Senin, 02 November 2020

Kelainan Pewarisan Sifat pada Manusia

 

Kelainan pewarisan sifat pada manusia ini sangat beragam. Warna kulit, bentuk ranbut pada dahi, tipe perlekatan cuping telinga, bentuk rambut, hemofilia, buta warna dan albino 

Cotoh dibawah ini adalah penyakit hemofilia yang diwariskan.


Cara menyelesaikan soal untuk kelainan pewarisan sifat sangat ditentukan oleh kode gen yang dibawanya. perhatikan golongan pembawanya. Apakah lelaki atau perempuan? Pembawa disebut Carier. Namun cara mengerjakan soal seperti diatas sama dengan teknik pesilangan monohibrid intermediet. 

khusus penyakit hemofila hanya terdapat pada wanita dengan kode h pada kromosom X. sedangkan lelaki hanya bersifat karier atau pembawa. Sifatnya ada tiga yakni normal (tanpa gen h pada kromosom X atau gennya H semua), carier atau embawa (terpaut satu gen h pada kromosom X) dan hemofilia dengan terpaut gen h pada semua kromosom X pada wanita. Perhatikan hasil persilangan diatas.

Bahan Literasi :

Video pembelajarannya lihat pada https://www.youtube.com/watch?v=QUMq_r2upLA&t=34s  Sebagai bahan literasi, bacalah buku siswa.

Sekarang coba kalian kerjakan soal latihan ini. 



Soal latihan mandiri



Ingatlah : yang memiliki g pada kedua kromosom X merupakan lengket pada wanita. Jika satu G dan lainnya g maka disebut carier atau pembawa cuping telingan terpisah.  sedangkan semua G pada kromosom X maka memiliki cuping yang terpisah.

Selamat mencoba





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...