Rabu, 25 Agustus 2021

BULETIN SEVENTEEN - SAPAAN GURU SAAT DARING (Ketentuan dan Jadwal Kegiatan Guru)

 

Hallo, Salam sehat buat kita semua.

Sesuai jadwal yang dikeluarkan sekolah, anak-anak kelas IX.1, IX.2, IX.3, VIII.1, VIII.3 dan VIII.4 SMPN 17 Kendari akan Bersama Pak Suhardin dalam pembelajaran IPA dan Prakarya. Harapannya, kalian bisa disiplin mengikuti pembelajaran sesuai jadwal yang diberikan. Ini memang berat karena jadwal pembelajaran sangat padat. Banyaknya kelas dengan jenjang dan mata pelajaran yang berbeda membuat bapak guru sangat terbatas memiliki waktu luang untuk berkonsulltasi tentang pembelajaran. Jadi, gunakan waktu pembelajaran sesuai jadwal untuk berinteraksi. Lakukan konsultasi melalui media group on line kelas masing-masing. Sebenarnya, Pak Guru sudah mengusulkan jadwal ini untuk disederhanakan namun pihak sekolah tidak meresponnya. Mari belajar dengan penuh semangat.

 

Jadwal Dan Analisis Jam Pembelajaran Daring Semester Ganjil T.P 2021/2022

 

NAMA GURU           : SUHARDIN, S.Pd

NIP                             : 19730731 199903 1 006

JABATAN                  : GURU MADYA

PANGKAT/GOL       : PEMBINA TK I / IV.b

 

NO

HARI

WAKTU

KODE

KELAS

BEBAN PBM

TOTAL JP

1.

Senin

08.00 – 14.00

Piket Guru

WFO

Melaksanakan Kegiatan Piket Sekolah.

Penyederhanaan RPP, Penyiapan LKPD, Pembuatan Media On line, Publikasi bahan ajar pada blog dan youtube buatan guru dan penyiapan interaksi siswa pada media pembelajaran on line Group kelas

2 JP

2.

Selasa

08.00 – 09.40

 

 

09.41 – 14.00

E.1

IX.1, IX.2 dan  IX.3 (IPA)

Melaksanakan Pembelajaran IPA

Mengkooordinasikan kegiatan pengumpulan hasil kerja siswa

15 JP

3.

Rabu

08.00 – 14.00

Mandiri

IX.1, IX.2 dan  IX.3 (IPA)

 

VIII.1 (IPA)

 

VIII.3 dan VIII.4 (Prakarya)

Penyederhanaan RPP, Penyiapan LKPD, Pembuatan Media On line, Publikasi bahan ajar pada blog dan youtube buatan guru dan penyiapan interaksi siswa pada media pembelajaran on line Group kelas

24 JP

 

Kamis

08.00 – 14.00

Mandiri

IX.1, IX.2 dan  IX.3 (IPA)

 

VIII.1 (IPA)

 

VIII.3 dan VIII.4 (Prakarya)

Pemeriksaan dan penilaian hasil kegiatan pembelajaran siswa dan penyampaian kepada peserta didik (Refleksi pembelajaran umum)

24 JP

 

Jumat

08.00 – 09.40

 

 

09.41 – 14.00

E.1

VIII.1 (IPA)

Melaksanakan Pembelajaran IPA

Mengkooordinasikan kegiatan pengumpulan hasil kerja siswa

5 JP

 

Sabtu

08.00 – 09.40

 

 

09.41 – 14.00

J.3

VIII.3 dan VIII.4 (Prakarya)

Melaksanakan Pembelajaran Prakarya

Mengkooordinasikan kegiatan pengumpulan hasil kerja siswa

6 JP

 

Lampiran Jadwal PBM https://suhardin73.blogspot.com/2021/08/buletin-seventeen-jadwal-pembelajaran.html

Dibuat sesuai jadwal pembelajaran SMPN 17 Kendari yang dikeluarkan pada 9 Juli 2021 via WA Group SMPN 17 Kendari pukul 09.21 WITA

 

BERIKUT BAPAK AKAN SAMPAIKAN PROSEDUR PEMBELAJARAN DARING YANG DILAKUKAN

1. komunikasi (bertanya, konsultasi dan penyetoran lkpd hanya dilakukan melalui grup belajar) jadi tidak diperkenankan menjapri. hal ini berhubungan dengan kemampuan hp dalam menyimpan data.

2. penyetoran lkpd dimulai sejak pembelajaran dibuka hingga jam 7 malam.

3. setiap lembar lkpd harus mencantumkan nama, kelas dan no hp orang tua. ini untuk menghindari pencurian lembar jawaban.

4. foto yang dikirim harus jelas dan terbaca. carilah tempat terang untuk mengambil gambar dan hindari memotret pada malam hari.

