Sabtu, 04 Februari 2023

SEKILAS TENTANG MARS SMPN 17 KENDARI

 


Perkembangan SMPN 17 Kendari semenjak diresmikan pada 15 April 2004 makin nampak semenjak rancangan program sekolah mulai diimplementasikan. Waktu kewaktu banyak prestasi yang diraih. Bukan hanya pada tingkat Kota Kendari atau Provinsi saja. Semenjak memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Berwawasan Lingkungan Tingkat Nasional pada tahun pembelajaran 2006/2007 telah menyusul anugrah Illahi Rabbi dalam bentuk yang lain. Keikutsertaan sekolah dalam ajang Sekolah Sehat Nasional melalui Lomba UKS ditahun berikutnya, menuntut adanya sebuah semboyan yang nyata.

 

Memenuhi kriteria tersebut, salah satunya adalah kepemilikan lagu Mars Sekolah. Inilah salah satu keunggulan untuk mampu menjadi juara di tingkat provinsi, Langkah berikutnya tentu bersaing ditingkat Nasional. Lagu penyemangat ini juga menjadi selogan dalam karya seni untuk menapaki jejak prestasi untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata. Namun perumusan lirik lagu, bukanlah perkara mudah. Apalagi mars yang akan dibuat harus menggambarkan keadaan maupun keinginan perkembangan sekolah sesuai visi dan misinya kedepan.  

 

Sekolah yang berjulukan Spentulas atau biasa dikenal juga dengan Seventeen ini memiliki keinginan yang kuat saat itu. Keinginan dan semangat untuk maju dalam menyetarakan sekolah seumur jagung dengan sekolah ternama yang ada di Kota Kendari. Istilah “Sekolah UBI” kemudian muncul. Menepis ungkpan miring terhadap adanya kebun masyarakat sekitar sekolah dan potensi pengembangan pembelajaran muatan lokal Pertamanan dan Pertanian Holtikultura. Dua kata itu diartika sebagai “Sekolah Unggul, Berkarakter dan Inovatif” Hal ini bukan hanya ungkapan kata belaka. Banyak prestasi yang diraih Kepala Sekolah, guru, siswa maupun kelembagaan dapat diraih pada level nasional.

 

Beranjak dari sejarah dan keinginan itu, Kepala Sekolah kemudian membentuk tim untuk mencetuskan lagu Mars SMPN 17 Kendari. Lagu ini diciptakan oleh Ibu Liana, A.Md. Hal ini telah diklarifikasi oleh beliau melalui via telepon dan dibantu dalam memainkan pertama kali oleh Ibu Sarlotha, S.Pd Akhirnya lagu ini pun terdengar dalam publikasi untuk pertama kalinya. Senandung ini mulai didengungkan pada pada tahun 2009.  Aransemen musik dengan nada yang apik direkam pada akhir tahun. Lagu ini telah dikumandangan pada beberapa kegiatan sekolah.

 

Bukan hanya pada upacara bendera pada tahun-tahun permulaan diciptakan tetapi setiap rangkaian acara penting diperdengarkan pada halayak umum. Memasuli tahun 2011, lagu mars sekolah ini akhirnya di shuting. Viuwnya mengambil susana depan kantor. Lirik yang terekam oleh suhardincolection ini terdapat di bawah ini.

 

SMP Negeri 17 Kendari Sulawesi Tenggara

Aman indah dan sejuk hawanya

Tempat memperoleh pendidikan

Lingkungan karya dan penelitian

 

SMP Negeri 17 Kendari

Guru bersatu mendidik mengajar

Menciptakan generasi muda yang terampil

Generasi santun pandai dan berbakat

 

Hai kawan semua para generasi

Marilah kita bersatu

Menjadi contoh dan tauladan

Menciptakan lingkungan yang aman Indah sejuk dan bersih

Mewujudkan cita-cita bangsa dan negara

 

Generasi santun berakhlak dan pandai

Dapat memperhatikan lingkungannya

Berjiwa mulia dan berkarakter

Untuk penerus cita-cita bangsa

 

 

Menyimak liriknya, tergambar kekuatan pembentukan karakter siswa dalam budaya postif sangat jelas. Khususnya peningkatan ketaqwaan pada Tuhan Yang Maha Esa dan memperhatikan lingkungan alamnya. Modorng siswa untuk maju menggapai cita-citanya sesuai dengan bakat dan minatnya serta mewujudkan “well being” dan kenyamanan sekolah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...