Senin, 26 Juli 2021

LKPD SISTEM REPRODUKSI PRIA - Materi IPA Kelas IX - SMPN 17 Kendari

 


Lampiran 1 Lembar Kerja Peserta Didik

Nama   .......................................kelas .................................No Hanphone Orang Tua : ...........................

Pembelajaran Hari/Tanggal Selasa, 27 Juli 2021

 

Judul                Reproduksi Manusia (Alat Reproduksi Pria dan Proses Spermatogenesis)

Tujuan :          Mengidentifikasi konsep Organ dan fungsi bagian alat reproduksi pria dan proses spermatogenesis.


Materi singkat

Reproduksi pada pria terdiri dari proses kelamin skunder dan primer, spermatogenesis, alat reproduksi dan saluran reproduksi. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda namun saling berhubungan. Artinya, ketimpangan atau masalah pada salah satu bagian akan menyebabkan fungsi reproduksi pria akan terganggu. 

1. Nontonlah video pembelajaran berikut. Link nya adalah https://youtu.be/AgFTc9en7Mg Tuliskanlah 2 hal penting yang kamu amati dari tayangan tersebut ........................................................................

2. Berdasarkan tayangan video https://youtu.be/AgFTc9en7Mg Tuliskanlah nama bagian alat reproduksi pria di bawah ini lalu jelaskan perbedaan fungsi setiap bagian melalui tabel yang tersedia

No

Nama bagian

Fungsi

1

Kelencar cowperi

 

 

2

Kelenjar prostat

 

 

3

Kelenjar vesika seminalis

 

4

epididmis

 

 

5.

skrotum

 

 

6.

testis

 

 

7.

Penis

 

 

8.

uretra

 

 

9.

Vas deferens

 

 

3. Nomor berapakah yang termasuk saluran reproduksi ………………………………………………………………………

4. Nomor berakah tempat dihasilkan kelenjar …………………………………………………………………………………………

5. Lakukanlah kegiatan literasi dengan membaca buku siswa tentang spermatogenesis. Tulisanlah pengetahuanmu tentang Spermatogenesis tersebut melalui Isian tabel berikut

No

Pernyataan tentang seprematigenesis

Jawaban

1

Pengeratian

Proses pembentukan sperma pada organ reproduksi pria

2

Tempat terjadinya

 

3

Urutan prosesnya

 

4

Jenis dan jumlah pembelahannya

 

5

Hasil akhirnya

 

6

Spermatogonium bersifat haploid atau diploid (pilih salah satu)

 

7

Sperm Cell (sel seprmanya) bersifat haploid atau diploid

 

6. Apakah peranan hormone testosterone dalam proses perkembangan reproduksi pria?

7. Buatkanlah kesimpulan hasil pembelajaranmu hari ini…………………………………………………








Sabtu, 24 Juli 2021

Soal Literasi dan Numerasi : Prakarya Kelas VIII - Kerajinan Berbahan Lunak Alam dan Buatan - SMPN 17 Kendari

 


https://www.youtube.com/watch?v=mEUzIpwHPQ0&t=363s

https://www.youtube.com/watch?v=iaJQ-ly2oDY

Petunjuk : Pillah Jawaban yang tepat dari pertanyaan berikut.

 

1.      Perbedaan yang menyolok bahan kerajinan lunak alam dan buatan adalah …

a.       Asalnya

b.      Teksturnya

c.       Warnanya

d.      Kegunaannya

2.      Perhatikanlah daftar berikut:

1.      Fiberglass

2.      Sabun

3.      Kapas

4.      Daun kering

5.      Lilin

6.      Gibs

7.      Benang wol

8.      Tanah liat

Golongan bahan kerajinan lunak alam adalah …

a.       1-2-5-7

b.      1-2-5-6

c.       3-4-7-8

d.      4-5-6-8

3.      Arman membutuhkan gardus untuk membuat hiasan dinding. Dia memanfaatkan kertas kado bekas untuk melapisi gardus agar terlihat menarik. Hiasan daun kering dengan motif lingkaran dan piramida berujung enam menjadi tema lukisan organik yang dibuatnya. Kapas dan benang wool menjadi hiasan bingkainya. Kerajinan tersebut membutuhkan …

