Nama
Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : …………
Tujuan
: Mengidentifikasi perbedaan ciri dan
contoh bahan kerajinan campuran tepung yang terdapat di sekitar kita.
Hari/tanggal : Sabtu,
21 Agustus 2021 Suhardin & Suratmin - SMPN 17 Kendari - Prakarya
RINGKASAN
MATERI
Tulislah
pragraf berikut di buku paketmu. Lalu tuliskan kesimpulanmu pada bagian bawah
Kerajinan bahan lunak ada yang dikenal dengan Flour
clay. Istilah ini dapat bermakna, sejenis bahan berbentuk tepung untuk
dibuatkan adonan. Karakteristik yang diinginkan diupayakan sedemikian rupa agar
terlihat kalis dan lunak. Hal ini untuk mempermudah dalam membentuk wujudnya. Bentuk
ini dikenal dengan istilah bentuk adonan tepung atau playdought. Pemanfaatan
Flour clay biasanya untuk mengisi waktu dalam kegiatan rumah tangga.
Waktu luang yang ada bisa menjadikan pembuatan kerajinan ini sebagai rekreasi sambil
berkreasi dari rumah sendiri. Hal ini beralasan, sebab bahannya terdapat
dirumah kita sendiri. Tentunya bisa bersifat murah dan mudah didapat. Perabot rumah
tangga misalnya sendok atau tempayan
kecil bisa jadi alat yang efektif. Ini bisa menjadi peluang industry rumah
tangga kecil-kecilan. Peluang bisnis ini bisa menunjang pemenuhan penghasilan
tambahan bagi keluarga. Kreasi yang menari bisa terjual dengan harga tinggi. Semua
tergantung dari kreatifitas orang yang membuatnya dan sesuai tuntutan tren dan
kebutuhan pasar masa kini. Jika kalian tertarik, mari pelajari konsep
pembuatannya. (Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud-
halaman 29-32 dalam bentuk prafrase).
Kesimpulan apa yang bisa kamu tarik dari wacana
tersebut? Tuliskan disini.
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Ini
menjadi nilai keterampilanmu hari ini
NILAI
PENGETAHUAN
1. Perahtikanlah
alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan campuran tepung di bawah ini.
a. Lengkapilah
table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa
Tabel identifikasi
alat yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan campuran tepung
|
No
|
Nama Alat
|
Fungsinya
|
|
A
|
|
|
|
B
|
|
|
|
C
|
|
|
|
E
|
|
|
|
F
|
|
|
Perhatikanlah bahan
yang digunakan dalam pembuatan kerajinan campuran tepung di bawah ini
b. Lengkapilah
table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa
Tabel identifikasi
bahan yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan campuran tepung
|
No
|
Nama Bahan
|
Fungsinya
|
|
A
|
|
|
|
B
|
|
|
|
C
|
|
|
|
D
|
|
|
|
E
|
|
|
|
F
|
|
|
|
No
|
Nama Bahan
|
Fungsinya
|
|
A
|
|
|
|
B
|
|
|
|
C
|
|
|
2. Perhatikanlah
Gambar Berikut
Tabel identifikasi
produk kerajinan campuran tepung
tersebut
|
No
|
Nama kerajinan
|
Fungsinya
|
|
A
|
|
|
|
B
|
|
|
|
C
|
|
|
|
D
|
|
|
Perhatikanlah gambar berikut ini.
3. Berdasarkan
gambar-gambar jawablah pertanyaan berikut.
a. Mengapa
adonan tepung harus kalis?.............................................
b. Apakah
manfaat pewarna makanan?...............................................