5. lkpd jangan terpotong, miring, terbalik atau buram saat diaploud.

6. siswa yang menyetor lebih awal akan mendapatkan nilai terbaik jika jawaban dianggap baik. maka secepatnya mengirim jika telah selesai. semakin lama akan makin mengurangi nilainya.

7. bagi siswa yang berhalangan hadir atau terdapat gangguan internet agar menginformasikan saat diawal pembelajaran.

8.  ubalah foto profil dan nama yang sesuai dengan benar. lihat foto profil pak guru di wa. agar bapak mengenal kalian lebih dekat.

9.   jika ada tabel tulis lalu isi. jika memungkinkan gambar yang penting juga dibuat atau difoto secrenshot di hp.

10. bila ada hal yang tidak dipahami silahkan ditanyakan selama jam pembelajaran berlangsung (sesuai jadwal) melalui wa grup


Sebagai guru baru kalian, bapak akan mengajukan biodata keguruan, agar kita saling mengenal.

 

SUHARDIN, S.Pd.

Mandonga, 31 Juli 1973

NIP 19730731 199903 1 00Guru SMPN 17 KENDARI Pembina Tk I / IV.b

Masa Kerja 22 Tahun 7 Bulan

 

Penghargaan Negara

1.  Penerima  Tanda  Kehormatan Negara SATYALANCANA  PENDIDIKAN  dari

Presiden  RI, Kategori Guru Berprestasi Tahun 2019 - Jakarta

2.  Excellent Teacher and Principals of MOEC Republik Indonesia for

Training Program in China (China University Mining and Technology-Jiangsu) Tahun 2019 Jiangsu, China.

 

Prestasi Nasional

Juara 2 Lomba Keberhasilan Guru SMP tingkat nasional Bidang MIPA Tahu2011-Jakarta


Pemenang Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional Kategori Guru pada Simposium GTK kemdikbud –2015-Jakarta


Pemenang Naskah Favorit Lomba Nulis Pengalaman Guru tahu2015 Yogyakarta

Naskah Terbaik (Top Ten) Menulis Pengalaman Guru tahun 2015 KomunitaGuru Menulis Indonesia-Yogyakarta

Top Ten (Peserta) Festival Video Edukasi 2016 Tingkat Nasional KategorGuru-Surabaya.

Peserta Terpilih Teacher Supercamp  - KPK (Guru menulis anti  KorupsiBidang Komik Tahun 2016-Bali.

Penulis Naskah 10 Terbaik Penyusunan Karya Tulis Guru Tahun 201P4TK IPA Bandung.-Jawa Barat.

Juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkat nasional BidanSORAK Tahun 2018-Bali.


Peringkat I Pemenang Sayembara Video Pendek Pembelajaran Terbaik Kategori guru SMP Tingkat Nasional (2020) Jakarta.


 Finalis Lomba Kreasi dan Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkanasional bidang MIPA, 2014 Bogor.

Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkat nasional bidanMIPA, 2016 Jakarta.

Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP tingkat nasional bidanMIPA 2017-Bali.


Prestasi Pembinaan Siswa Level Nasional

1. Pembimbing/Pembina  Karya  Tulis  Siswa

2.  Medali  emas  Bidang  IPA  dan Lingkungan LPIR Tingkat Nasional 2010 - Yogyakarta

3.  Finalis Bidang IPS dan Kemanusiaan LPIR Tingkat Nasional 2011

Semarang

4.  Medali  emas  Bidang  IPA  dan Lingkungan LPIR Tingkat Nasional 2013 –

Bali

5.  Finalis Bidang IPS dan Kemanusiaan LPIR Tingkat Nasional 2014

Banjarmasin

6.  Finalis Lomba Jurnalistik Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2014-Yogyakarta

7.  Juara Harapan Lomba Jurnalistik Sekolah Tingkat Nasional Tahun 2015- Semarang

 

Gerakan Literasi Nasional

1.  Pemilik 2 jenis HAKi (Hak Kekayaan Intelektual) Kemenkumham RI - 2019

2.  Penggagas Buletin Seventeen SMPN 17 Kendari - 2014

3.  Penggagas Buletin Kartika Biru SMP Kartika XX-6 Kendari -2015

4.  Penggagas Komunitas Menulis Seventeen (lima buku antologi hingga tahun

2020)

5.  Penulis dan menerbitkan buku tunggal ber-ISBN

 Aurora Kasih di Lahontohe (Fiksi-2017) 978-602-429-037-5, Pena Indis

 Eksperimen Sains Murali (Non Fiksi 2018) 978-602-468-277-4 CV Pustaka

Mediaguru

 Kaghati - Kecamuk Ghariza Hati Ibu (Fiksi 2018) 978-602-5692-16-1 CV.

