Rabu, 05 Januari 2022

BAHAN AJAR : BIDANG MIRING DI SEKITAR KITA

 

BAHAN AJAR PELAJARAN IPA KELAS VIII

SMPN 17 KENDARI – KOTA KENDARI - PROVINSI SULAWESI TENGGARA

PESAWAT SEDERHANA

(BIDANG MIRING DI SEKITAR KITA)

Oleh Suhardin, S.Pd



Gambar diatas merupakan contoh bidang miring di sekitar kita. Tangga yang dibuat miring bertujuan untuk meringankan atau memperkecil gaya kuasa. Semakin condong kemiringannya maka nilai gayanya akan makin kecil pula. Cobalah menapaki tangga yang agak tegak. Bandingkan ketika mendaki ditangga yang tidak tegak atau bahkan derajat kemiringannya kecil. Misalnya naik pada tangga kayu untuk memasang balon lampu di palpon dengan menapaki tangga sekolah untuk naik ke lantai dua.

Sebenarnya bidang miring merupakan sebuah bidang datar. Mengapa dikatakan miring? Sisi bidangnya yang diletakkan miring adalah penyebabnya. Itulah, sudut kemiringannya menentukan gaya kuasa yang bekerja.

Pisau dapur merupakan contoh lainnya. Sisi miringnya berada pada bagian bawah. Inilah yang digunakan untuk memotong. Bayangkan saja jika sisi bawahnya datar semua! Tentu akan susah memisahkan lempengan kentang menjadi bagian yang kecil.

 

Walaupun berbeda bentuknya, kedua gambar diatas memiliki sifat yang sama yakni bidang miring. Ketika memutar baut pada lubang akan berbeda dengan mamasukan paku. Hanya dibutuhkan obeng untuk menautkan dua bagian dengan baut. Tenaga yang diperlukan juga kecil. Bagaimana jika kalian menumpuk paku dengan palu? Inilah kelebihan bidang miring. Untuk mengetahui tentang bidang miring pada baut, ikutilah praktikum sesuai prosedur di lembar kerja peserta didik (LKPD).

Setiap bidang miring memiliki keuntungan mekanik (KM) yang berbeda-beda. Inilah yang membuat gaya kuasa (F) pada benda ini menjadi bervariasi. Bagaimana hubungan keduanya? Perhatikanlah rumus dan penyelesaian soal berikut.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...