Selasa, 31 Januari 2017

PROGRAM TAHUNAN KURIKULUM 2013 KELAS VII 2017 (CONTOH)



PROGARAM TAHUNAN

Sekolah                                             :SMP........
Mata Pelajaran                                 :IPA
Kelas                                                :VII
Tahun Pembelajaran                        : 2016/2017

A.      Banyaknya Minggu, Hari dan Jam Efektif Semester 1

No
Bulan
Keadaan Minggu dalam setiap bulan
Ket.
Jmh Ming
Mingg Efektif
Jml Jam Efektif
1
Juni




2
Juli
4
2
10
Lbr Smst 1, PLS
3
Agustus
4
4
20

4
September
4
3
15
uts
5
Oktober
4
4
20

6
November
4
4
20

7
Desember
4
0
2
Uj smst, porseni, lbr smst 2
Jumlah
24
17
85


Jumlah Jam Efektif Khusus Prakarya        = 17 Minggu Efektif x 5 Jam Per Minggu
                                                                          = 85 Jam

B.      Banyaknya Minggu, Hari dan Jam Efektif Semester 2

No
Bulan
Keadaan Minggu dalam setiap bulan
Ket.
Jmh Ming
Mingg Efektif
Jml Jam Efektif
1
Desember




2
Januari
4
4
20
Lbr Smtr
3
Februari
4
4
20

4
Maret
5
4
20
Try Out
5
April
4
3
15
US
6
Mei
5
4
20
UN, Lbr Awal Ramadhan
7
Juni
4
0
0
Uj Smst, Porseni, Lbr Smst
Jumlah
24
19
32


Jumlah Jam Efektif khusus Prakarya        = 19 Minggu Efektif x 5 Jam Per Minggu
                                                                   = 95 Jam

C.      Hari Tidak Efektif

1.       Semester  1
No
Nama Bulan
Tanggal
Hari
Keterangan
1
Juni



2
Juli
1-16, 18-20
Lbr Sms 2, PLS

3
Agustus
17
Hari Kemerdekaan RI

4
September
12, 13-19
Idul Adha, UTS

5
Oktober
2
Tahun baru Hijryah

6
November



7
Desember
3-10, 12, 13-17, 24, 25, 26-31
U.Smt1, Maulid Nabi Besar Muhamammad SAW, Porseni, Hari Natal, Libur Umum Smt 1.


2.       Semester  2
No
Nama Bulan
Tanggal
Hari
Keterangan
1
Desember



2
Januari
1, 2, 28
Tahun Baru Masehi, Awal Msk Skl, Tahun Baru Imlek

3
Februari
6-7,  27-28
Tryout, UTS

4
Maret
1-4, 28
UTS, Hari Nyepi

5
April
14, 17-22, 24
Wafatnya Isa Almasih, US, Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW

6
Mei
1, 8-12, 11, 25, 26-27
Hari Buruh Internasional, UN, Hari Waisak, Kenaikan Isa Almasih, Lbr Awal Ramadhan.

7
Juni
1, 5-10, 17, 26/27, 19-30
Hari lahir pancasila, U.Smt2, Penerimaan raport, Hari Raya Idul Fitri, Lbr Semester 2.


D.      Distribusi Alokasi Waktu

SEMESTER I (GANJIL)
BAB
Tema
Judul Bab
PERTEMUAN/ JUMLAH JAM
I

Materi

Objek IPA dan Pengamatannya.

1-6
II

Materi

Klasifikasi Mahkluk Hidup.

7-12

III

Materi

Klasifikasi Materi dan
Perubahannya.

13-18
IV

Perubahan

Suhu dan Perubahannya.

19-24
V

Perubahan

Kalor dan Perpindahannya.

25-30
VI

Sistem

Energi dalam Sistem Kehidupan.

31-36
JUMLAH PERTEMUAN : 27 x PERTEMUAN (    JAM PELAJARAN )
SEMESTER II (GENAP)
BAB
Tema
Judul Bab

I

Sistem

Sistem Organisasi Kehidupan.

1-6
II

Perubahan

Interaksi Makhluk Hidup dengan
Lingkungan.

7-12
III

Interaksi

Pencemaran Lingkungan.

13-18
IV

Interaksi

Pemanasan  Global.

19-24
V

Sistem

Struktur Bumi dan Dinamikanya.

25-30
VI

Sistem

Tata Surya.

31-36
JUMLAH PERTEMUAN : 32 x PERTEMUAN (    JAM PELAJARAN )



                                                                                                       Kendari,            

Mengetahui
Kepala SMP                           ,                                                                  Guru mata pelajaran,

Minggu, 22 Januari 2017

BULETIN SEVENTEEN : CERPEN 10




Matahari tepat berada di atas kepala saat La Hadi dan kakeknya menurunkan ikatan bambu dari pundaknya. Keduanya kemudian menyandarkan bambu itu pada pohon rindang di tepi jalan setapak yang biasa mereka lalui. Kegiatan itu selalu dilakukan untuk penyambung hidup sebagai pembuat dinding bambu. Kepindahan La Hadi ke kampung menjadi berkah tersendiri bagi kakeknya. Bukan hanya dapat membantunya akan tetapi kehadiran La Hadi telah membuat hati kakeknya menjadi lebih riang. Banyak hal yang dipercakapkan walaupun mungkin tidak penting jika orang lain mendengarnya. Namun bagi La Hadi cerita kakeknya selalu unik untuk dicermati.
“Aku kagum kakek masih kuat memikul bambu.”
“Inilah keahlian kakek yang diwariskan turun temurun.”
“Aku tidak mau menjadi pembuat dinding bambu, kek.”
“Memangnya kakek bilang begitu?”
“Tapi kakek bilangnya warisan turun temurun, berarti kakek akan mewariskannya padaku.”
“Kalau kamu mau kenapa tidak?”
“Pokoknya aku tidak mau kek. Aku akan bersekolah agar bisa kerja yang lebih bagus dari pekerjaan pembuat dinding bambu. Lama kelamaan tidak ada lagi yang memesan dinding bambu.”
“Baguslah kalau kamu berpikiran seperti itu, Kakek suka itu. Di zaman dahulu walaupun sekolah tinggi susah untuk mencari kerja yang layak.”
“Memangnya kakek dahulu tidak sekolah?”
“Sekolah dong…”
“Kenapa kakek tidak cari kerja yang bagus?”
“Sekolah kakek hanya sampai kelas tiga di Sekolah Rakyat. Tapi itu belum cukup untuk bekerja karena harus pindah ke kota untuk melanjutkanya. Setelah itu barulah bisa bekerja.”

Zahro Nur Aisyah - Menyaring Air dari Botol Plastik Bekas (Cerita Refleksi Terbaik)

  Pagi itu, pada pukul 07.00, udara masih terasa sejuk di lingkungan sekolah. Bel tanda dimulainya pelajaran pertama telah berbunyi, dan sua...