Jumat, 28 Mei 2021

CATERPILLAR (FASE LARVA PADA METAMORFOSIS KUPU-KUPU)

 

Kupu-kupu memiliki banyak varian. Hewan Insecta dari bangsa Lepidoptera ini mengalami metamorphosis sempurna. Artinya siklus hidupnya diawali dengan telur-larva-pupa-kupu-kupu. Vidoe ini khusus menyajikan identifikasi sederhana dari cartepillar atau larva.

Tubuh larva kupu-kupu dapat dibedakan menjadi tiga bagian. Kepala (Caput) merupakan bagian yang runcing. Selain dilengkapi rahang yang kuat untuk mengoyak daun, terdapat 3 pasang kaki yang sesengguhnya. Alat ini memiliki ujung yang tajam untuk merobek helaian daun sekaligus sebagai alat gerak atas. Namun tidak leluasa sepeti tangan manusia. Hewan yang mirip ulat ini memiliki type mulut pengunyah. Inilah yang mempermudah mengolah makanannya. Bagian thoraks atau dada susah debadakan. Unsur ini menyatu dengan kepala. Bagian yang tidak memiliki alat gerak ini, berada pada pertengan kedua jenis kaki. Bagian yang terbesar adalah abdomen atau perut.  Pada sisi ini terdapat 5 pasang kaki semu. Alat gerak yang dilengkapi flagel halus pelekat ini memiliki fungsi penopang tubuh saat menjalar di daun maupun batang. Kaki-kaki ini akan terabsorbsi ketika membentuk pupa.

Larva pada video ini bersifat monofagus. Artinya, hewan ini memakan inangnya berupa tanaman yang sejenis. Umumnya, larva ini menyukai daunnya. Ada larva lain yang bersifat oligofagus. Kebalikan monofagus, tidak hanya menyukai jenis tumbuhan yang sama.

Fase ini membutuhkan makanan yang banyak. Inilah sebabnya, larva dikatakan hewan yang sangat rakus. Makanan yang banyak ini mempengaruhi perubahan kulit dan ukuran tubuh. Selain kulit dapat berganti 5 hingga 6 kali, tubuhnya bisa mecapai 100 kali lipat dari bentuk awalnya. Tahap ini biasa disebut fase pengumpulan energy. Pada fase pupa akan melakukan hibernansi untuk membentuk perubahan tubuhnya menjadi kupu-kupu.

Larva menjadi musuh petani. Daun tanaman pertanian maupun holtikultura lainnya akan menyusut. Kondisi ini mengganggu hasil panen yang maksimal. Apakah kalian bisa menyimpulkan dampak larva bagi kehidupan manusia? Ingatlah, bahwa kupu-kupu memiliki peran penting dalam penyerbukan. Proses ini bisa membentuk buah tanaman sebagai pangan esensial bagi manusia.

laman videonya :

https://www.youtube.com/watch?v=Muk0QiFvz-U


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...