Selasa, 17 Agustus 2021

LKPD Prakarya - Kelas IX Semester 1 - Kerajinan Kaca

 

KONSEP PROSES PRODUKSI KERAJINAN KACA

 

Suratmin&Suhardin-SMPN 17 Kendari/LKPD-prakarya-Kelas IX-Semester1-Rabu,18Agustus2021

Nama : ……………………….Kelas : ……………No Hp Ortu : …………

Tujuan Pembelajaran :            Membedakan dengan contoh produk kerajinan kaca

Mengidentifikasi Alat/bahan dan teknik pembuatan kerajinan lukisan kaca

Membuat bagan sederhana prosedur pembuatan kerajinan kaca

Sumber Bahan Literasi :         (Buku Siswa) Nuswantari DSH dan kawan-kawan, 2018, Prakarya SMP/MTs

Kelas IX Semester 1, CV. Arya Duta – Depok. (Halaman 33-34)

Suhardinhadudinchannel (https://www.youtube.com/watch?v=nR5J1isoOJo)

 

A.    Kerajinan Kaca

1.      Apakah Perbedaan antara kerajinan lukisan kaca dan kaca patri dilihat dari teknik membuatnya? ...................................................

2.      Tuliskanlah 3 bahan utama dalam pembuatan lukisan kaca!

……………………          …………………………..      …………………………….

3.      Identifikasilah fungsi alat yang digunakan dalam pembuatan lukisan kaca di bawah ini!

No

Nama Alat

Fungsi

1

Pena

 

2

Kertas Rancangan

 

3

Pisau Kertas

 

4

Kuas

 

5

Meja

 

6

Lap

 


4. Buatkalah skema sederhana (ururan) Proses pembeuatan kerajinan kacau

(1)………………………- (2)……………………- (3)………………………..-(4)………………(5)…………………- (6)……………

5.      Teknik apakah yang digunakan dalam pembuatan kerajinan lukisan kaca …………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

6. Buatkanlah kesimpulan pembelajaran hari ini......................................................................

Kamis, 12 Agustus 2021

LKPD IPA Kelas VIII/1-SMP : IDENTIFIKASI RAGAM GERAK HEWAN DAN TUMBUHAN

 Suhardin/Suratmin - SMPN 17 Kendari - PBM Daring : Jumat, 13 Agustus 2021

Nama   .........................kelas .............No HP Orangtua............................

Judul                Sistem Gerak pada Hewan dan Tumbuhan

Tujuan :           Mendiskripsikan perbedaan gerak hewan pada habitat yang berbeda serta ragam gerak pada  tumbuhan berdasarkan contoh dengan baik.

1. Perhatikanlah data gerakan hewan berikut

No

Nama Hewan

No

Nama hewan

1

Gajah = 25 km/jam

4

Kuda = 76 km/jam

2

Kerbau = 50 km/jam

5

Kijang = 97 km/jam

3

Jerapah = 60 km/jam

6

Harimau = 112 km/jam

    Hewan yang paling cepat adalah ………………..dan paling lambat adalah………

2. Apakah yang menyebabkan hewan-hewan tersebut memiliki perbedaan kecepatan saat berlari ?

(1)   …………………………………

(2)   ………………………………...

(3)   ………………………………...


3. Isilah daftar identifikasi pergerakan hewan berikut

No

Nama hewan

Alat gerak

Cara bergerak

1

Ikan

 

 

 

2

Elang

 

 

 

3

Kucing

 

 

 

4

Anggang-anggang

 

 

 4. Apakah perbedaan gerak endonom dan higroskopis? ………………………………………………..

……………………………………………………

………………………………………………………

5. Perhatikanlah daftar tanaman dan jenis pergerakan esionom berikut berikut. Daftar ini ditulis acak.

Jenis tanaman

Jenis gerakan

Bunga tulip (A)

Daunnya menutup akibat sentuhan tangan manusia (1)

Kecambah kacang hijau (B)

Bunganya mekar karena rangsangan cahaya sore hari (2)

Daun lamtoro/asam (C)

Batangnya selalu condong kearah datangnya cahaya (3)

