Selasa, 27 Juli 2021

LKPD Prakarya Kelas IX Semester 1 : PROSES PRODUKSI KERAJINAN BAHAN KERAS ALAM BAGIAN 1 - SMPN 17 Kendari

 PROSES PRODUKSI KERAJINAN BAHAN KERAS ALAM

 

Nama : ………………………….Kelas : ……………Hari/Tanggal : Rabu, 28 Juli 2021

Tujuan Pembelajaran :            Membedakan dengan contoh produk kerajinan bahan keras alam

Mengidentifikasi Alat/bahan, teknik kerajinan bahan keras alam

Mengidentifikasi fungsi alat dan bahan yang digunakan

Membuat bagan  prosedur pembuatan kerajinan bahan keras alam

Sumber Bahan Literasi :         (Buku Siswa) Nuswantari DSH dkk, 2018, Prakarya SMP/MTs

Kelas IX Semester 1, CV. Arya Duta – Depok. (Halaman 16-32)

Suhardinhadudinchannel 

https://www.youtube.com/watch?v=nR5J1isoOJo





Sumber (Buku Siswa) Nuswantari DSH dan kawan-kawan, 2018, Prakarya SMP/MTs Kelas IX Semester 1, CV. Arya Duta – Depok. (Halaman 16-32)

 

1.      Lengkapilah identifikasi jenis kerajinan bahan keras alam berikut. (disisi sesuai kebutuhan yang tepat)

a.       Kerajinan Kayu

Nama Produk

Jenis bahan

Alat yang dipakai

Nama Teknik pembuatannya

1

1

1

1

2

2

2

2

3

3

3

3

 

4

4

 

 

5

5

 

 

6

6

 

 

7

7

 

 

8

8

 

b.      Keraajinan BambuKerajinan 


Nama Produk

Jenis bahan

Alat yang dipakai

Nama Teknik pembuatannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

c.    Kerajinan Rotan       KerajinanKerajinan


Nama Produk

Jenis bahan

Alat yang dipakai

Nama Teknik pembuatannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.           Apakah manfaat bahan berikut dalam proses produksi kerajinan bahan keras

a.       Cat atau pelitur : ……………………………………………………………………………

b.      Belerang : …………………………………………………………………………………

c.       Minyak Tanah : ………………………………………………………………………………

d.      Lem : ………………………………………………………………………………………

 3. Buatkanlah kesimpulan tentang pembelajaran hari ini.....................................................................

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN MEMILIH OBSEN YANG TEPAT.

1. Perhatikanlah gambar berikut

Sumber (Buku Siswa) Nuswantari DSH dan kawan-kawan, 2018, Prakarya SMP/MTs Kelas IX Semester 1, CV. Arya Duta – Depok. (Halaman 16-32)

Jenis kerajinan bahan keras alam dari bambu ditunjukan oleh nomor …

a.      
1 dan 2

b.      1 dan 4

c.       2 dan 3

d.      3 dan 4

2.  Perhatikanlah kedua gambar kerajinan kayu (tempat tisu disamping - Sumber : Koleksi Pribadi).Tahap pembuatan, teknik dan alat yang tepat dari daftar berikut adalah...

 

Tahap pembuatan

Teknik mengerjakan

Alat yang dipakai

a

Pembuatan bentuk/pola

memotong

parang

b

Perakitan setiap bagian

tekan

gergaji

c

Penghalusan

gosok

ampelas

d

Pembuatan motif

ketam

kuas

Jawab

1 .......                2 .....

Suratmin/Suhardin-Pembelajaran Prakarya Kelas IX-SMPN 17 Kendari


Senin, 26 Juli 2021

LKPD SISTEM REPRODUKSI PRIA - Materi IPA Kelas IX - SMPN 17 Kendari

 


Lampiran 1 Lembar Kerja Peserta Didik

Nama   .......................................kelas .................................No Hanphone Orang Tua : ...........................

Pembelajaran Hari/Tanggal Selasa, 27 Juli 2021

 

Judul                Reproduksi Manusia (Alat Reproduksi Pria dan Proses Spermatogenesis)

Tujuan :          Mengidentifikasi konsep Organ dan fungsi bagian alat reproduksi pria dan proses spermatogenesis.


Materi singkat

Reproduksi pada pria terdiri dari proses kelamin skunder dan primer, spermatogenesis, alat reproduksi dan saluran reproduksi. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda namun saling berhubungan. Artinya, ketimpangan atau masalah pada salah satu bagian akan menyebabkan fungsi reproduksi pria akan terganggu. 

1. Nontonlah video pembelajaran berikut. Link nya adalah https://youtu.be/AgFTc9en7Mg Tuliskanlah 2 hal penting yang kamu amati dari tayangan tersebut ........................................................................

2. Berdasarkan tayangan video https://youtu.be/AgFTc9en7Mg Tuliskanlah nama bagian alat reproduksi pria di bawah ini lalu jelaskan perbedaan fungsi setiap bagian melalui tabel yang tersedia

No

Nama bagian

Fungsi

1

Kelencar cowperi

 

 

2

Kelenjar prostat

 

 

3

Kelenjar vesika seminalis

 

4

epididmis

 

 

5.

skrotum

 

 

6.

testis

 

 

7.

Penis

 

 

8.

uretra

 

 

9.

