Selasa, 24 Agustus 2021

BULETIN SEVENTEEN - SISWA SMPN 17 KENDARI DIVAKSINASI COVID-19

 


Seragam batik sekolah nampak kembali pagi ini. Siswa SMPN 17 Kendari mengenakannya saat datang ke sekolah. Pemandangan yang telah langka selama kurun waktu dua tahun ini. Tetapi mereka bukan untuk belajar tentunya, karena mereka akan melaksanakan vaksinasi Covid-19. Kegiatan ini sebagai upaya percepatan penanganan pandemic yang telah berlangsung lama. Halaman sekolah terlihat sangat ramai. Hal ini sebagai bukti bahwa kesadaran mulai tumbuh untuk melakukan vaksinasi.


Ruang kelas menjadi sarana petugas melakukan pendataan, interview dan penyuntikan. Para siswa pun silih berganti berpindah ruangan. Setelah pendataan oleh pihak sekolah, penyelenggara mulai mendatanya secara on line. Selanjutnya melakukan wawancara, barulah siswa mengantri dalam menunggu giliran penyuntikan. Itulah sebabnya ruang kelas banyak yang dipakai untuk kegiatan ini. Nampak pakaian seragam aparat keamanan dan petugas medis mewarnai ruangan. Hal ini berkaitan dengan pelaksana kegiatan yang berasal dari Gerai Vaksin TNI-Polri.


Pelaksanaan kegiatan ini telah dimulai semenjak tanggal 20 Agustus 2021. Sosialisai pada pihak orang tua dilakukan secara daring. Penyebaran informasi juga menjadi sarana yang baik dalam menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan. Sangat dimaklumi, anak usia 12-15 tahun memang membutuhkan pendampingan orang tua. Itulah harus dibekali surat izin kesediaan untuk mengikutinya. Pihak sekolah memberi waktu dihari Senin dan Selasa (23-24/8) untuk mengambil surat izin dan mendaftarkan diri. Selanjutnya pada hari ini (25/8/20021) pelaksanaan vaksinasi. Pendampingan saat kegiatan vaksinasi oleh orangtua sangat penting. Begitulah yang diungkapkan Kepala Sekolah melalui WhatsApp sekolah.


Rupanya momen itu bukan hanya diperuntukan untuk siswa semata. Pihak keluarga siswa, masyarakat di sekitar sekolah dan warga sekolah lain dapat memanfaatkan kesempatan ini. Inilah yang menjadi penyebab jalan masuk sekolah sangat padat dengan kendaraan. Sesekali terdengar himbauan dari guru pendamping maupun pihak pelaksana untuk tetap menerapkan prinsip 3M. Ada pula himbauan agar anak umur dibawah 12 tahun untuk tidak mengikuti vaksinasi covid-19. Menyiapkan foto copi kartu keluarga dan nomor handphone menjadi syarat adminsitrasi yang harus dipenuhi. Setiap siswa akan mendapatkan sertifikat vaksin melalui data kedua berkas tersebut. Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui berapa jumlah siswa maupuan masyarakat yang mengikuti vaksinasi di SMPN 17 Kendari.


LATIHAN SOAL IPA SISTEM GERAK PADA MANUSIA

suhardin-suratmin kelas viii smpn 17 kendari

Petunjuk : Pililah jawaban yang tepat

1.      Manakah pasangan pernyataan yang tepat tentang fungsi rangka berikut…

a.       Melindungi organ penting (otak, hati, jantung, paru-paru dan ginjal) - Tengkorak, dada pinggul

b.      Tempat pembentukan sel darah merah - Tulang belakang dan alat gerak bawah (kaki)

c.       Banyak melekat otot untuk alat gerak pasif – Jantung, gintal dan semua organ interna lainnya

d.      Menopang tegaknya tubuh - Tengkorak, dada pinggul, tulang lengan atas dan bawah

2.      Rangka dikatakan sebagai alat gerak pasif karena ….

a.       Rangka merupakan tempat melekanya otot             

b.      Rangka membutuhkan otot untuk bergerak  

c.       Rangka tidak bisa menghasilkan energi       

d.      Rangka hanya bisa menghasilkan sel darah

3.      Struktur tulang yang kuat dapat diperoleh dengan …

a.       Meminum nutrisi herbal

b.      Mengkonsumsi vitamin

c.       Berjemur di sinar mentari

d.      Banyak minum air putih

4.      Pada bagian ujung tulang selalu tersusun atas struktur kartilago. Contohnya pertemuan antara tulang paha dan kering. Kedua ujungnya tidak mengalami osifikasi. Hal tersebut berguna untuk ….