Daun putri malu (D)

Menuju adanya air dan mineral (4)

Akar tanaman jati (E)

Bunganya mekar karena perbedaan suhu yang lebih hangat (5)

Euglena viridis (F)

Melilit pada batang akibat sentuhan yang terjadi (6)

Bunga pukup empat (G)

Daunnya menutup akibat kondisi siang menutup dan malam hari membuka (7)

Sulur anggur/markisa (H)

Tumbuh mengarah ke pusat bumi atau masuk ke tanah lebih dalam (8)

Ujung akar mahoni (I)

Gerakan spermatozoid pada arkogonium kelamin betina

Reproduksi tumbuhan lumut dan paku (J)

Gerakan seluruh bandanya ke arah cahaya (10)

Berdasrkan daftar yang acak diatas, susunlah kembali pasangan yang tepat sehingga melengkapi tabel konsep gerak pada tumbuhan berikut. Lakukanlah dengan teliti agar pasangannya tepat.

 6. Jelaskanlah perbedaan antara gerak tropisma, taksis dan nasti!

      Gerak tropisma ……………………………

      Gerak Taksis ……………………………….

      Gerak Nasti …………………………………

7. Apakah perbedaan gerak postif dan negative? Berikanlah satu contohnya.

……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

 8. Buatkanlah kesimpulan pembelajaran hari ini!


Selasa, 10 Agustus 2021

KISAHKU DIBALIK KELAS : SAPAAN DAN CARA GURUKU MENGINSPIRASI - Debby Chantika - Buletin Seventeen SMPN 17 Kendari

 

Nama saya Debby Chantika, saya Sekolah di SMP Negeri 17 Kendari dan duduk di kelas 9.2 pada Tahun Pembelajaran 2015/2016.

            Saya akan menceritakan tentang sosok Pak Guru yang mengemabn tugas untuk mengajar dikelas, Beliau guru matapelajaran pelajaran IPA sekaligus Prakarya. Guru ini sangat ceria setiap kali masuk di kelas. Walaupun kadang kala, kami membuatnya jengkel. Selain, beliau juga sering menceritakan hal yang sangat menginspirasi untuk kami. Hal itu baik menurutku, agar kami bisa lebih giat lagi belajar untuk menjadi orang yang sukses. Biasanya, cerita itu disisip pada akhir pelajaran.

           Penggalaman yang saya akan utarakan ini adalah hal yang tak akan terlupakan bagi saya tentunya. Pertama saya akan menceritakan tentang sosok pak guru yang mengajar tentang pelajaran IPA. Sewaktu masih di kelas VIII, pak guru sangat ceria setiap kali masuk dikelas. Beliau juga sering menyapa kami dengan perkataan Hello! Kami pun menjawabnya Hai! Dengan nada yang sedang dan tersenyum. Barulah guruku itu memulai mengajar.

           Pak guru dalam  mengajar selalu membagi kelompok. Biasanya terdiri dari 7-8 orang. Kadang kala, banyak yang tidak setuju dengan kelompok yang telah ditentukan. Setelah berdiskusi kembali, akhirnya saat itu pula menyepakati dengan kelompok baru. Setelah selesai membagi kelompok waktu pun berjalan tanpa kami sadari. Praktek yang kami lakukan membuat energi seakan terkuras. Disaat pak guru melihat kami sangat lelah tidak bersemangat lagi, Pak guru pun tersenyum sejenak dan langsung menceritakan cerita yang sangat menyentuh dan sangat menginspirasi. Kami pun bersemangat lagi untuk belajar dengan giat. Pembelajaran itu akhirnya sukses dilaksanakan. Kebersamaan itu terhenti ketika bel berbunyi. Artinya, waktu istirahat telah tiba.

           Kedua, saya akan menceritakan penggalaman pak guru mengajar prakarya dikelas kami. Sama seperti pak guru mengajar IPA, beliau pun sering masuk mengucapkan perkataan Hello! Kami pun juga menjawabnya dengan Hei! Nadanya sedang dan bersemangat. Pak guru juga masuk mengajar dan membagi kelompok sama seperti pelajaran IPA. Tetapi kelompoknya tidak sama dengan kelompok IPA. Kini terdiri dari 10 orang perkelompok. Cara pembuatan yang agak susah, jadi kelompoknya dalam jumlah yang besar. Peralatan yang minim di sekolah membuat setiap kelompok harus membawa alat sendiri dari rumah.

