Minggu, 22 Agustus 2021

BULETIN SEVENTEEN - VAKSINASI SISWA SMPN 17 KENDARI

 

Suhardin- 2021- smpn17kendari


Dalam rangka percepatan vaksinasi di SMPN 17 Kendari tersebut, diharapkan kepada orangtua siswa untuk memberikan izin kepada anaknya mengikuti vaksinasi sebagai syarat mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Tahun Pelajaran 2021/2022, yang akan dilaksanakan pada:

 

Hari/tanggal  : Rabu, 25 Agustus 2021

Jam                : 08.00 sampai selesai

Tempat          : SMPN 17 Kendari


SURAT PERNYATAAN / IZIN KESIAPAN MENGIKUTI VAKSINANSI COVID 19 DI SMP NEGERI 17 KENDARI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

 Dalam rangka pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Tahun Pelajaran 2021/2022, saya sebagai orang tua siswa dengan ini menyatakan bahwa:

 Anak Kami Yang Bernama : .............................................................

Kelas :.............................

Alamat Rumah : .............................................................

Mengizinkan / tidak mengizinkan  anak kami tersebut mengikuti program vaksinasi covid-19 di SMP Negeri  17 Kendari

Demikian pernyataan / surat izin ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun.

 

 Kendari, ........................... 2021

Orang Tua Siswa,

 

 

 (.....................................................)



Jumat, 20 Agustus 2021

MEDIA POWER POIN - PRAKARYA - KERAJINAN LILIN

 

Suhardin-Suratmin /SMPN 17 Kendari/2021






BULETIN SEVENTEEN - RENOVASI HIJAU DI LAHAN PUTIH BIRU

 


Semenjak hadir di Sekolah Seventeen, suasana gersang nampak menghampar. Ilalang menjadi pemandangan yang menghijau kekuningan. Tinggal di perumahan guru tidak bisa nyaman. Selain mesin listrik yang bergemuruh dimalam hari, suhu panas menyengat di siang hari. Listrik menyala hanya hitungan jam dan air mengalir terbatas. Berbeda dengan iklim sekolah setelah satu decade. Hijau dan menyejukan.

Kisah ditahun 2004 berbuah manis. Penghijauan dan perbaikan lingkungan sekolah membawa berkah. Prestasi sekolah tidak hanya mencapai tingkat local. Masa emas  terasa dilevel nasional hingga go international menjadi cahaya baru dalam Lembaga seumur jagung. Namun kini mulai berbeda. Semua tidak lepas dari istilah ”kutub baterai.” Punya ujung postif namun sisi lainnya negative.

“Rumah alam” ini menjadi miris ditengah kota. Pohon penghijauan mengancam jiwa. Akarnya mulai menggerogoti gedung dan dahan kekarnya mulai menua. Inilah yang menjadi alasan melakukan renovasi lingkungan dalam skala besar. Seolah peremajaan terkesan terlambat. Namun harus dilakukan walaupun itu punya banyak tantangan.

Ruang terbuka hijau tidak lagi memiliki banyak pohon. Hanya beberapa yang layak tersisa. Pembangunan sarana yang berbeda mulai digagas. Walaupun lambat namun upaya terus dilakukan di masa pandemic covid-19 ini. Pembelajaran tatap muka yang ditiadakan menjadi peluang untuk memulainya. Penataan halaman, penanaman kembali serta renovasi bangunan menjadi jalan untuk pembenahan mendesak.

Kini sekolah tak seindah dahulu. Matrial dan alat pembengunan menjadi pengganggu pandangan mata. Namun harapannya bisa usai saat tatap muka dimulai lagi. Jika tidak akan mengganggu kegiatan persekolahan. Ruang kelas tentu akan berkurang. Gedung berlantai menjadi sarana belajar enam kelas. Sarana ini masih dalam perbaikan. Halaman upacara masih menampung matrial pembangunan. Ruang terbuka hijau belum usai dikerjakan. Dahan pohon besar masih ada dihalaman sekolah. Tetapi semua tidak tinggal diam. Upaya pembenahan terus dilakukan.

