Jumat, 30 Juli 2021

LKPD Prakarya Kelas VIII Semester ganjil - Mengidentifikasi Prinsip Kerajinan Bahan Lunak - SMPN 17 Kendari

 

MATERI PEMBELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII SEMESTER 1

Nama : ……………..Kelas : ……………..No Handphone Orangtua : ……………………….

Tujuan : Mengidentifikasi Prinsip Kerajinan Bahan Lunak

Pembelajaran : Sabtu, 31 Juli 2021

 

RINGKASAN MATERI

A. Berdasarkan pertimbangan wilayah kerja, prinsip pembuatan kerajinan bahan lunak adalah:

 1. Keterampilan Tangan

Sebuah kerajinan tetap mengandalkan tangan walaupun diproduksi dalam jumlah banyak. Pembuatan dalam skala besar bertumpu pada kekuatan mesin. Hal tersebut terjadi pada dunia industry. Kalian tentu dapat membedakan antara proses produk kerajinan dan produk industri!

2, Keterampilan Teknik Pembuatannya

Produk benda kerajinan memiliki kekhasan tangan yang dikerjakan detail sehingga menarik. Walaupun rumit namun Teknik seorang perajin memliki kemampuan untuk membuatnya. Perkerjaan yang berulang-ulang ini menjadikan benda kerajinan memiliki Teknik tersendiri dalam membuatnya.

3.Sifat Kedaerahan/tradisional

Kerajinan memiliki keunikan tiap wilayah sesuai budaya/adat istiadat diwilayah tertentu. Teknik turun-temurun pembuata benda kerajinan membuatnya bersifat universal dan memiliki nilai guna yang bersifat praktis. 

B. Menurut manfaatnya, jenis karya kerajinan dapat dibedakan atas :

1.Kelengkapan/perhiasan busana. Misalnya produk-produk aksesoris pada pakaian seperti gelang, kalung dan bros. dapat pula berbentuk cincin, gelang atau kalung. 

2.Kelengkapan suatu benda. Misalnya hiasan pada kotak tisu atau vas bunga meja. 

3.Kelengkapan rumah atau bangunan. Contohnya, air mancur berbentuk mangkuk, patung Wanita atau kodok di sebuah taman atau rumah. 

4. Kelengkapan ritual/upacara adat. Pemanfaat Lilin contohnya. Benda ini banyak dipakai pada berbagai acara ritual maupun kegiatan pesta adat.

C. Pengelompokan karya kerajinan berbahan lunak dapat dibagi dalam beberapa bagian :

1. Menambah keindahan

2. Memberi penekanan atau kekhasan pada suatu benda

3. Menjadi persyaratan pemakaian

4. Merupakan pertanda atau simbol

Isian LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) untuk hari ini terdiri dari penilaian keterampilan dan pengetahuan.


A.    Penilaian Keterampilan

Tontonlah kedua video pembelajaran ini kembali untuk menambah wawasanmu. Tuliskanlah 2 argument penting yang dapat kamu pahami dari tayangan tersebut. Ungkapkan dengan kata-katamu sendiri tentang pemanfaatan bahan lunak alam dan buatan dalam sebuah kerajinan. 

https://www.youtube.com/watch?v=mEUzIpwHPQ0&t=363s

https://www.youtube.com/watch?v=iaJQ-ly2oDY

Tuliskanlah Argumentasi di bawah ini. 1. …………………………………………………………………………… 2.……………………………………………………………………………

 

B.    Penilaian Pengetahuan

Berdasarkan tayangan video tersebut, lakukan kegiatan literasi melalui buku siswa maupun internet untuk melengkapi isian table di bawah ini. Salin kembali kedua table lalu isilah bagian yang kososng dengan tepat. Baca kembali materi diatas untuk memudahkan pilihan isian kolomnya dengan tepat. 


Tabel identifikasi bahan kerajinan lunak alam

No

Jenis Kerajinan

Prinsip berdasarkan wilayah kerja

Manfaat pembuatan kerajinan

Kelompok kerajinan sesuai manfaanya

1

Lukisan berbahan daun kering dan biji tanaman

 

Membutuhkan Teknik keterampilan pembuatannya

Kelengkapan rumah atau bangunan (hiasan dinding)

Memberi penekanan atau kekhasan pada suatu benda

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

Tabel identifikasi bahan kerajinan lunak Buatan

No

Jenis Kerajinan

Prinsip berdasarkan wilayah kerja

Manfaat pembuatan kerajinan

Kelompok kerajinan sesuai manfaanya

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

Tali rem pada kerajinan miniature motor gede

 

Kerajinan tangan

Kelengkapan suatu benda

Menjadi persyaratan pemakaian

4

 

 

 

 

 

Buatlah kesimpulan pembelajaran hari ini ………………………………………………………

 


Suhardin/suratmin-Materi Prakarya kelas VIII Daring






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DINDING KELAS KAYA KREASI