Sabtu, 24 Juli 2021

Soal Literasi dan Numerasi : Prakarya Kelas VIII - Kerajinan Berbahan Lunak Alam dan Buatan - SMPN 17 Kendari

 


https://www.youtube.com/watch?v=mEUzIpwHPQ0&t=363s

https://www.youtube.com/watch?v=iaJQ-ly2oDY

Petunjuk : Pillah Jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut.

 

1.      Perbedaan yang menyolok bahan kerajinan lunak alam dan buatan adalah …

a.       Asalnya

b.      Teksturnya

c.       Warnanya

d.      Kegunaannya

2.      Perhatikanlah daftar berikut:

1.      Fiberglass

2.      Sabun

3.      Kapas

4.      Daun kering

5.      Lilin

6.      Gibs

7.      Benang wol

8.      Tanah liat

Golongan bahan kerajinan lunak alam adalah …

a.       1-2-5-7

b.      1-2-5-6

c.       3-4-7-8

d.      4-5-6-8

3.      Arman membutuhkan gardus untuk membuat hiasan dinding. Dia memanfaatkan kertas kado bekas untuk melapisi gardus agar terlihat menarik. Hiasan daun kering dengan motif lingkaran dan piramida berujung enam menjadi tema lukisan organik yang dibuatnya. Kapas dan benang wool menjadi hiasan bingkainya. Kerajinan tersebut membutuhkan …

a.       1 bahan lunak alam – 4 bahan lunak buatan

b.      2 bahan lunak alam – 3 bahan lunak buatan

c.       3 bahan lunak alam – 2 bahan lunak buatan

d.      4 bahan lunak alam – 1 bahan lunak buatan

4.      Perhatikanlah wacana berikut.

Bagi masyarakat Indonesia, benda-benda kerajinan dapat menjadi alat untuk memperkenalkan keragaman budaya daerah Nusantara. Daya tarik dari benda kerajinan setiap daerah ini memiliki corak dan bentuk yang berbeda-beda, sehingga kita dapat mengenal suatu daerah di tanah air melalui benda kerajinannya. Berbagai macam jenis produk kerajinan dari bahan alam sangat banyak dan bervariasi, namun kerajinan yang terbuat dari bahan buatan tidak sebanyak karya dari bahan alam. Bahan buatan yang dimaksud di sini adalah berbagai bahan alam yang mengalami pengolahan dengan diberi tambahan zat kimia sebagai pengubah karakteristik buatan agar mudah dibentuk dan diproduksi sehingga dapat menghasilkan produk kerajinan yang berciri khas Nusantara. (Sumber : Suci Paresti dkk, 2017, Prakraya Kelas VIII Semester 1, Kemdikbud RI – Jakarta halaman 5)

Kesimpulan tentang pemafaaatan bahan kerajinan dari wacana tersebut adalah …

a.       Indonesia memiliki keragaman budaya dalam sisi kerajinan dari bahan alam semata karena bahan buatan akan menghilangkan karakteristik daerah.

b.      Daya tarik kerajinan berbahan alam lebih tinggi karena bahan buatan tidak bisa dibentuk sesuai mitif asli dan tidak tahan terhadap iklim atau cuaca.

c.       Penggunaan bahan kimia dalam kerajinan bahan buatan menjadi penyebab tidak diminati pengrajin dalam produksi skala besar.

d.      Walaupun keragaman bahan alam memiliki nilai budaya setiap daeran namun bahan buatan lebih efiesian dalam produksi kerajinan.

5.      Perjalanan perkembangan keterampilan kerajinan manusia tampaknya tidak pernah berhenti. Meskipun terjadi gejolak sosial dan geografisnya misalnya ledakan perang, bencana alam, musibah, dan wabah. Alasan yang tepat karena …

 

a.       Keterampilan kerajinan lebih mengutamakan keterampilan manual, nilai artistik/estetik, bernilai historis budaya dan bisa memanfaatkan bahan alam.

b.       Pembuatannya tidak memerlukan bahan dan teknik yang khusus sehingga tidak membutuhkan teknologi yang canggih untuk skala produksi besar.

c.       Seni adalah mimpi bagi seniman karena bahan yang diperlukan tidak pernah terhambat oleh resesi maupun perang sehingga pasarannya tidak terhambat.

d.       Keterampilan pengrajin tidak perlu berkembang sehingga dapat diwariskan secara cepat pada orang lain tanpa memerlukan pelatihan yang khusus.


Lembar jawaban

No

Jawaban

Kategori

Bobot

Rumus

1


C2

10

              Jumlah Bobot yang diperoleh

Nilai =  ----------------------------------------- x 100

                         Total bobot soal

2


C3

20

3


C3

30

4


C4

40

5


C4

50

 Suhardin/Suratmin/RPP 1 Lembar 2021 - SMPN 17 Kendari








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...