Semoga nama Sekolah Seventeen Berbumi Rindang dapat menjadi symbol yang tidak tergantikan. Nyaman, sejuk dan berkarakter lingkungan menjadi sisi unggul sekolah semenjak berdiri. Rancang bangunnya terbaru menjadi jalan pembenahannya. Semoga renovasi bisa berjalan lancar dan baik. Inilah harapan sebelum masa sekolah tatap muka dimulai. Akankah SMPN 17 Kendari bisa melakukan perubahan ini? Jawabannya akan terlihat enam hingga dua belas bulan kedepan. Mari berdoa untuk kelancarannya.




LKPD PRAKARYA KELAS VIII - KERAJINAN BAHAN LUNAK (CAMPURAN TEPUNG)

 


Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : …………

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan campuran tepung yang terdapat di sekitar kita.

Hari/tanggal : Sabtu, 21 Agustus 2021 Suhardin & Suratmin - SMPN 17 Kendari - Prakarya

RINGKASAN MATERI

Tulislah pragraf berikut di buku paketmu. Lalu tuliskan kesimpulanmu pada bagian bawah

Kerajinan bahan lunak ada yang dikenal dengan Flour clay. Istilah ini dapat bermakna, sejenis bahan berbentuk tepung untuk dibuatkan adonan. Karakteristik yang diinginkan diupayakan sedemikian rupa agar terlihat kalis dan lunak. Hal ini untuk mempermudah dalam membentuk wujudnya. Bentuk ini dikenal dengan istilah bentuk adonan tepung atau playdought. Pemanfaatan Flour clay biasanya untuk mengisi waktu dalam kegiatan rumah tangga. Waktu luang yang ada bisa menjadikan pembuatan kerajinan ini sebagai rekreasi sambil berkreasi dari rumah sendiri. Hal ini beralasan, sebab bahannya terdapat dirumah kita sendiri. Tentunya bisa bersifat murah dan mudah didapat. Perabot rumah tangga  misalnya sendok atau tempayan kecil bisa jadi alat yang efektif. Ini bisa menjadi peluang industry rumah tangga kecil-kecilan. Peluang bisnis ini bisa menunjang pemenuhan penghasilan tambahan bagi keluarga. Kreasi yang menari bisa terjual dengan harga tinggi. Semua tergantung dari kreatifitas orang yang membuatnya dan sesuai tuntutan tren dan kebutuhan pasar masa kini. Jika kalian tertarik, mari pelajari konsep pembuatannya. (Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud- halaman 29-32 dalam bentuk prafrase).

Kesimpulan apa yang bisa kamu tarik dari wacana tersebut? Tuliskan disini.

…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Ini menjadi nilai keterampilanmu hari ini


NILAI PENGETAHUAN

1.      Perahtikanlah alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan campuran tepung di bawah ini.

a.       Lengkapilah table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa

Tabel identifikasi alat yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan campuran tepung

No

Nama Alat

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

E

 

 

F

 

 

 

Perhatikanlah bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan campuran tepung di bawah ini

 

b.       Lengkapilah table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa

Tabel identifikasi bahan yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan campuran tepung

No

Nama Bahan

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

D

 

 

E

 

 

F

 

 

 

No

Nama Bahan

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

 

2.      Perhatikanlah Gambar Berikut

Tabel identifikasi  produk kerajinan campuran tepung tersebut

No

Nama kerajinan

Fungsinya

A

 

 

B

 

 

C

 

 

D

 

 

 

 Perhatikanlah gambar berikut ini.


 

3.      Berdasarkan gambar-gambar jawablah pertanyaan berikut.

 

a.       Mengapa adonan tepung harus kalis?.............................................

b.      Apakah manfaat pewarna makanan?...............................................

 


Zahro Nur Aisyah - Menyaring Air dari Botol Plastik Bekas (Cerita Refleksi Terbaik)

  Pagi itu, pada pukul 07.00, udara masih terasa sejuk di lingkungan sekolah. Bel tanda dimulainya pelajaran pertama telah berbunyi, dan sua...