Inthisar Publishing

 Berguru di Dunia Terbalik (Non Fiksi 2019) 978-602-409-587-3, CV Intishar

Publishing

 Keringat di Pelupuk Mata (Non Fiksi 2020) CV Kanaka Media

 Beberapa buku antologi : Cerita Tentang Pengelolaan Kelas 2, Kapur dan Papan

2, Ketika Pohon Pinus Menggugurkan Daunnya, Prakarya Expamnes Kreatif, Prakarya Expamnes Inovatif, Prakarya di Bumi Rindang, Sepenggal Kisah di Seventeen, Berguru pada Alam)

 Penulis Karya Tulis pada Jurnal Nasional (Al-Tabib, Unesa dan Didaktika)

 

Kegiatan Nasional Bidang Pembelajaran

-   Menjadi nara sumber / Pemakalah kegiatan literasi, kurikulum, seminar maupun simposium pada level Provinsi maupun nasional

 Instruktur Nasional Kurikulum 2013 dan guru pembelajar IPA Tahun 2017.

 Instruktur Nasional Guru Matapelajaran Prakrarya Tahun 2015-2017.

 Tim Pengembang Kurikulum Tingkat Provinsi Sultra 2015

 

Kegiatan pengembangan sekolah Tingkat Nasional

 Ketua Tim Sekolah Adiwiyata Tahun 2011 (Sekolah Adiwiyata Pertama di

Sulra Tingkat SMP)

 Ketua Sekolah Pionir Pengembangan Mutu Sekolah tahun 2017

 Pengurus Sekolah (SNN, Sekolah Sehat, Sekolah Lingkungan dan Sekolah

Ramah Anak)

Jabatan dalam Lingkup Sekolah

 Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana Prasarana SMUN 1 Tikep (1999-

2000)

 Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMAN 1 Tikep (2000-2002)

 Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 17 Kendari (2005-2015)

 Kepala Laboratorium SMPN 17 Kendari (2018-2020)

Pengembangan Masyarakat

 Pengurus Dewan Pendidikan Kota Kendari (2012-2013)

 Pengurus Forum Ilmiah Guru Kota Kendari (2010-2013)

 Ketua MGMP Prakarya Kota Kendari (2015-2017)

-   Sekertaris Kerukunan Keluarga Masigi-Laghontohe di Kendari (hingga sekarang)


Selasa, 24 Agustus 2021

BULETIN SEVENTEEN - SISWA SMPN 17 KENDARI DIVAKSINASI COVID-19

 


Seragam batik sekolah nampak kembali pagi ini. Siswa SMPN 17 Kendari mengenakannya saat datang ke sekolah. Pemandangan yang telah langka selama kurun waktu dua tahun ini. Tetapi mereka bukan untuk belajar tentunya, karena mereka akan melaksanakan vaksinasi Covid-19. Kegiatan ini sebagai upaya percepatan penanganan pandemic yang telah berlangsung lama. Halaman sekolah terlihat sangat ramai. Hal ini sebagai bukti bahwa kesadaran mulai tumbuh untuk melakukan vaksinasi.


Ruang kelas menjadi sarana petugas melakukan pendataan, interview dan penyuntikan. Para siswa pun silih berganti berpindah ruangan. Setelah pendataan oleh pihak sekolah, penyelenggara mulai mendatanya secara on line. Selanjutnya melakukan wawancara, barulah siswa mengantri dalam menunggu giliran penyuntikan. Itulah sebabnya ruang kelas banyak yang dipakai untuk kegiatan ini. Nampak pakaian seragam aparat keamanan dan petugas medis mewarnai ruangan. Hal ini berkaitan dengan pelaksana kegiatan yang berasal dari Gerai Vaksin TNI-Polri.


Pelaksanaan kegiatan ini telah dimulai semenjak tanggal 20 Agustus 2021. Sosialisai pada pihak orang tua dilakukan secara daring. Penyebaran informasi juga menjadi sarana yang baik dalam menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan. Sangat dimaklumi, anak usia 12-15 tahun memang membutuhkan pendampingan orang tua. Itulah harus dibekali surat izin kesediaan untuk mengikutinya. Pihak sekolah memberi waktu dihari Senin dan Selasa (23-24/8) untuk mengambil surat izin dan mendaftarkan diri. Selanjutnya pada hari ini (25/8/20021) pelaksanaan vaksinasi. Pendampingan saat kegiatan vaksinasi oleh orangtua sangat penting. Begitulah yang diungkapkan Kepala Sekolah melalui WhatsApp sekolah.