Vas deferens

 

 

3. Nomor berapakah yang termasuk saluran reproduksi ………………………………………………………………………

4. Nomor berakah tempat dihasilkan kelenjar …………………………………………………………………………………………

5. Lakukanlah kegiatan literasi dengan membaca buku siswa tentang spermatogenesis. Tulisanlah pengetahuanmu tentang Spermatogenesis tersebut melalui Isian tabel berikut

No

Pernyataan tentang seprematigenesis

Jawaban

1

Pengeratian

Proses pembentukan sperma pada organ reproduksi pria

2

Tempat terjadinya

 

3

Urutan prosesnya

 

4

Jenis dan jumlah pembelahannya

 

5

Hasil akhirnya

 

6

Spermatogonium bersifat haploid atau diploid (pilih salah satu)

 

7

Sperm Cell (sel seprmanya) bersifat haploid atau diploid

 

6. Apakah peranan hormone testosterone dalam proses perkembangan reproduksi pria?

7. Buatkanlah kesimpulan hasil pembelajaranmu hari ini…………………………………………………








Sabtu, 24 Juli 2021

Soal Literasi dan Numerasi : Prakarya Kelas VIII - Kerajinan Berbahan Lunak Alam dan Buatan - SMPN 17 Kendari

 


https://www.youtube.com/watch?v=mEUzIpwHPQ0&t=363s

https://www.youtube.com/watch?v=iaJQ-ly2oDY

Petunjuk : Pillah Jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut.

 

1.      Perbedaan yang menyolok bahan kerajinan lunak alam dan buatan adalah …

a.       Asalnya

b.      Teksturnya

c.       Warnanya

d.      Kegunaannya

2.      Perhatikanlah daftar berikut:

1.      Fiberglass

2.      Sabun

3.      Kapas

4.      Daun kering

5.      Lilin

6.      Gibs

7.      Benang wol

8.      Tanah liat

Golongan bahan kerajinan lunak alam adalah …

a.       1-2-5-7

b.      1-2-5-6

c.       3-4-7-8

d.      4-5-6-8

3.      Arman membutuhkan gardus untuk membuat hiasan dinding. Dia memanfaatkan kertas kado bekas untuk melapisi gardus agar terlihat menarik. Hiasan daun kering dengan motif lingkaran dan piramida berujung enam menjadi tema lukisan organik yang dibuatnya. Kapas dan benang wool menjadi hiasan bingkainya. Kerajinan tersebut membutuhkan …

a.       1 bahan lunak alam – 4 bahan lunak buatan

b.      2 bahan lunak alam – 3 bahan lunak buatan

c.       3 bahan lunak alam – 2 bahan lunak buatan

d.      4 bahan lunak alam – 1 bahan lunak buatan

4.      Perhatikanlah wacana berikut.

Bagi masyarakat Indonesia, benda-benda kerajinan dapat menjadi alat untuk memperkenalkan keragaman budaya daerah Nusantara. Daya tarik dari benda kerajinan setiap daerah ini memiliki corak dan bentuk yang berbeda-beda, sehingga kita dapat mengenal suatu daerah di tanah air melalui benda kerajinannya. Berbagai macam jenis produk kerajinan dari bahan alam sangat banyak dan bervariasi, namun kerajinan yang terbuat dari bahan buatan tidak sebanyak karya dari bahan alam. Bahan buatan yang dimaksud di sini adalah berbagai bahan alam yang mengalami pengolahan dengan diberi tambahan zat kimia sebagai pengubah karakteristik buatan agar mudah dibentuk dan diproduksi sehingga dapat menghasilkan produk kerajinan yang berciri khas Nusantara. (Sumber : Suci Paresti dkk, 2017, Prakraya Kelas VIII Semester 1, Kemdikbud RI – Jakarta halaman 5)

Kesimpulan tentang pemafaaatan bahan kerajinan dari wacana tersebut adalah …

a.       Indonesia memiliki keragaman budaya dalam sisi kerajinan dari bahan alam semata karena bahan buatan akan menghilangkan karakteristik daerah.

b.      Daya tarik kerajinan berbahan alam lebih tinggi karena bahan buatan tidak bisa dibentuk sesuai mitif asli dan tidak tahan terhadap iklim atau cuaca.

c.       Penggunaan bahan kimia dalam kerajinan bahan buatan menjadi penyebab tidak diminati pengrajin dalam produksi skala besar.

d.      Walaupun keragaman bahan alam memiliki nilai budaya setiap daeran namun bahan buatan lebih efiesian dalam produksi kerajinan.

5.      Perjalanan perkembangan keterampilan kerajinan manusia tampaknya tidak pernah berhenti. Meskipun terjadi gejolak sosial dan geografisnya misalnya ledakan perang, bencana alam, musibah, dan wabah. Alasan yang tepat karena …

 

a.       Keterampilan kerajinan lebih mengutamakan keterampilan manual, nilai artistik/estetik, bernilai historis budaya dan bisa memanfaatkan bahan alam.

b.       Pembuatannya tidak memerlukan bahan dan teknik yang khusus sehingga tidak membutuhkan teknologi yang canggih untuk skala produksi besar.

c.       Seni adalah mimpi bagi seniman karena bahan yang diperlukan tidak pernah terhambat oleh resesi maupun perang sehingga pasarannya tidak terhambat.

d.       Keterampilan pengrajin tidak perlu berkembang sehingga dapat diwariskan secara cepat pada orang lain tanpa memerlukan pelatihan yang khusus.


Lembar jawaban

No

Jawaban

Kategori

Bobot

Rumus

1


C2

10

              Jumlah Bobot yang diperoleh

Nilai =  ----------------------------------------- x 100

                         Total bobot soal

2


C3

20

3


C3

30

4


C4

40

5


C4

50

 Suhardin/Suratmin/RPP 1 Lembar 2021 - SMPN 17 Kendari








Kreasi Pembelajaran dari Botol Bekas