabetes

b.      Gastritis dan anemia

c.       Diare dan konstipasi

d.      Diabetes dan diare

3.      Lemak tak jenuh tidak berbahaya bagi tubuh manusia, misalnya…

a.       Daging

b.      Minyak kelapa

c.       Minyak wijen

d.      Telur

4.      Setelah diuji makanan dengan menggunakan biuret, terlihat adanya larutan berwarna merah muda. Ini menandakan, makanan tersebut mengandung…

a.       Karbohidrat

b.      Protein

c.       Lemak

d.      Vitamin

5.      Agar seseorang tidak mengalami dehidrasi, seharusnya meminum air sehari sekurang-kurangnya …

a.       5 liter atau 20 gelas

b.      4 liter atau 16 gelas

c.       3 liter atau 12 gelas

d.      2 liter atau 8 gelas

6.      Apabila seseorang terinfeksi bakteri Helicobacter pylori, selalu stress, makan tidak tepat waktu, suka makan pedas dan asam maka akan dapat mengakibatkan…

a.       Hepatitis

b.      Gastritis

c.       Karies

d.      diare

7.      Mengunyak nasi secara berulang dalam mulut dalam waktu yang lama akan terasa manis karena…

a.       Molekulnya berubah

b.      Adanya gerak peristaltik

c.       Terjadi pencernaan mekanik

d.      Adanya aktifitas saliva

8.      Makanan yang ditelan tidak akan masuk dalam saluran pernapasan karena…

a.       Dorongan keras peristatik

b.      Berkontraksinya dinding osefagus

c.       Epiglotos bekerja dua arah

d.      Adanya HCL pada lambung

9.      Pencernaan mekanik dan kimiawi terjadi bersamaan dalam …

a.       Mulut dan kerongkongan

b.      Mulut dan lambung

c.       Kerongkongan dan lambung

d.      Lambung dan usus halus

10.  Fungsi enzim renin dan pepsin pada lambung adalah …

a.       Mengendapkan kasein dan membentuk pepton

b.      Membentuk pepton dan mengendapkan kasein

c.       Membunuh bakteri dan menetralkan basa

d.      Menetralkan basa dan membunuh bakteri

11.  Penyakit yang menyebabkan menguningnya kulit dan mata akibat peradangan pada hati dikenal dengan istilah …

a.       Gastritis

b.      Hepatitis

c.       Karies

d.      konstipasi

12.  apabila seseorang kurang menkonsumsi makanan berserat dan sedikit meminum cairan maka bisa memicu ….

a.       Gastritis

b.      Hepatitis

c.       Diare

d.      konstipasi

13.  Bakteri Entamoeba coli sangat berguna bagi penghancuran dan pembusukan sisa makan pada usus halus. Namun jika berlebihan akan menimbulkan…

a.       Gastritis

b.      Hepatitis

c.       Diare

d.      konstipasi

14.  Apabila seseorang mengalami gangguan pada proses penggumpalan darah saat luka bahkan bisa merusak hati serta memicu anemia, berarti…

a.       Kekurangan Vitamin K

b.      Kelebihan vitamin E

c.       Kurang calsium

d.      Kurang iodium

15.  Tinja manusia berbau busuk dan berwarna kuning akbiat…

a.       Aktivitas E.coli dan bilirubin

b.      Pengaktifan pepsin dan pancreas

c.       Gerak peristaltic dan insulin

d.      Kerja transversum dan desendens

16.  Kelebihan gula pada tubuh manusia bisa dinetralkan melalui kerja organ pancreas, karena…

a.       Dapat mengemulsi lemak menjadi gliserol

b.      Mengubah glokosa menjadi glikogen

c.       Menetralkan asam dan basa

d.      Memecahnya menjadi biliribun

17.  Fungsi penyerapan makanan dalam oragan pencernaan dilakukan oleh…

a.       Lambung

b.      Usus 12 jari

c.       Usus halus

d.      Usus besar

18.  Organ ini memiliki Panjang kurang lebih satu meter. Bentuknya ada yang naik, mendatar dan menurun. Bagian ujungnya berupa apendiks dan rectum. Bagian ini dinamakan …

a.       Lambung

b.      Usus 12 jari

c.       Usus halus

d.      Usus besar

Jumat, 27 Agustus 2021

LKPD PRAKARYA KELAS VIII - KERAJINAN GIPS, SABUN DAN POLYMER CLAY

 Suhardin-suratmin/pbmdaring/2021/smpn17kendari/Lembar Kerja Peserta didik

Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : ………… 

 KERAJINAN GIPS, SABUN DAN POLYMER CLAY 

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan gips, sabun dan polymer clay yang terdapat di sekitar kita.