Suasana kelompokku saat melaksanakan praktek

           Seperti biasa setelah membagi kelompok pak guru juga membagi tugas setiap kelompok untuk membuat makanan yang dibuat. Alat dan bahannya dibawah di sekolah. Dan saat itulah setiap kelompok berdiskusi tentang apa makanan yang akan diolah. Pak guru juga bilang minggu depan semua alat dan bahannya dibawa. Setelah praktek dengan bimbingannya dengan perkelompok, hasilnya pun jadi dan sanggat memuskan.

           “Ayo, belajar membuatnya dengan tangan sendiri. Bagus dan jeleknya jika hasil usaha itu jauh lebih baik dari hanya mengharap dari karya orang lain.” Kata pak guru untuk membangkitkan semangat kami.

Kegembiraan kelompokku saat kegiatan presentase telah usai dengan nilai yang baik

            Saat akhir pelajaran, pak guru menceritakan sesuatu yang menginspirasi buat kami. Dibalik inti cerita singkat itu, saya berkesimpulan bahwa Jangan putus asa atas semua kekurangan yang ada pada kita, kita harus berjuang agar bisa menjadi orang sukses dan dibanggakan oleh keluarga.

Testimoni Pembelajaran/Suhardin/2015-SMPN 17 Kendari

Minggu, 08 Agustus 2021

LKPD PRAKARYA KELAS VIII-1 - KERAJINAN KULIT

Nama Siswa : ………………………………Kelas : …….No HP orang tua : ……… 

KERAJINAN KULIT 

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan Kulit yang terdapat di sekitar kita.

Hari/tanggal : .....................................................

 

RINGKASAN MATERI

Kulit yang dimaksud dalam bahan kerajinan merupakan kulit hewan. Beberapa sumber kulit dengan kulaitas baik adalah buaya, sapi, kambing dan kerbau. Produk yang berkearifan local yang kental adalah wayang. Saat ini jenis produknya telah berkembang berupa dompet, ikat pinggang, tas, sepatu dan sandal. Baik secara modern maupun tradisional proses pembuatannya cukup sederhana. Proses pembersihan kulit dilakukan setelah dipotong dan dicuci.  Selanjutnya dilakukan penjemuran hingga kering melalui sinar matahari. Bila telah kering, dilakukan pembersihan bulu dengan cara kulit digosok.  Biasanya alat yang dugunakan secara tradisonal kapak kecil. Penjemuran kedua kali dilakukan setelah pencucian Kembali. Kulit yang kering menjadi patokan untuk menggunakannya sebagai bahan baku kerajinan. Teknik memahat menjadi cara unik untuk membuat produk yang diinginkan. (Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud).

 

1.      Perahtikanlah alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan keramik di bawah ini.

Lengkapilah table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa

Tabel identifikasi alat yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan keramik

No

Nama Alat

Fungsinya

A

Pahat

 

B

 

 

C

 

 

E

 

 

F

 

 

 

2.      Apakah peranan pewarna dalam pembuatan produk kerajinan kulit?.............

3.      Perhatikanlah Gambar Berikut



Berdasarkan gambar-gambar yang terlihat di atas, lakukanlah pengumpulan data secara on line tentang proses pembuatan tas dan sepatu kulit. Kemudian tuliskanlah teks proseduralnya seperti halnya pembuatan wayang kulit diatas.

 

a.       Tas kulit, Langkah-langkahnya adalah ……….

b.      Sepatu kulit, langlah-langkahnya adalah …….

 

4.      Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini ………………………………………………………

 

 

 

Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak Covid-19/Belajar dari rumah/2021

 https://www.youtube.com/channel/UCAOLu5GRpnAtJSN6ZoPlmRw

SMPN 17 KENDARI




Kreasi Pembelajaran dari Botol Bekas