Sabtu, 05 Maret 2022

Identifikasi Kerajinan Berbahan Limbah Keramik dan Kaca (Suhardin dan Suratmin - Guru SMPN 17 Kendari)

 







Jawablah Pertanyaan Berikut

1. Apakah perbedaan limbah keramik dan kaca dari sisi jenis bahan dan teknik pembuatannya?

2. Jelaskanlah perbedaan fungsi alat yang digunakan pada pembuatan kerajinan berbahan keramik dan kaca?

3. Mengapa bahan keramik harus dipecahkan lebih kecil sebelum digunakan untuk membuat kerajinan?

4. Apakah alasannya, proses pemanasan cetakan kaca dan penggunaan kaolin/alumina?

5. Buatkanlah sekma sederhana alur pembuatan kerajinan berbahan keramik dan kaca!

6. Tuliskanlah kesimpulanmu tentang pembelajaran pada kolom komentar sertakan nama dan kelas dengan jelas.




4 komentar:

  1. Nama: zahrattul Janna
    Kelas:8.4 B

    Kesimpulannya:
    Kerajinan limbah pecahan keramik dan kaca termasuk bahan limbah keras anorganik . Dalam pembuatan kerajinan limbah pecahan keramik menggunakan teknik mozaik (menempel) , sedangkan dalam pembuatan kerajinan limbah pecahan kaca menggunakan teknik tumbuk dan bakar . Banyak yang memanfaatkan limbah pecahan keramik dan kaca untuk diolah menjadi karya kerajinan . Misalnya produk dari limbah pecahan keramik yaitu , vas hias , wadah pensil ,dll. Dan produk yg dihasilkan dari limbah pecahan keca yaitu , vas bunga , dan asesoris.

    BalasHapus
  2. Nama:FERDA WULANDARI
    kelas:8.3 A
    Kesimpulan:Kerajian limbah pecahan keramik dan kerajian limbah pecahan kaca merupakan kerajinan yang bahan bahannya dan alatnya tidak sulit untuk didapatkan,cara pembuatan kerajinan ini juga tidak terlalu susah walau pembuatannya harus didampingi oleh orang yang sudah profisional/orang dewasa dikarenakan alat dan bahannya sangat berbahaya jika digunakan oleh anak kecil.Kerajian keramik dan kaca juga memiliki harga nilai yang sangat tinggi,hanya membutuhkan kreativitas kita.Produk dari kerajian keramik adalah hiasan gajah, vas bunga,dan wadah pensil sedangkan produk kerajian dari kaca adalah vas bunga dan aksesoris.

    BalasHapus
  3. Nama:Nur Hikmq
    Kelas:8.3

    Timana pecahan keramik yang tersedia di lingkungan dapat di manfaat kan menjadi kerajinan.Meskipun terlihat rumit untuk di buat kerajinan,oleh karena itu di perlukan konsentrasi dan kesabaran tinggi.Akan tetapi hasil pecahan keramik ini cukup banyak dan di sukai orang.Limbah pecahan keramik dapat di ubah menjadi kerajinan dengan memanfaat kan teknik mozaik,yaitu dengan menepelkan potongan-potongan kecil menjadi sebuah lukisan yang indah,dan kita dapat menjualnya dengan harga yang lumayan.

    BalasHapus

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...