a.       1 bahan lunak alam – 4 bahan lunak buatan

b.      2 bahan lunak alam – 3 bahan lunak buatan

c.       3 bahan lunak alam – 2 bahan lunak buatan

d.      4 bahan lunak alam – 1 bahan lunak buatan

4.      Perhatikanlah wacana berikut.

Bagi masyarakat Indonesia, benda-benda kerajinan dapat menjadi alat untuk memperkenalkan keragaman budaya daerah Nusantara. Daya tarik dari benda kerajinan setiap daerah ini memiliki corak dan bentuk yang berbeda-beda, sehingga kita dapat mengenal suatu daerah di tanah air melalui benda kerajinannya. Berbagai macam jenis produk kerajinan dari bahan alam sangat banyak dan bervariasi, namun kerajinan yang terbuat dari bahan buatan tidak sebanyak karya dari bahan alam. Bahan buatan yang dimaksud di sini adalah berbagai bahan alam yang mengalami pengolahan dengan diberi tambahan zat kimia sebagai pengubah karakteristik buatan agar mudah dibentuk dan diproduksi sehingga dapat menghasilkan produk kerajinan yang berciri khas Nusantara. (Sumber : Suci Paresti dkk, 2017, Prakraya Kelas VIII Semester 1, Kemdikbud RI – Jakarta halaman 5)

Kesimpulan tentang pemafaaatan bahan kerajinan dari wacana tersebut adalah …

a.       Indonesia memiliki keragaman budaya dalam sisi kerajinan dari bahan alam semata karena bahan buatan akan menghilangkan karakteristik daerah.

b.      Daya tarik kerajinan berbahan alam lebih tinggi karena bahan buatan tidak bisa dibentuk sesuai mitif asli dan tidak tahan terhadap iklim atau cuaca.

c.       Penggunaan bahan kimia dalam kerajinan bahan buatan menjadi penyebab tidak diminati pengrajin dalam produksi skala besar.

d.      Walaupun keragaman bahan alam memiliki nilai budaya setiap daeran namun bahan buatan lebih efiesian dalam produksi kerajinan.

5.      Perjalanan perkembangan keterampilan kerajinan manusia tampaknya tidak pernah berhenti. Meskipun terjadi gejolak sosial dan geografisnya misalnya ledakan perang, bencana alam, musibah, dan wabah. Alasan yang tepat karena …

 

a.       Keterampilan kerajinan lebih mengutamakan keterampilan manual, nilai artistik/estetik, bernilai historis budaya dan bisa memanfaatkan bahan alam.

b.       Pembuatannya tidak memerlukan bahan dan teknik yang khusus sehingga tidak membutuhkan teknologi yang canggih untuk skala produksi besar.

c.       Seni adalah mimpi bagi seniman karena bahan yang diperlukan tidak pernah terhambat oleh resesi maupun perang sehingga pasarannya tidak terhambat.

d.       Keterampilan pengrajin tidak perlu berkembang sehingga dapat diwariskan secara cepat pada orang lain tanpa memerlukan pelatihan yang khusus.


Lembar jawaban

No

Jawaban

Kategori

Bobot

Rumus

1


C2

10

              Jumlah Bobot yang diperoleh

Nilai =  ----------------------------------------- x 100

                         Total bobot soal

2


C3

20

3


C3

30

4


C4

40

5


C4

50

 Suhardin/Suratmin/RPP 1 Lembar 2021 - SMPN 17 Kendari








PEMETAAN KI – KD MATAPELAJARAN PRAKARYA KELAS VIII-SMP 17 KENDARI

 

PEMETAAN KI – KD MATAPELAJARAN

 https://www.youtube.com/channel/UCAOLu5GRpnAtJSN6ZoPlmRw



Nama Sekolah : SMPN 17 KENDARI

Matapelajaran  : Prakarya

Jenjang Kelas  : VIII

Nama Guru     : Suhardin, S.Pd

NIP                 : 19730731 199903 1 006

 