Hari/tanggal : Sabtu, …….September 2021 Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak Covid-19/Belajar dari rumah/2021


1.      Cermatilah bacaan berikut

 

Langkah awal pembuatan kerajinan gips adalah mengetahui bentuk karya yang akan dibuat. Sifat bahannya cair saat digunakan namun bisa mengeras setelah beberapa lama. Terdapat dua bentuk umum yakni relief (hanya terlihat satu sisi) dan menyerupai patung. Kesamaan keduanya adalah harus ada cetakannya. Silicon merupakan bahan utama pembuatan cetakan. Ada yang lebih mudah dan gampang pembauat cetakan yakni berbahan plastisin dan tanah liat. Pembuatan cetakan patung memang lebih rumit, ini disebabkan bentunya yang bersifat tiga dimensi. Tekninya memiliki banyak cara, sangat bergantung kreativitas pengrajin. Kerajinan ini bisa menjadi tabahan dekorasi rumah atau bahan koleksi.  

 

Sabun bersifat lunak yang mengandung zat kimia tertentu yang dipakai sebagai bahan pembersih. Sifat permukaannya licin, sedikit mengkilap dan lunak inilah yang menyebabkan dapat dibentuk menjadi sebuah kerajinan. Hasilnya bisa menjadi sebuah karya yang sangat unik. Bahan ini bisa menjadi sarana Latihan untuk mengukir. Bila telah mahir maka menjadi pengalaman untuk mengukir  bahan keras seperti batu maupun kayu. Ada dua Teknik untuk membuat kerajinan ini yakni diukir atau diparut. Ukuran yang kecil ini bahkan bisa dijadikan bubuk untuk sebuah adonan. Hasil parurat dapat pula dicetak saat sabun masih dalam adonan cair. Keadaan cair bisa dipadatkan untuk dibuat kerajinan yang beragam. Kamu bisa membuat aneka bentuk flora maupun fauna.

 

Polymer clay tidak terlalu dikenal oleh orang Indonesia sevara umum. Bahan kerajinan ini sangat popular di Amerika Serikat. Sifatnya seperti adonan kue. Hal ini karena telah dicampur dengan bahan tertentu sehingga menjadi mirip adonan kue. Inilah yang menyebabkan dapat dengan mudah dibentuk. Bisa dibuat menjadi boneka yang lucu, bunga maupun hiasan lainnya. Bahan ini disenangi tidak mengotori tangan.  Kreativitas anak maupu pengrajin dapat membentuk hiasan yang unik melalui ketrampilan tangan sendiri. Setelah dibentuk cukup didiamkan beberapa saat untuk menjadi keras.

 

(Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud- halaman 44, 46 dan 49 dalam bentuk prafrase).

 

Berdasarkan wacana tersebut uraikan secara singkat perbedaan antara bahan kerajinan lunak gips, sabun dan polymer clay dengan melengkapi table berikut. (salin Kembali table ini lalu lengkapi)

No

Perbedaan

Gips

Sabun

Polymer Clay

1

Sifat bahan

 

 

 

2

Teknik pembuatan

 

 

 

3

Produk yang bisa dibuat

 

 

 


2. Bahan sabun yang mudah didapat, menjadikan alas an pemilihan bahan ini untuk dipelajari secara khusus. Perhatikanlah gambar berikut




Uraikanlah nama dan kegunaan alat dan bahan tersebut dalam pembuatan kerajinan sabun berdasarkan gambar diatas.

Bahan yang digunakan

a……………………………. fungsi ………

b…………………………… fungsi ……….

