Senin, 02 Agustus 2021

LKPD PRAKARYA KELAS VIII-1 : KERAJINAN KERAMIK - SMPN 17 KENDARI

 

Nama Siswa : ……………Kelas : …………………….Hari/Tanggal : ……………

 

KERAJINAN KERAMIK

 

Tujuan : Mengidentifikasi perbedaan ciri dan contoh bahan kerajinan keramik yang terdapat di sekitar kita.

 

RINGKASAN MATERI

Apakah kalian tahu arti kata keramik? Rupanya bukan berasal dari Bahasa Indonesia tetapi Yunani. ‘keramos’ berarti benda pecah belah terbuat dari tanah liat melalui proses pembakaran. Sifat kerajinan ini plastis, oleh karena itu dapat dibentuk dengan mudah. Pembakarannya dilakukan pada suhu 600 0 C – 1300 0 C. Panas pembekaran disesuaikan jenis tanah litany untuk mendapatkan tanah liat yang kedap air dan keras, padat.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki kerajinan keramik yang bersifatkhas. Keunikannya terlihat dari bentuk, teknik, maupun ragam hiasnya. Keunikan tersebut menjadi Kekayaan hayati di Indonesia sebagai inspirasi keindahan dalam  kerajinan keramik yang kental akan corak budaya. Inilah yang membedakannya dengan keramik buatan bangsa lain seperti Cina, Jepang maupun Eropa. (Sumber : Buku Siswa Prakarya Edisi revisi 2017 Kemdikbud).

 

1.      Perahtikanlah alat yang digunakan dalam pembuatan kerajinan keramik di bawah ini.


Lengkapilah table berikut melalui kegiatan literasi pada buku siswa

Tabel identifikasi alat yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan keramik

No

Nama Alat

Fungsinya

A

Gabus

 

B

 

 

C

 

 

E

 

 

F

 

 

G

 

 

 

2.      Perhatikanlah Gambar Berikut










Berdasarkan gambar-gambar yang terlihat di atas, lengkapilah table identifikasi berikut. Perkaya pemahamanmu dengan membaca buku siswa tentang kerajinan keramik.

Table identifikasi bahan kerajinan lunak alam

No

Teknik Pembuatan Keramik (gambar 2 – 6)

Ciri khas teknik yang dipakai / cara membuatnya (Literasi pada Buku Siswa)

Contoh produk kerajinan keramik (Gambar 1)

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

 

 

3.      Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini …………………………………

 

 

 

 

Suratmin/Suhardin…..RPP 1 Lembar/dampak Covid-19/Belajar dari rumah/2020

 




LKPD IPA Kelas IX-1 : Alat Reproduksi dan Proses Oogenesis Wanita - SMPN 17 Kendari

 

 

Nama   ..............................................kelas .................................No Hp Orangtua : .............

Hari/Tanggal : Selasa, 3 Agustus 2021

Judul                Reproduksi Manusia (Alat Reproduksi wanita dan Proses Oogenesis)

Tujuan             Mengidentifikasi konsep Organ dan fungsi bagian alat reproduksi Wanita dan Oogensis


Materi Singkat

Sistem reproduksi perempuan memiliki perbedaan menyolok dengan pria. Tentunya tiap bagian memiliki fungsi yang khas. Jika spermatogenesis terjadi pada pria maka pembentukan ovum Wanita dikenal dengan istilah Oogenesis. Ciri kelamin sekunder juga nampak sebelum tanda-tanda kematangan ovum terjadi. Keunikan ini menjadi pembeda yang nyata bila dibandingkan dengan alat reproduksi pria. Peserta didik dapat mengidentifikasinya melalui isian LKPD (lembar kerja peserta didik) di bawah ini.

 

 

A.    Penilaian Aspek Keterampilan.

Bacalah buku paket siswa dan nonton video tentang alar perkembangbiakan wanita.di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=rYy_G6SEJXQ&t=20s   Tuliskan 2 Argument penting dari video tersebut. Agar pak Guru tahu kalian telah menontonya, Tulislah ulasanmu tersebut dibawah ini.

1……………………………………………………………………………………………..

2  ……………………………………………………………………………………………

 

B.      Penilaian Aspek Pengetahuan

 1. Berdasarkan tontotan video tersebut, Isilah table nama dan fungsi alat reproduksi wanita berikut.

No

Nama bagian

Fungsi

1

Labium mayora (bibir besar/luar)

 

2

Labium Minora (bibir kecil/dalam)

Saluran yang membantu pengeluaran urine dari uretra serta pembatas antara area urine dan reproduksi

3

Klitoris

 

 

4

Vagina

 

 

5.

Leher Rahim (cerviks)

 

6.

Rahim (uterus)

 

 

7.

Ovarium

 

 

8.

Tuba valopi

 

 

9.