a.       Memudahkan proses penggantian sel tulang            

b.      Memudahkan pergerakan dan pertumbuhan tulang

c.       Menghambat pertumbuhan jamur di sendi   

d.      Menghambat keretakan tulang ketika manula

5.       Perhatikanlah daftar tulang berikut

1.      Tulang Thoraks         

2.      Tulang Leher 

3.      Tulang Lengan          

4.      Tulang Paha  

5.      Tulang Tengkorak 

6.      Tulang Belikat

Yang termasuk dalam tulang panjang adalah….

a.       1 dan 2

b.      2 dan 3          

c.       3 dan 4          

d.      5 dan 6

6.      Perhatikanlah daftar berikut

1.      Tulang betis        

2.      Tulang Leher       

3.      Tulang Lengan    

4.      Tulang Paha        

5.      Tulang Tengkorak 

6.      Tulang Duduk

Yang merupakan alat gerak ditunjukan oleh nomor ….

a.       1-3-4              

b.      2-3-5  

c.       3-5-6  

d.      4-5-6

7.      Tulang ini memiliki bentuk yang beragam. satu tulang memiliki perbedaan dengan tulang yang lainnya. Paling banyak ditemukan pada pernulangan poros tubuh. Mulai dari tulang leher, tulang belakang, tulang punggung, tulang pinggang, tulang selangkang hingga 3 ruan tulang ekor. Semua jenis tulang tersebut memiliki pergerakan yang sempit. Berdasarkan ciri tersebut, tulang yang dimaksud tergolong dalam klasifikasi….

a.       Tulang pendek          

b.      Tulang panjang         

c.       Tulang pipih  

d.      Tulang tak beraturan

8.      Gerakan sendi yang salah satu tulangnya berfunsi sebagai poros dan ujung lain berbentuk seperti cicin yang dapat berputar pada porosnya disebut sendi….

a.       Engsel           

b.      Putar  

c.       Pelana

d.      Geser

Selamat menjawabnya!

BULETIN SEVENTEEN - JADWAL PEMBELAJARAN SMPN 17 KENDARI T.P 2021/2022 SEMESTER 1



 Sumber : SMPN 17 Kendari Juli 2021

Senin, 23 Agustus 2021

LKPD IPA KELAS IX SMP - REPRODUKSI ASEKSUAL PADA TUMBUHAN

 

Suhardin/Suratmin-SMPN 17 Kendari/Pembelajaran daring kelas IX semster 1

Lampiran 1 Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)

 

Nama   ..............................................kelas ..................No Hp Orangtua............

Hari/Tanggal : Selasa, 24 Agustus 2021

Judul                Perkembangbiakan Aseksual  Tumbuhan Angiospermae

Tujuan :          Mengidentifikasi perkembangbiakan aseksual alami dan buatan tumbuhan angiospermae

 

Nilai Pengetahuan

1. Uraikanlah secara singkat tentang (Buatkan kembali tabelnya)

No

Jenis Aseksual alami

1 contoh tanamannya

1

Umbi batang

 

2

Umbi akar

 

3

Umbi lapis

 

4

Stolon

 

5

Tunas

 

6

Tunas adventif

 

7

Rhizoma

 

8

Spora

 

 2. Tuliskanlah keuntungan dan kerugian  jika melakukan perkembangbiakan secara aseksual buatan pada tumbuhan!

Keuntungannya………………...………………………………………………………

........................................................................................................................................

Kerugiannya ……………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………

 

Nilai Keterampilan

Tontonlah video pembelajaran di bawah ini sesuai dengan nomor urut absenmu yang diberikan melalui WA group.

Buatkanlah kesimpulanmu pada kolom komentar dengan mengetiknya dengan baik dan benar. Jangan lupa menuliskan nama dan kelas pada kolom komentar tersebut.

 

No

Nomor Absent

Link youtube

1

1 sampai 9

Okulasi tanaman https://www.youtube.com/watch?v=MfY-yFzfkDA&t=162s

 

2

10 sampai 18

Mengenten https://www.youtube.com/watch?v=ND6iwTv9KtU&t=5s

 

3

19 sampai 27

Merunduk https://www.youtube.com/watch?v=BmXa4-p4WOQ&t=1s


4

28 sampai 35

Mencakok https://www.youtube.com/watch?v=EIqW5SX7u90&t=4s

 





Zahro Nur Aisyah - Menyaring Air dari Botol Plastik Bekas (Cerita Refleksi Terbaik)

  Pagi itu, pada pukul 07.00, udara masih terasa sejuk di lingkungan sekolah. Bel tanda dimulainya pelajaran pertama telah berbunyi, dan sua...