 

Alat yang digunakan

a……………………………. fungsi ………

b…………………………… fungsi ………

 

3. Perhatikanlah gambar berikut. Buatkanlah skema sederhana langkah utama dalam pembuatan kerajinan sabun tersebut.



       (Sumber Gambar : Suci P dkk, 2017, Buku Siswa Prakarya Kelas VIII Semester 1 Edisi revisi 2017, Jakarta – Kemdikbud. Halaman 40)

       Jawab :................................................................................................................

 

 4.  Kenalilah gambar kerajinan sabun berikut.

           Apakah kegunaan ketiga kerajian tersebut

a.       …………………

b.      …………………

c.       …………………

 


Rabu, 25 Agustus 2021

LKPD IPA KELAS VIII SEMESTER 1 - HUKUM NEWTON PEMBELAJARAN DARING

 Suratmin dan Suhardin - SMPN 17 Kendari - Pembelajaran Daring 2021

Pengantar pembelajaran: Kalian baru saja mengikuti vaksin Covid-19, jadi materinya agak ringan. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan hindari stress. Salam Sehat.

Jangan KAGET nonton videonya ya. ada banyak kejutan didalamnya.

Nama : ………………………Kelas : ………………. No. HP orangtua : ……………….

Pembelajaran : Jumat, 27 Agustus 2021

 

Tujuan Pembelajaran : Mengidentifikasi perbedaan hukum Newton I, II dan III dalam kehidupan sehari-hari


 Materi Singkat

 

Membedakan 3 jenis Hukum Newton secara secerhana dengan mementukan sifat atau kerja bendanya.

Hukum Newton 1 : Benda senantiasa berusaha untuk tetap diam ditempat (Inersia)

Hukum Newton II : Benda berpindah dengan kecepatan tertententu (a) dengan dorongan gaya F yang dipengaruhi oleh masa benda (m)

Hukum Newton III adalah kerja dua benda yang saling bertumbukan sehingga ada yang bersifat aksi dan ada yang bereaksi.

 

NILAI KETERAMPILAN

 

Nontonlah videi berikut:  kilik di sini https://youtu.be/n2nb9z15Pn8

Tulsikanlah kesimpulanmu pada kolom komentar youtube tersebut. Jangan Lupa menuliskan nama dan kelas dengan jelas. Ini akan menjadi nilai keterampilanmu pada pembelajaran kali ini.

 

 

NILAI PENGETAHUAN

Salinlah table di bawah ini. Klasifikasikan peristiwa berikut dalam Hukum Newton I,II atau III dengan cara menceklis (V) kolom yang tersedia dengan tepat. Cemartlah dalam mengisi ceklist agar nilai memuaskan.

 

No

Peristiwa

Termasuk dalam Hukum Newton …. (Ceklist salah satuV)

I

II

III

1

Dua ekor kijang yang saling beradu kekuatan. Keduanya terpental akibat saling mendorong satu sama lainnya

 

 

 

2

Seeskor Harimau jantan mendorong anak kijang dengan kekuatan penuh hingga terpental jauh

 

 

 

3

Seekor ikan yang berenang kedepan akibat menggerakkan siripnya kebelakang.

 

 

 

4

Seorang joki kuda yang mengendarai kuda dengan kencang pada arena pacuan. Akan tetapi dia tidak berhasil masuk finis karena kudanya tiba-tiba berhenti mendadak. Diapun terpental kedepan, akibatnya dia terluka parah.

 

 

 

 

 

Salin Kembali contoh soal ini dibuku pelajaranmu.

Massa balok = 6 kg, F1 = 3 Newton, F2 = 5 Newton.

Berapakah besar dan arah percepatan balok?




Penyelesaian / Pembahasan
Diketahui :
Massa balok (m) = 6 kg
F1 = 3 Newton
F2 = 5 Newton
Ditanya : besar dan arah percepatan balok (a)
Jawab :

Resultan gaya yang ada pada balok adalah : ∑F = F1-F2 = 3-5 = -2N =resultannya = 2N ke kiri

a= ∑F/m

a= 2/6 = 0,3 m/s ke arah F2



Zahro Nur Aisyah - Menyaring Air dari Botol Plastik Bekas (Cerita Refleksi Terbaik)

  Pagi itu, pada pukul 07.00, udara masih terasa sejuk di lingkungan sekolah. Bel tanda dimulainya pelajaran pertama telah berbunyi, dan sua...