Kantung kemih

 

 

2. Nomor berapakah yang termasuk alat reproduksi bagian luar?…………………………………3. Nomor berakah yang termasuk alar reproduksi bagian dalam? …………………………

4. Lengkapi pula table berikut berdasarkan tayangan video yang telah ditoton.

No

Pernyataan tentang Oogeneis

Jawaban

1

Pengertian

 

 

2

Tempat terjadinya

 

 

3

Urutan prosesnya

 

 

4

Jenis dan jumlah pembelahannya

 

 

5

Hasil akhirnya

 

 

6

Oogonium bersifat haploid atau diploid (pilih salah satu)

Diploid (2n)

7

Ovum bersifat haploid atau diploid

 

 

5. Buatkanlah kesimpulan hasil pembelajaranmu hari ini. …………………………………………..

 

 

Tabel dibuat kembali pada lembar jawaban

 

 

 


Jumat, 30 Juli 2021

LKPD Prakarya Kelas VIII Semester ganjil - Mengidentifikasi Prinsip Kerajinan Bahan Lunak - SMPN 17 Kendari

 

MATERI PEMBELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII SEMESTER 1

Nama : ……………..Kelas : ……………..No Handphone Orangtua : ……………………….

Tujuan : Mengidentifikasi Prinsip Kerajinan Bahan Lunak

Pembelajaran : Sabtu, 31 Juli 2021

 

RINGKASAN MATERI

A. Berdasarkan pertimbangan wilayah kerja, prinsip pembuatan kerajinan bahan lunak adalah:

 1. Keterampilan Tangan

Sebuah kerajinan tetap mengandalkan tangan walaupun diproduksi dalam jumlah banyak. Pembuatan dalam skala besar bertumpu pada kekuatan mesin. Hal tersebut terjadi pada dunia industry. Kalian tentu dapat membedakan antara proses produk kerajinan dan produk industri!

2, Keterampilan Teknik Pembuatannya

Produk benda kerajinan memiliki kekhasan tangan yang dikerjakan detail sehingga menarik. Walaupun rumit namun Teknik seorang perajin memliki kemampuan untuk membuatnya. Perkerjaan yang berulang-ulang ini menjadikan benda kerajinan memiliki Teknik tersendiri dalam membuatnya.

3.Sifat Kedaerahan/tradisional

Kerajinan memiliki keunikan tiap wilayah sesuai budaya/adat istiadat diwilayah tertentu. Teknik turun-temurun pembuata benda kerajinan membuatnya bersifat universal dan memiliki nilai guna yang bersifat praktis. 

B. Menurut manfaatnya, jenis karya kerajinan dapat dibedakan atas :

1.Kelengkapan/perhiasan busana. Misalnya produk-produk aksesoris pada pakaian seperti gelang, kalung dan bros. dapat pula berbentuk cincin, gelang atau kalung. 

2.Kelengkapan suatu benda. Misalnya hiasan pada kotak tisu atau vas bunga meja. 

3.Kelengkapan rumah atau bangunan. Contohnya, air mancur berbentuk mangkuk, patung Wanita atau kodok di sebuah taman atau rumah. 

4. Kelengkapan ritual/upacara adat. Pemanfaat Lilin contohnya. Benda ini banyak dipakai pada berbagai acara ritual maupun kegiatan pesta adat.

C. Pengelompokan karya kerajinan berbahan lunak dapat dibagi dalam beberapa bagian :

1. Menambah keindahan

2. Memberi penekanan atau kekhasan pada suatu benda

3. Menjadi persyaratan pemakaian

4. Merupakan pertanda atau simbol

Isian LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk hari ini terdiri dari penilaian keterampilan dan pengetahuan.


A.    Penilaian Keterampilan

Tontonlah kedua video pembelajaran ini kembali untuk menambah wawasanmu. Tuliskanlah 2 argument penting yang dapat kamu pahami dari tayangan tersebut. Ungkapkan dengan kata-katamu sendiri tentang pemanfaatan bahan lunak alam dan buatan dalam sebuah kerajinan. 

https://www.youtube.com/watch?v=mEUzIpwHPQ0&t=363s

https://www.youtube.com/watch?v=iaJQ-ly2oDY

Tuliskanlah Argumentasi di bawah ini. 1. …………………………………………………………………………… 2.……………………………………………………………………………

 

B.    Penilaian Pengetahuan

Berdasarkan tayangan video tersebut, lakukan kegiatan literasi melalui buku siswa maupun internet untuk melengkapi isian table di bawah ini. Salin kembali kedua table lalu isilah bagian yang kososng dengan tepat. Baca kembali materi diatas untuk memudahkan pilihan isian kolomnya dengan tepat. 


Tabel identifikasi bahan kerajinan lunak alam

No

Jenis Kerajinan

Prinsip berdasarkan wilayah kerja

Manfaat pembuatan kerajinan

Kelompok kerajinan sesuai manfaanya

1

Lukisan berbahan daun kering dan biji tanaman

 

Membutuhkan Teknik keterampilan pembuatannya

Kelengkapan rumah atau bangunan (hiasan dinding)

Memberi penekanan atau kekhasan pada suatu benda

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

Tabel identifikasi bahan kerajinan lunak Buatan

No

Jenis Kerajinan

Prinsip berdasarkan wilayah kerja

Manfaat pembuatan kerajinan

Kelompok kerajinan sesuai manfaanya

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

Tali rem pada kerajinan miniature motor gede

 

Kerajinan tangan

Kelengkapan suatu benda

Menjadi persyaratan pemakaian

4

 

 

 

 

 

Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini ………………………………………………………

 


Suhardin/suratmin-Materi Prakarya kelas VIII Daring






Kreasi Pembelajaran dari Botol Bekas