Jumat, 03 Oktober 2014

Tugas Proyek Bab I



Proyek Bab II Penerapan Konsep

Ke manakah Tumbuhan Akan Bergerak?

Kerjakan kegiatan berikut dalam kerja kelompok (satu kelompok 3-5 orang), dan lakukan kegiatan seperti langkah-langkah yang harus dilakukan. Konsultasikan pada guru dan pelaporan kegiatan disajikan dalam bentuk poster yang disepakati bersama.


Apa yang akan kamu amati?
Mengamati arah gerakan batang kecambah kacang hijau.

Apa yang kamu duga?
.........................................................................................................................
........................................................................................................................





Apa yang harus kamu persiapkan?
1. Kardus bekas         3. Cutter atau pisau
2. Lakban                   4. Kecambah kacang hijau yang tingginya ± 10 cm
(pilihlah tanaman yang memiliki batang tegak)

Apa yang harus kamu lakukan?
1.  Lubangi salah satu sisi kardus bekas dengan menggunakan cutter atau pisau. Diameter lubang yang harus kamu buat ± 4 cm. Lakukan kegiatan ini dengan hati-hati. Jangan sampai cutter atau pisau yang kamu gunakan mengenai tangan kamu. Jika kamu mengalami kesulitan, mintalah bantuan pada guru.

2.  Letakkan kecambah kacang hijau ke dalam kardus yang telah kamu lubangi.

3.  Buatlah gambar posisi batang kecambah kacang hijau yang telah kamu masukkan ke dalam kardus.

4.  Tutuplah kardus kemudian berilah lakban berwarna hitam agar cahaya matahari tidak bisa masuk melalui celah-celah tutup kardus. Selain itu, pastikan pula hanya ada satu lubang sebagai tempat masuknya cahaya.

5.  Letakkan set percobaan kamu di tempat yang terkena cahaya matahari.

6.  Lakukan pengamatan terhadap posisi batang kecambah kacang hijau pada hari pertama hingga hari ke tujuh. Kemudian buatlah gambar pada buku IPA kamu, posisi batang kecambah kacang hijau yang kamu amati. Lakukan pengamatan ini dengan cermat dan teliti.

Gambar Hasil Pengamatan Posisi
Batang Kecambah Kacang Hijau terhadap Lubang Cahaya


                                           Hari1 hingga 7 digambar pada posisi yang sama



Apa yang dapat kamu simpulkan?
Berdasarkan percobaan yang telah kamu lakukan, kesimpulan apa yang dapat kamu susun?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BERDIFERENSIASI DI UJUNG TELUK

  Usai paparan materi, baru diri tersadar akan sebuah hal. Sekolah ini pernah menjadi jalan dalam menyusun skripsi dua puluh lima tahun lalu...