KI Pengetahuan

3. memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI Keterampilan

4. mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

 

Aspek Kerajinan

Semester Ganjil

1

3.1 memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan lunak (misalnya tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)

 

4.1 memilih jenis bahan dan teknik pengolahan bahan lunak yang sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)

2

3.2 memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif

 

4.2 perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan lunak yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat (misalnya tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips dan lain-lain)

Semester Genap

1

3.3 memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan kerang, kaca, keramik dan botol plastic

 

4.3 memilih jenis bahan dan teknik pengolahan kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang sesuai dengan potensi daerah setempat

2

3.4 memahami pengetahuan tentang prinsip perancangan, pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang kreatif dan inovatif

 

4.4 perancangan, pembuatan, dan penyajian produk kerajinan dari kerang, kaca, keramik dan botol plastik yang kreatif dan inovatif sesuai dengan potensi daerah setempat

Aspek Rekayasa

Semester Ganjil

1

3.1 memahami perkembangan, peralatan, dan media pengantar teknologi informasi dan komunikasi

 

4.1 memanipulasi sistem teknologi informasi dan komunikasi

2

3.2 memahami penerapan jenis, karakteristik, dan istilah-istilah teknologi informasi dan komunikasi

 

4.2 membuat produk teknologi informasi dan komunikasi dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di sekitarnya

Semester Genap

1

3.3 memahami sumber dan permasalahan air serta perkembangan peralatan penjernih air

 

4.3 memanipulasi sistem penjernih air

2

3.4 memahami penerapan sistem penyaringan air alami dan buatan

 

4.4 membuat alat penjernih air dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitar

Aspek Budidaya

Semester Ganjil

1

3.1 memahami komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

 

4.1 menentukan komoditas ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

2

3.2 memahami kebutuhan dan karakteristik sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)

 

4.2 mempersiapkan sarana dan peralatan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)

3

3.3 memahami tahapan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)

 

4.3 mempraktikkan tahapan budidaya ternak kesayangan (kelinci, hamster, burung, ayam hias, reptil, kucing, dan lain-lain)

Semester Genap

1

3.4 menganalisis komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

 

4.4 menerapkan komoditas satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain) yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan wilayah setempat

2

3.5 memahami kebutuhan dan karakteristik sarana dan peralatan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)

 

4.5 menentukan sarana dan peralatan ternak satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)

3

3.6 memahami tahapan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)

 

4.6 mempraktikkan budidaya satwa harapan (jangkrik, kroto, ulat sutra, cacing, bekicot, dan lain-lain)

Aspek Pengolahan

Semester Ganjil

1

3.1 menganalisis rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi makanan dan atau minuman yang ada wilayah setempat

 

4.1 mengolah, menyaji dan mengemas bahan pangan serealia, kacang[1]kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi makanan dan atau minuman sesuai rancangan

2

3.2 menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan setengah jadi

 

4.2 mengolah, menyaji dan mengemas bahan pangan serealia, kacang[1]kacangan dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi bahan pangan setengah jadi

Semester Genap

1

3.3 menganalisis rancangan pembuatan, penyajian, dan pengemasan bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)

 

4.3 mengolah, menyaji dan mengemas bahan pangan setengah jadi dari bahan serealia, kacang-kacangan, dan umbi yang ada di wilayah setempat menjadi produk pangan jadi (siap konsumsi)

2

3.4 memahami rancangan pembuatan, penyajian dan pengemasan bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat

 

4.4 membuat, menyaji dan mengemas bahan hasil samping pengolahan serealia, kacang-kacangan dan umbi menjadi produk pangan yang ada wilayah setempat

 https://www.youtube.com/channel/UCAOLu5GRpnAtJSN6ZoPlmRw

 

 

Kreasi Pembelajaran dari Botol Bekas