Rabu, 03 Desember 2025

PIALA PERTAMA UNTUK SMPN 17 KENDARI - 2006

 


Mengubah Julukan "Sekolah Ubi" Menjadi "Sekolah Prestasi" di SMPN 17 Kendari

Kisah ini dimulai dari sebuah mimpi besar di tengah hamparan tanaman ubi dan padang ilalang yang luas. Tahun 2006, SMPN 17 Kendari atau yang akrab disapa "Seventeen" baru berusia seumur jagung. Walaupun baru didirikan tahun 2004 namun sudah harus berhadapan dengan julukan yang menyakitkan. "Sekolah Ubi" atau "Sekolah Pinggiran." Julukan-julukan negatif itu, yang lahir dari lokasi sekolah yang jauh dari jalur kermaian kota. Terasa seperti beban yang harus dipikul oleh setiap siswa dan guru.

Dibalik label tersebut, tersembunyi semangat membara. Siswa-siswi Seventeen memiliki keinginan yang sangat besar untuk membuktikan diri. Mereka melihat kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (sekarang Kemendikbudristek) pada tahun 2006. Kegiatan yang bertajuk Keunggulan Pembelajaran, sebagai sebuah panggung untuk menampilkan upaya terbaik. Ini kesempatan untuk memutus stigma yang melekat.

Bagaimana peran saya?  Saat itu sebagai guru yang mendampingi mereka, dimulai.

Peran saya sangat padat. Menjabat Wakil Kepala Sekolah, Wali Kelas, Pembina OSIS, sekaligus Pembina Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Jadwal yang begitu mencekik membuat waktu pembimbingan karya tulis ilmiah (KTI) siswa menjadi tantangan terbesar. Proses penelitian, penyusunan, hingga latihan presentasi harus diambil di luar jam pelajaran resmi.

Seringkali, pembimbingan berlangsung saat hari sudah makin gelap, ketika tenaga sudah hampir terkuras setelah seharian mengurus berbagai tugas sekolah. Saya ingat betul, semangat mereka adalah bahan bakar yang jauh lebih kuat dari rasa lelah. Melihat mata mereka yang penuh harapan dan keinginan kuat untuk mengubah nasib sekolah. Membuat saya rela meluangkan waktu dan sisa energi yang ada.

Kami membahas hipotesis, menganalisis data, menyusun kalimat demi kalimat, dan berlatih presentasi berulang kali. Mereka tidak hanya belajar tentang metode penelitian. Para siswa itu juga belajar tentang ketekunan, kepercayaan diri, dan kerja keras yang tulus.

Akhirnya, doa-doa itu membuahkan hasil.

Pada kompetisi Keunggulan Pembelajaran tahun 2006, tim KIR Seventeen berhasil meraih piala pertama untuk SMPN 17 Kendari sejak sekolah itu didirikan. Momen itu adalah ledakan kebahagiaan yang tak terlukiskan. Piala itu bukan hanya sekadar trofi. Itu adalah simbol perubahan, bukti nyata bahwa julukan "Sekolah Ubi" telah mulai berganti menjadi "Sekolah Prestasi."

Prestasi perdana ini menjadi titik balik dan semangat baru yang menular ke generasi siswa berikutnya. Setelah piala pertama itu, bendera prestasi Seventeen terus berkibar. Bukan hanya puluhan piala yang berhasil diraih di tingkat provinsi, tetapi karya tulis ilmiah siswa mampu menggapai dua kali meraih medali emas di tingkat nasional. Bahkan, di bidang jurnalistik, mimpi mereka juga terwujud dengan meraih prestasi di Kota Yogyakarta. Kisah inilah yang kemudian menjadi jembatan berdirinya Buletin Digital Seventeen, meskipun kini timbul tenggelam dalam kiprahnya di "Bumi Rindang Seventeen."

Kini, setelah dua puluh satu tahun berkiprah (2004-2025), kisah piala perdana tahun 2006 ini tetap menjadi cerita inspirasi yang abadi. Ia mengajarkan bahwa lokasi fisik tidak menentukan potensi.  Bahwa dengan keinginan yang kuat dari siswa, didukung oleh pengorbanan dan dedikasi guru mimpi akan dapat menjadi nyata. Meskipun dalam keterbatasan waktu. Label negatif apa pun dapat diubah menjadi sebuah sejarah kebanggaan.

Selasa, 02 Desember 2025

Latihan Soal Materi Genetika dan Bioteknologi

  1. Jika alel mangga biji bulat (B) dominan terhadap mangga biji lonjong (b), Tentukanlah genotip yang akan menunjukkan fenotip mangga biji bulay pada hasil persilangan F2!
  2. Hemofilia adalah sifat resesif yang terpaut pada kromosom X. Jika wanita carier hemofilia (XXh) menikah dengan seorang pria hemofila (XhY).  Berapakah persentase kemungkinan anak laki-laki mereka yang akan normal dan menderita hemophilia?
  3. Mengapa burung hantu dan anoa harus dijaga kelestarian pada kawasan Hutan Wolasi?
  4. Jika dilakukan persilangan dihibrid antara F1 (mangga bulat kuning) yang memiliki genotip heterozigot  (AaQq×AaQq), dimana A (bulat) dominan terhadap a (keriput) dan Q (kuning) dominan terhadap q (hijau), Jika F1 disilangkan dengan F1 maka berapakah  perbandingan fenotip yang dihasilkan pada keturunan F2 ?
  5. Pada tanaman Delima, gen B (batang tinggi) dominan terhadap gen b (batang pendek). Jika dua tanaman yang keduanya heterozigot disilangkan (Bb x Bb),  Berapakah persentase kemungkinan munculnya keturunan dengan fenotip batang pendek (resesif)?
  6. Bagaimanakah prinsip kerja dalam pembuatan vaksin dalam mengahsilan dan meningkatkan imun tubuh terhadap penyakit tertentu?
  7. Apakah dampak negatif dari kloning dalam rekayasa bioteknologi mahluk hidup?
  8. Sebutkanlah contoh penggunaan cabang ilmu pengethuan yang berhubungan dengan pemanfaatan produk bioteknologi!




Zahro Nur Aisyah - Menyaring Air dari Botol Plastik Bekas (Cerita Refleksi Terbaik)

  Pagi itu, pada pukul 07.00, udara masih terasa sejuk di lingkungan sekolah. Bel tanda dimulainya pelajaran pertama telah berbunyi, dan sua...