Senin, 08 Februari 2021

LKS Proyek Sederhana Pembelajaran Sains Kelas VIII ( Gangguan Sistim Peredaran Daran Manusia)

 Lampiran 1 Lembar Kerja Sswa

 

Nama   ..............................................kelas .................................Hari/Tanggal : Selasa, 9 Februari 2021

 

Judul    :          Gangguan sistim peredaran darah manusia

Tujuan :           Identifikasi melalui kegiatan literasi baca maupun digital tentang gangguan sistim peredaran darah manusia.

Langkah kegiatan

1.  Carilah informasi melalui media cetak (buku) maupun elektronik (internet/google) tentang gangguan sistim peredaran darah manusia dibawah ini.

a.       Jantung koroner

b.      Varises

c.       Anemia

d.      Hipertensi dan Hipotensi

2.      Apa saja yang ditulis?

Setiap gangguan mencantumkan penyebab, ciri-cirinya dan upaya pencegahan / penanggulangannya.

3.   Setiap tulisan wajib mencantumkan sumber tulisan dan ditulis pada bagian bawah. Formatnya berupa nama penulisnya, tahun, judul tulisan, halaman dan nama penerbitnya. Contoh : Lukman, 2018, Jenis Gangguan Peredaran Darah, halaman 20-34, CV Intan Merdeka-Jakarta.

 

Jika diambil dari jaringan internet / literasi digital dapat ditulis seperti ini

 

             Leukimia

Penyakit leukimia atau biasa disebut kanker darah, penyebabnya adalah tubuh terlalu banyak dalam memproduksi sel darah putih / abnormal. Ciri-ciri penderita leukemia dapat ditandai: merasa demam atau menggigil; merasa lelah berke[anjangan meski telah beristirahat; Berat badan mengalami penurunan drastis. Gejal yang muncul diantaranya; ada bintik merah di kulit; mengamali mimisan; pada tubuh mudah memar; Keringan berlebihan (lebih sering di malam hari); gampang terkena infeksi; pembengkakan kelenjar getah bening sehingga muncul benjolan di leher; organ hati dan limpa membengkak ditandai dengan perut terasa tidak nyaman. Belum ditemukan cara yang efektif dalam mencegah leukemia. Tetapi terdapat beberapa cara menurunkan risikonya antara lain: rutin berolahraga secara teratur, tidak merokok, memakai alat pelindung diri jika bekerja di lingkungan dengan kondisi rentan terpapar bahan kimia, seperti benzene. memeriksakan kesehatan secara rutin agar sejak dini bisa mendeteksi kanker, apalagi jika memiliki riwayat kanker di keluarga. (https://www.alodokter.com/leukemia, 4 Oktober 2019)

Jangan lupa menuliskan sumber tulisan pada bagian bawah. Kutipan boleh lebih dari satu. Diurutkan sesuai urutan bacaan dalam satu teks untuk setipa sub judul.

 

4.    Setiap pekerjaan siswa wajib  ditanda tangani orang tua dan menuliskan dengan tulisannya sendiri tanggapan terhadap tugas ini secara singkat.

 

 

                                                                                                Nama dan Tanda tangan orang tua

 

 

 

                                                                                            (…………………………………)

 

Catatan dari orang tua selama pengerjaan proyek ini …………………………………………………………………………….

2 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.ME (k)
    add Whatshapp : +85515373217 x-)

    BalasHapus

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...