Rabu, 03 Oktober 2018

BULETIN SEVENTEEN : Aspek Keterampilan Sains Melalui Bermain Sambil Belajar

Mengasah keterampilan anak didik, diperlukan sebuah metode yang tepat. Strategi yang dipilih secara efisien dan efektif dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran. Kesesuaian konten lokal dan memanfaatkan potensi lingkungan menjadi hal yang penting. Mendekatkan pembelajaran dengan keadaan sehari-hari siswa akan memberikan makna belajar yang sesungguhnya. Tidak perlu mahal dan mewah, karena kreativitas anak akan muncul jika respon yang diberikan tidak salah. Memanfaatkan bahan limbah atau alat-alat yang dapat dipakai dan ditemukan dalam kehidupannya menjadi sebuah solusi.
Hal-hal tersebut terurai dalam buku ini. Namun kajiannya tidak luas. Mengambil aspek penanaman konsep Hukum Archimedes dan Pascal serta penerapannya dalam kehidupan menjadi lebih dominan. Bermaian dengan bahan sederhana dan membuat desain yang disenamgi menjadi pilihan. Tidak hanya memudahkan anak didik, akan tetapi mengasah imajinasi serta keinginan berkreasi dalam kelompok dapat dieksplor.
        Buku pengayaan ini menjadi penting dalam meningkatkan minat baca anak didik. Penjelasan secara prosedural tentang produk aplikatif konsep memudahkan mereka dalam belajar. Walaupun memiliki beberapa sisi yang perlu dikembangkan. Akan tetapi diharapkan mempu memberikan rangsangan dalam membangkitkan ide maupun gagasan dalam mengasah kreativitas diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KEGIATAN P5 BERTEMA PENGELOLAAN SAMPAH DI SMPN 17 KENDARI

  Membaca buletin selengkapnya buka link berikut https://sites.google.com/guru.smp.belajar.id/buletinseventeen2023-2024/halaman-muka/edisi-a...