suhardin/suratmin-pembelajaran daring 2021 SMPN 17 KENDARI
2 https://www.youtube.com/watch?v=7U_1QYUSthw (Perbedaan kelajuan dan kecepatan rata-rata)
3 https://www.youtube.com/watch?v=izv6Lh28HdQ (Cara mencari Kecepatan Benda)
suhardin/suratmin-pembelajaran daring 2021 SMPN 17 KENDARI
2 https://www.youtube.com/watch?v=7U_1QYUSthw (Perbedaan kelajuan dan kecepatan rata-rata)
3 https://www.youtube.com/watch?v=izv6Lh28HdQ (Cara mencari Kecepatan Benda)
Nama : ………………………….Kelas…………………….No
Hp Orangtua :…………………
Pembelajaran Jumat, 20 Agustus
2021. Suhardin/suratmin/smpn17kendari/daring/2021
TOPIK : KELAJUAN, PERCEPATAN DAN KECEPATAN BENDA
Tujuan : membedakan melalui contoh soal antara kelajuan,
kecepatan dan percepatan
https://www.youtube.com/watch?v=7U_1QYUSthw (Perbedaan kelajuan dan kecepatan rata-rata)
https://www.youtube.com/watch?v=izv6Lh28HdQ (Cara mencari Kecepatan Benda)
NILAI PENGETAHUAN
Kerjakanlah soal dibawah ini.
1. Tontolah video berikut untuk memudahkan kalian mengerjakan soal dibawah ini
https://www.youtube.com/watch?v=jjGgQIGruzI
Arman melakukan sprit lari dengan
jarak 200 meter dalam waktu 280 sekon. Dia mempercepat larinya sehingga
menempuh jarak 200 m dalam waktu 120 sekon. Selanjutnya energi beni berkurang,
diapun hanya mampu menempuh jarak 100 meter dalam waktu 100 sekon kegaris
akhir. Berapa kelajuan rata-rata Arman berlari?
2. Tontolah video berikut untuk memudahkan kalian mengerjakan soal dibawah ini.
https://www.youtube.com/watch?v=7U_1QYUSthw
Sebuah mobil bergerak lurus ke barat sejauh 200 meter
selama 10 sekon lalu bergerak lurus ke timur sejauh 150 meter selama 5 sekon.
Tentukan kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata mobil!
3. Tontolah video berikut untuk memudahkan kalian mengerjakan soal dibawah ini.
https://www.youtube.com/watch?v=izv6Lh28HdQ
Lisa mengemudikan mobil dengan kelajuan 60 m/s. Namun tiba-tiba
seekor anjing meyebragi jalan, Lisa akhirnya melakukan pengereman. Mobilnya
baru berhenti setelah 3 detik. Kelajuan mobilnya berkurang dari 60 m/s menjadi
0 m/s dalam waktu 3 sekon. Hitunglah percepatan mobil lisa!
Semenjak
subuh gerimis mulai menguyur sekitar Kelurahan Kadia. Mentari pun tidak tampak hingga
menjelang pagi. Guyuran hujan lebat sesekali terjadi. Inilah penyebab lapangan
upacara tidak pernah mengering. Namun bukan sebuah halangan bagi Warga SMPN 17
Kendari. Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 tahun
ini tetap dilaksanakan. Renovasi gedung berlantai juga manjadi tantangan
lainnya. Sarana belajar ini memang tepat berada di depan lapangan upacara.
Upacara
ini memang sangat penting dibanding peringatan hari nasional lainnya. Ini
moment kemerdekaan. Tepat pagi hari 17 Agustus 2021, pesertanya telah bersiap
di selasar gedung kantor. Perwakilan siswa, guru dan staf berbaur dalam barisan
ketika Kepala sekolah telah berdiri di podium upacara. Pelaksananya memang
unik. Pegawai perempuan ditunjuk untuk bertanggung jawab dalam peristiwa penting
ini.
Pengibaran
bendera berlangsung hikmat walaupun gerimis mulai mewarnai suasana tersebut.
Pembacaan proklamasi dan lagu-lagu nasional yang beragam menjadi pembeda dari
upacara lainnya. Keunikan lainnya, peserta upacara harus bermasker serta
mengatur jarak. Ini disebabkan pndemi Covid-19 belum juga mereda. Siswa yang
hadir pun sedikit. Mereka hanya perwakilan kelas dengan jumlah yang terbatas.
Pembelajaran dari rumah menjadi alasannya agar tidak berkerumun dilingkungan
sekolah.
Walaupun
dilaksanakan dalam kondisi pendemi namun tidak menyurutkan semangat kemeriahannya.
Pemotongan tumpeng, makan bersama serta beberapa atraksi kegiatan terbatas
dilakukan setelah upacara. Wajah yang ceria mengisyaratkan kerinduan untuk
melaksanakan tatap muka. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa orang guru
maupun siswa walapun dengan nada yang berbeda.
KONSEP
PROSES PRODUKSI KERAJINAN KACA
Suratmin&Suhardin-SMPN
17 Kendari/LKPD-prakarya-Kelas IX-Semester1-Rabu,18Agustus2021
Nama :
……………………….Kelas : ……………No Hp Ortu : …………
Tujuan
Pembelajaran : Membedakan
dengan contoh produk kerajinan kaca
Mengidentifikasi
Alat/bahan dan teknik pembuatan kerajinan lukisan kaca
Membuat bagan
sederhana prosedur pembuatan kerajinan kaca
Sumber
Bahan Literasi : (Buku Siswa)
Nuswantari DSH dan kawan-kawan, 2018, Prakarya SMP/MTs
Kelas IX Semester
1, CV. Arya Duta – Depok. (Halaman 33-34)
Suhardinhadudinchannel
(https://www.youtube.com/watch?v=nR5J1isoOJo)
A. Kerajinan
Kaca
1. Apakah Perbedaan antara kerajinan lukisan kaca dan kaca patri dilihat dari teknik membuatnya? ...................................................
2. Tuliskanlah
3 bahan utama dalam pembuatan lukisan kaca!
…………………… ………………………….. …………………………….
3. Identifikasilah
fungsi alat yang digunakan dalam pembuatan lukisan kaca di bawah ini!
|
No |
Nama Alat |
Fungsi |
|
1 |
Pena |
|
|
2 |
Kertas Rancangan |
|
|
3 |
Pisau Kertas |
|
|
4 |
Kuas |
|
|
5 |
Meja |
|
|
6 |
Lap |
|
4. Buatkalah skema sederhana (ururan) Proses pembeuatan kerajinan kacau
(1)………………………- (2)……………………- (3)………………………..-(4)………………(5)…………………- (6)……………
5. Teknik
apakah yang digunakan dalam pembuatan kerajinan lukisan kaca
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
6. Buatkanlah kesimpulan pembelajaran hari ini......................................................................
Pagi itu, pada pukul 07.00, udara masih terasa sejuk di lingkungan sekolah. Bel tanda dimulainya pelajaran pertama telah berbunyi, dan sua...