Minggu, 04 Juni 2023

Identifikasi Tumbuhan Zinnia Elegans (Bunga Kertas)

 

Zinnia Elegans atau Bunga Zinnia di Indonesia dikenal dengan nama Bunga Kertas. Warna kelopak yang beragam, jika diseduh akan menghasilkan cairan yang beragam pula. Tanaman ini bersifat annual karena umurnya hanya 1 hingga 2 tahun.

Tanaman ini memiliki warna mulai dari putih, krim, merah muda, ungu, hijau, kuning, apricot, jingga bahkan perunggu. Berepa jenis ada yang memiliki kelopak bergaris, berbintik atau dwi warna. Pada dasar bunga terdapat floret yang merupakan bunga kecil yang tersusun rapat di bagian dasar bunga.

Keragaman warna yang dimilikinya, para pecinta bunga memberikan disimbolkan sebagai ketahanan diri, pengingat bahkan rasa cinta. Tanaman suku Asteraceae penyebaranya dari dataran rendah hingga tinggi. Bahkan ada yang ditemukan pada ketinggian 2000 meter dari permukaan laut. 

Jika ingin membudidayakan, penyemaian hingga tumbuh memakan waktu kurang lebih 5 hingga 7 hari. Tumbuhan Angiospermae ini berbunga pada usia 1 hingga 2 bulan. Mempunyai mahkota bunga yang sangat tipis. Jika dipegang agak kaku seperti lembaran kertas. Tanaman spermatophyte ini, suka ditempat terbuka dengan sinar matahari penuh ini, menyukai tekstur tanah geluh untuk tumbuh dengan mudah.

Link Videonya klik di sini :  Video Identifikasi Zinnia elegans (Bunga Kertas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...