Rupanya momen itu bukan hanya diperuntukan untuk siswa semata. Pihak keluarga siswa, masyarakat di sekitar sekolah dan warga sekolah lain dapat memanfaatkan kesempatan ini. Inilah yang menjadi penyebab jalan masuk sekolah sangat padat dengan kendaraan. Sesekali terdengar himbauan dari guru pendamping maupun pihak pelaksana untuk tetap menerapkan prinsip 3M. Ada pula himbauan agar anak umur dibawah 12 tahun untuk tidak mengikuti vaksinasi covid-19. Menyiapkan foto copi kartu keluarga dan nomor handphone menjadi syarat adminsitrasi yang harus dipenuhi. Setiap siswa akan mendapatkan sertifikat vaksin melalui data kedua berkas tersebut. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui berapa jumlah siswa maupuan masyarakat yang mengikuti vaksinasi di SMPN 17 Kendari.


LATIHAN SOAL IPA SISTEM GERAK PADA MANUSIA

suhardin-suratmin kelas viii smpn 17 kendari

Petunjuk : Pililah jawaban yang tepat

1.      Manakah pasangan pernyataan yang tepat tentang fungsi rangka berikut…

a.       Melindungi organ penting (otak, hati, jantung, paru-paru dan ginjal) - Tengkorak, dada pinggul

b.      Tempat pembentukan sel darah merah - Tulang belakang dan alat gerak bawah (kaki)

c.       Banyak melekat otot untuk alat gerak pasif – Jantung, gintal dan semua organ interna lainnya

d.      Menopang tegaknya tubuh - Tengkorak, dada pinggul, tulang lengan atas dan bawah

2.      Rangka dikatakan sebagai alat gerak pasif karena ….

a.       Rangka merupakan tempat melekanya otot             

b.      Rangka membutuhkan otot untuk bergerak  

c.       Rangka tidak bisa menghasilkan energi       

d.      Rangka hanya bisa menghasilkan sel darah

3.      Struktur tulang yang kuat dapat diperoleh dengan …

a.       Meminum nutrisi herbal

b.      Mengkonsumsi vitamin

c.       Berjemur di sinar mentari

d.      Banyak minum air putih

4.      Pada bagian ujung tulang selalu tersusun atas struktur kartilago. Contohnya pertemuan antara tulang paha dan kering. Kedua ujungnya tidak mengalami osifikasi. Hal tersebut berguna untuk ….

a.       Memudahkan proses penggantian sel tulang            

b.      Memudahkan pergerakan dan pertumbuhan tulang

c.       Menghambat pertumbuhan jamur di sendi   

d.      Menghambat keretakan tulang ketika manula

5.       Perhatikanlah daftar tulang berikut

1.      Tulang Thoraks         

2.      Tulang Leher 

3.      Tulang Lengan          

4.      Tulang Paha  

5.      Tulang Tengkorak 

6.      Tulang Belikat

Yang termasuk dalam tulang panjang adalah….

a.       1 dan 2

b.      2 dan 3          

c.       3 dan 4          

d.      5 dan 6

6.      Perhatikanlah daftar berikut

1.      Tulang betis        

2.      Tulang Leher       

3.      Tulang Lengan    

4.      Tulang Paha        

5.      Tulang Tengkorak 

6.      Tulang Duduk

Yang merupakan alat gerak ditunjukan oleh nomor ….

a.       1-3-4              

b.      2-3-5  

c.       3-5-6  

d.      4-5-6

7.      Tulang ini memiliki bentuk yang beragam. satu tulang memiliki perbedaan dengan tulang yang lainnya. Paling banyak ditemukan pada pernulangan poros tubuh. Mulai dari tulang leher, tulang belakang, tulang punggung, tulang pinggang, tulang selangkang hingga 3 ruan tulang ekor. Semua jenis tulang tersebut memiliki pergerakan yang sempit. Berdasarkan ciri tersebut, tulang yang dimaksud tergolong dalam klasifikasi….

a.       Tulang pendek          

b.      Tulang panjang         

c.       Tulang pipih  

d.      Tulang tak beraturan

8.      Gerakan sendi yang salah satu tulangnya berfunsi sebagai poros dan ujung lain berbentuk seperti cicin yang dapat berputar pada porosnya disebut sendi….

a.       Engsel           

b.      Putar  

c.       Pelana

d.      Geser

Selamat menjawabnya!

BULETIN SEVENTEEN - JADWAL PEMBELAJARAN SMPN 17 KENDARI T.P 2021/2022 SEMESTER 1



 Sumber : SMPN 17 Kendari Juli 2021

Zahro Nur Aisyah - Menyaring Air dari Botol Plastik Bekas (Cerita Refleksi Terbaik)

  Pagi itu, pada pukul 07.00, udara masih terasa sejuk di lingkungan sekolah. Bel tanda dimulainya pelajaran pertama telah berbunyi, dan sua...